Pengusaha Transportasi Wajib Tahu Pola Tapak Ban Supaya Bisnis Tetap Suar

  • Whatsapp

Kendaraan niaga merupakan sebuah investasi bisnis. Hankook Tire sebagai produsen ban yang menggarap pasar fleet di Indonesia memberikan solusi untuk pengelolaan kendaraan niaga. Menurut National Sales Manager TBR (Tire & Bus Radial) PT. Hankook Tire Sales Indonesia Ahmad Juweni, guna mendapatkan kinerja maksimal dari kendaraan niaga, pengusaha perlu memilih ban yang sesuai dengan kondisi operasional. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam memilih ban adalah jenis pola tapak ban.

“Ada tiga pola tapak ban yang perlu dipahami dan dipertimbangkan sebelum memilih ban untuk kendaraan niaganya. Pola tapak ban sangat mempengaruhi kinerja truk atau bus antara lain untuk kinerja traksi, pengereman, akselerasi, efisiensi bahan bakar, kemampuan manuver, tingkat kebisingan hingga daya tahan ban,” ungkap Ahmad.

Bacaan Lainnya

Pertama, pola tapak ban “Rib”, jenis ini paling banyak digunakan khususnya untuk kendaraan niaga baik truk maupun bus yang banyak beroperasi pada kondisi on-road atau jalan halus. Desain alurnya seperti cacing atau huruf S vertikal, memiliki hambatan gulir lebih rendah, memberikan kontrol kemudi yang baik, dapat digunakan untuk kecepatan cukup tinggi, serta cocok untuk medan jalan aspal dan beton.

Kekurangannya, ban dengan pola rib tidak cocok untuk medan  off-road atau jalan tanah dan lumpur karena traksi yang rendah.

Kedua, model tapak ban “Lug” yang berbentuk alur tegak lurus di seluruh lingkar ban memiliki level traksi yang lebih tinggi sesuai untuk kendaraan yang sering beroperasi di medan berat seperti tanah dan lumpur.

Kekurangannya ban ini memiliki tingkat kebisingan berlebih jika dipacu pada kecepatan tinggi dan kurang tahan terhadap panas. Kendaraan pertambangan dan jenis dump truk umunya menggunakan ban model tapak ini.

Ketiga, pola tapak ban kombinasi Rib-Lug memiliki kontrol arah yang baik karena pola Rib di tengah ban dan Lug pada bahu ban berfungsi menjaga daya pengereman lebih optimal dan juga traksi yang baik. Sesuai untuk kendaraan niaga yang beroperasi pada kondisi jalan kombinasi on road  maupun off road.

Rancang bangun model campuran ini menawarkan kinerja yang lebih seimbang dan cocok untuk jalan beraspal dan tanah sesuai dengan karakteristik jalanan dan musim di Indonesia.

Menurut President Director, PT. Hankook Tire Sales Indonesia, Yoon Soo Shin, guna memenuhi setiap kebutuhan operasional kendaraan niaga, Hankook menyediakan berbagai macam produk dengan berbagai macam pola tapak ban, dari rib, mix hingga lug. Pola tapak ban rib antara lain AH31 dan AH30 yang telah banyak digunakan oleh perusahaan angkutan bus dan truk di Indonesia.

Sedangkan pola tapak ban mix antara lain adalah AM09 dan AM81 yang banyak digunakan untuk angkutan truk ringan maupun berat. Sedangkan untuk lug adalah DM81 atau DM04 sudah banyak digunakan perusahaan tambang di Sumatera, Sulawesi maupun Kalimantan.

Pos terkait