Bedanya Aki dan Alternator

  • Whatsapp

Tidak sedikit orang awam yang mengatakan bahwa aki atau beterai adalah sumber utama listrik di kendaraan, khususnya di mobil. Tanpa adanya aki mobil akan bermasalah dan bila terjadi listrik tekor mereka pun akan berusaha memperbesar kapasitas akinya.

Bacaan Lainnya

Padahal tidak demikian, aki dan alternator punya tugas masing-masing.  Aki menjadi tempat penyimpan energi listrik. Proses penyimpanannya berdasarkan reaksi kimia, pengisian dan pengeluaran energi listrik terjadi akibat adanya reaksi kimia. Itu sebabnya untuk mengeluarkan listrik aki perlu waktu, walau tidak lama. 

Di kendaraan, aki bertugas memberikan pasokan listrik saat  melakukan starter. Setelah mesin hidup tugas aki digantikan oleh alternator, termasuk untuk mengisi kembali aki yang kosong. Tugas alternator adalah memenuhi seluruh kebutuhan listrik di kendaraan.  

Biasanya alternator dibuat dengan kapasitas lebih besar dari kebutuhan riil, apabila ada penambahan perangkat biasanya masih bisa dicukupi. Untuk itulah perlu mengetahui kapasitas dari alternator, agar penambahan aksesoris seperti lampu atau audio tidak menyebabkan aki tekor yang diakibatkan kekurangan pasokan listrik dari alternator. 

Bila memang diperlukan pasokan diluar kemampuan alternator standar, bisa dilakukan penggantian dengan alternator berkapasitas besar. Dan ingat penambahan kapasitas alternator akan menambah beban mesin yang berkaitan dengan konsumsi bahan bakar dan akselerasi.

Pos terkait