Punya Mobil Wajib Punya Perencanaan Keuangan, Begini Caranya

  • Whatsapp

Nilai mobil setiap tahun dipastikan menurun, meskipun demikian mobil juga merupakan aset yang berpengaruh pada keuangan pemiliknya. Sebagai aset mobil tentu menambah nilai kekayaan bersih. Meskipun demikian, memiliki mobil wajib memiliki perencanaan keuangan dengan baik karena ada biaya yang harus dikeluarkan.

Bacaan Lainnya

Agar tidak menjadi “beban keuangan” berikut tips perencanaan keuangan dari Lifepal.co.id untuk para pemilik mobil yang bisa dijadikan panduan.

Dana darurat mobil

Idealnya, seorang wajib menyediakan dana darurat setara minimal 3 sampai 6 kali pengeluaran bulanan. Mengapa? Karena dana darurat akan berguna untuk menalangi biaya hidup di saat orang yang bersangkutan kehilangan penghasilan.

Bentuk dana darurat untuk mobil

Semakin tua usia mobil, maka memerlukan biaya perawatan lebih besar seiring pergantian suku cadang yang sering memunculkan biaya ekstra. Belum lagi, pemilik mobil rentan terkena risiko ban kempes di  perjalanan, baik karena tekanan anginnya yang kurang atau karena musibah lain termasuk harus mengeluarkan biaya tak terduga.

Oleh karena itulah, penting untuk mengalokasikan dana untuk kebutuhan ini. Setidaknya menabung 1% hingga 5% dari pemasukan per bulan untuk dana darurat mobil. Simpan saja dana tersebut di tabungan agar tetap likuid.

Pos terkait