Pecahkan Rekor Drift Terpanjang Porsche Taycan Masuk Guinness World Records™

  • Whatsapp

Porsche Taycan berhasil mencatatkan rekor di Guinness World Rec-ords™ untuk drift terpanjang dengan kendaraan listrik setelah struktur Porsche Dennis Retera melakukan 210 putaran pada sirkuit bundaran sepanjang 200 meter dengan posisi roda depan berlawanan dengan arah putaran (drifting): setelah 55 menit, Dennis telah menempuh total 42,171 kilometer dengan kecepatan rata-ratanya adalah 46 km / jam.

“Sangat melelahkan bagi saya untuk menjaga konsentrasi tetap tinggi selama 210 lap, terutama karena aspal yang diairi di sirkuit drift tidak memberikan grip yang sama di mana-mana. Saya berkonsentrasi untuk mengendalikan penyimpangan dengan kemudi – ini lebih efisien daripada menggunakan pedal akselerator dan mengurangi risiko pu-taran, ” ungkap Dennis Retera.

Di bawah pengawasan juri rekor resmi Guinness World Records™ Joanne Brent di area dinamika mengemudi beririgasi di PEC. Brent telah berpengalaman lebih dari lima tahun mengawasi percobaan rekor dari semua jenis untuk Guinness World Records™, “Kami memiliki beberapa rekor drift, tetapi dengan mobil sport listrik itu sesuatu yang sangat istimewa bagi kami juga. Di sini Porsche telah melakukan pekerjaan perintis yang nyata.” katanya.

Ahli Guinness dengan cermat mendokumentasikan rekor tersebut dengan berbagai alat bantu teknis untuk dokumentasi mulai dari sensor GPS dan sensor kecepatan, kamera yang dipasang di atap menara kontrol trek, hinga mengukur area berdiameter 80 meter dari Porsche Experience Center dengan presisi milimeter.

Juri independen yang turut mengawasi adalah Denise Ritzmann juara drifting Eropa pada 2018 dan 2019 dan juga bertanggung jawab untuk memastikan Taycan tetap berada di drift permanen selama upaya perekaman, “Anda dapat melihat sekilas apakah roda depan mengarah ke arah yang berbeda ke kurva. Selama ini yang terjadi, mobilnya bergerak menyamping (drifting),” jelasnya. Bersama dengan Brent, dia juga menghitung lap yang diselesaikan selama percobaan rekor.