Rawat Mobil Jadi Lebih Mudah Melalui Otoklix, Apa Saja Keuntungannya?

  • Whatsapp

Startup di dunia otomotif, Otoklix hadir menjadi solusi digital online-to-offline untuk layanan aftermarket otomotif sehingga memungkinkan pengguna untuk membuat reservasi layanan perawatan kendaraan dari bengkel umum terdekat, mendapatkan harga dan pelayanan yang sudah terstandarisasi dan bergaransi serta dapat melacak riwayat kendaraan. Sedangkan bagi pemilik bengkel diuntungkan karena Otoklix menyediakan solusi Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) dan Manajemen Rantai Pasokan (SCM).

“Misi kami adalah untuk membantu bengkel umum melalui proses yang terstandarisasi, membuat layanan perawatan otomotif lebih tersedia dan lebih mudah bagi komunitas yang lebih luas,” kata Martin Suryohusodo, co-founder Otoklix.

Saat ini Otoklix sudah diaplikasikan lebih dari 100 anggota bengkel aktif dan 10.000 mobil yang diservis setiap bulannya, dan saat pandemic Covid-19 Otoklix mampu meningkatkan pendapatan sampai dengan sebesar 13 kali lipat dengan jumlah pelanggan sebanyak 40 kali lipat sejak April hingga Oktober 2020.

“Berkat Otoklix, rata-rata ada sekitar lima hingga sepuluh mobil ke bengkel saya setiap harinya, penghasilan saya menjadi bertambah karena jumlah totalnya tergantung pada jumlah mobil yang saya servis per hari. Sekarang, saya mendapatkan tambahan penghasilan sebesar Rp200,000 setiap harinya yang telah berdampak positif kepada standar hidup saya,” kata Zul, seorang montir dari sebuah bengkel mitra Otoklix di Jakarta Selatan.

Dengan pendanaan dari program Surge milik Sequoia Capital India, Otoklix siap memimpin transformasi industri aftermarket otomotif Indonesia yang diperkirakan akan mengalami pertumbuhan hingga US$15 miliar pada tahun 2025. Target 2021 Otoklix menargetkan memiliki 500 mitra bengkel dengan 100.000 mobil yang diservis per bulan, dan 75% bagian pendapatan dari total pengadaan barang dan suku cadang oleh bengkel-bengkel mitra pada Desember 2021.