Terlibat Kecelakaan? Lakukan Cara ini Agar Uang Anda Tak Terkuras

  • Whatsapp

Foto: Pixabay

Meskipun Anda sudah mengemudi dengan baik dan mentaati peraturan berlalulintas, terlibat kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu risiko yang berpotensi dialami oleh pemilik mobil. Siapapun orangnya,  kapanpun waktunya dan di manapun peristiwanya, musibah ini bisa membahayakan diri sekaligus kondisi keuangan kita.

Bacaan Lainnya

Kecelakaan merupakan risiko yang menimbulkan beban keuangan besar. Biaya perbaikan mobil tidaklah murah, apalagi jika kerusakannya sudah mencapai komponen mesin. Tabungan kita pun bisa terkuras habis jika digunakan untuk menanggung beban tersebut.

Data dari Kepolisian Republik Indonesia menunjukkan bahwa tingkat kerugian materi yang disebabkan karena kecelakaan terus meningkat. Jika dihitung dari tahun 2015 hingga tahun 2019, peningkatannya mencapai 18%.

Lantas apa yang harus kita lakukan jika kita terlibat musibah nahas ini di jalan? Pastikan diri Anda tenang terlebih dulu, dan berikut tips dari Lifepal menyarankan Anda untuk melakukan hal-hal di bawah ini.

Menepi Ke Samping Jalan Untuk Hindari Kemacetan

Berselisih dengan pengguna jalan lain yang terlibat kecelakaan dengan kita di tengah jalan hingga menyebabkan kemacetan bukanlah solusi yang baik dan bijak. Tindakan itu tidak hanya menimbulkan masalah baru dan bisa berujung debat yang tak terselesaikan bahkan perkelahian.

Ingat baik-baik bagaimana cara Anda mengemudikan kendaraan, dan bagaimana posisi kendaraan yang menabrak atau ditabrak oleh Anda. Ajaklah pengendara atau pihak yang terlibat kecelakaan dengan Anda untuk menepi dan berdiskusi dengan kepala dingin soal insiden ini.

Hindari marah dan jangan terlalu cepat mengakui kesalahan seandainya Anda pun belum yakin dengan peristiwa kecelakaan yang Anda alami. Bila diskusi yang dilakukan mengalami kebuntuan, jangan ragu untuk mencari saksi atau meminta bantuan untuk menyelesaikan masalah ini.

Pos terkait