Tips  Perawatan Rem Mobil Agar Tidak Mudah Overheat dari Auto2000

  • Whatsapp

Salah satu masalah yang kerap timbul ketika mengemudi mobil di jalan pegunungan yang penuh tanjakan dan turunan adalah rem overheat, salah satunya pada kampas rem akibat penggunaan yang terlampau berat sehingga koefisien geseknya menurun drastis dan tidak mampu menahan putaran cakram atau tromol rem.

Kampas rem overheat merupakan salah satu penyebab utama rem mobil blong dimana laju mobil tidak bisa dikurangi dan mengakibatkan kecelakaan saat pengemudi tidak mampu mengendalikannya.

Rem overheat bukan sebuah kejadian tiba-tiba. Kondisi ini disebabkan oleh perilaku pengemudi yang hanya mengandalkan rem utama untuk mengatur kecepatan mobil di jalan menurun. Padahal, AutoFamily bisa memanfaatkan efek engine brake dengan cara menurunkan rasio gigi transmisi. Meski begitu, masih ada bagian lain dari sistem rem yang dapat terkena panas berlebih atau overheat yakni minyak rem.

Adanya udara pada sirkulasi minyak rem bisa menyebabkan terjadinya oksidasi dan menghasilkan uap air yang akan menguap saat panas dan membuat tekanan minyak rem menurun sehingga rem gagal bekerja.

Sebab lainnya adalah kualitas minyak rem yang buruk karena terpengaruh suhu atau kadaluwarsa, adanya endapan lumpur di dalam sistem rem, karat di perangkat rem berbahan besi sehingga merusak senyawa kimia minyak rem, serta selang dari bahan karet yang getas sudah tidak fleksibel dan pecah saat menerima tekanan berat.

Solusi Mencegah Rem Overheat

Pertama yang bisa dilakukan adalah dari cara memperlakukan rem mobil. AutoFamily diminta untuk tidak menginjak pedal rem kalau tidak dibutuhkan, hindari memaksa hanya mengandalkan rem utama di jalan menurun dan disarankan memanfaatkan engine brake dengan menurunkan posisi gigi transmisi.

Selain itu, rem tidak dapat bekerja optimal saat hujan turun atau jalan basah. Segera turunkan kecepatan mobil ketika melalui jalan yang basah. Sempatkan beristirahat ketika perjalanan jauh, minimal setiap 3 jam sekali untuk memberikan kesempatan pada sistem rem melepaskan panas.

Dari sisi teknis kendaraan, AutoFamily dapat mencegah rem overheat dengan rutin menjalankan servis berkala di bengkel Auto2000. Teknisi Auto2000 akan melakukan pemeriksaaan menyeluruh sistem pengereman mobil, mulai dari minyak rem hingga komponen lainnya yang berada di kolong mobil dan kerap tidak terpantau oleh pemilik kendaraan.

Sekaligus merawat rem mobil, AutoFamily dapat memanfaatkan Promo PERKASA yang memberikan potongan harga khusus untuk perbaikan dan penggantian kopling, aki, dan shock absorber berupa diskon jasa sebesar 30% dan diskon part sebesar 15% hingga akhir April 2021.

Khusus untuk penggantian aki, AutoFamily dapat memanfaatkan layanan THS – Auto2000 Home Service sekaligus servis berkala di rumah.

Dampak PPnBM 0% dan Ngovi2000

Kebijakan relaksasi PPnBM 0% telah memberikan dampak positif terhadap penjulan kendaraan di Auto2000. Khususnya di 5 model yang mendapatkan relaksasi yakni Yaris, Rush, Vios, Sienta, dan Avanza.

Mulai dari 1-17 Maret 2021, untuk urutan kendaraan yang paling laris terjual dikarenakan kebijakan PPnBM 0% dan promo spesial Auto2000 untuk AutoFamily  secara nasional yakni Pertama , Rush, Kedua , Avanza, Ketiga, Yaris, Keempat, Vios, dan Terakhir, Sienta.

Spesial untuk AutoFamily yang belum memanfaatkan program diskon PPnBM dan ingin mengetahui lebih lanjut perihal keuntungan serta syarat dan ketentuannya di Auto2000, dapat mengikuti acara Ngovi2000 (Ngobrol Virtual Bareng AutoFamily) yang diadakan pada hari Sabtu, 20 Maret 2021 pukul 11.00 WIB.

Tersedia banyak hadiah dan promo memikat seperti Lucky draw 1 unit Toyota Voxy dan 200 Iphone 12 mini, silakan mendaftar melalui linkbit.ly/NgoviAuto2000.

“Hati-hati rem overheat saat berkendara di jalan pegunungan dan jaga kondisi rem dengan tidak memaksakannya bekerja keras sepanjang waktu. Spesial di bulan Maret 2021, AutoFamily bisa memanfaatkan Promo Perkasa danPromo Potongan PPnBM 100% melaluiAuto2000 Digiroom.

Segera kunjungi website Auto2000.co.id” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, Jumat (19/3/2021).