Podium Perdana Honda di Balap F1 Grand Prix Tuscany

  • Whatsapp

Seri balap F1 Grand Prix Tuscany menjadi podium perdana Honda yang diraih oleh pembalap Alex Albon dari tim Aston Martin Red Bull Racing setelah finish di posisi ketiga. Sedangkan rekan setimnya, Max Verstappen tidak berhasil menyelesaikan balapan setelah terlibat senggolan dengan pebalap lain di tikungan kedua selepas start dan terjadi masalah pada power unit mobilnya.

Toyoharu Tanabe sebagai Technical Director Honda F1 menyayangkan kejadian yang dialami Max yang mengalami masalah pada power unit dan kemudian harus tersingkir dari balapan. Pihaknya juga sedang menganalisa secara mendalam untuk menemukan akar masalahnya agar mobilnya segera dalam kondisi yang baik untuk paruh kedua musim ini.

Pada lap ketujuh, terjadi pula kecelakaan yang cukup besar hingga bendera merah, ini menjadi kesempatan semua pembalap bisa mengganti ban dan Alex beralih ke ban lunak diikuti Daniil. juga bergabung dengannya untuk mengganti ban.

Ketika balapan dimulai kembali, pada lap ke- 10, Alex sempat turun ke posisi ketujuh tetapi kemudian dapat mengejar ketertinggalannya dengan menyalip kembali pembalap-pembalap di depannya dengan sangat baik dan cepat. Ia pun naik kembali ke posisi kelima, sementara Daniil juga terus bergerak maju.

Scuderia AlphaTauri memanggil Daniil untuk pemberhentian keduanya pada lap 29 untuk beralih ke set ban medium, dengan Alex mengikutinya pada lap 32.

Sesaat setelah itu, Alex mendekati Daniel Ricciardo dan Lance Stroll di depannya untuk mengejar podium pertamanya. Sebelum meraih podium, Alex berhasil menyalip Ricciardo di tikungan pertama untuk menempati posisi ketiga. Sedangkan Daniil bertahan di posisi ketujuh dan memastikan kedua mobil bertenaga Honda yang tersisa saat itu telah menyelesaikan balapan dan mencetak poin.

 “Alex mengemudi dengan sangat baik sehingga saat mendekati 13 lap terakhir, Alex menyalip dengan baik untuk menyelamatkan posisi ketiga. Daniil juga memberikan performa yang baik dan berhasil menghindari tabrakan di sekitarnya sehingga berhasil masuk ke posisi ketujuh.” ujar Toyoharu Tanabe.