Cara Mudah Bikin Kiprok Lebih Adem

  • Whatsapp

Ignition rectifier atawa biasa disebut kiprok bertugas sebagai penyearah arus dari AC menjadi DC pada system kelistrikan kendaraan. Peranannya sangat penting, kerusakan pada kiprok membuat sistem kelistrikan menjadi kacau, apalagi untuk kendaraan yang sudah menganut sistem injeksi.

Bacaan Lainnya

Selama proses berlangsungnya kerja, kiprok menjadi hangat makanya desainnya memiliki sirip yang bertujuan untuk membantu proses pelepasan panas. Penempatan penyearah arus ini pada kendaraan roda dua kadang ada yang tersembunyi di balik bodi. Tentunya membuat pelepasan panas kurang optimal, meskipun lebih aman dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab.

Seperti pada Yamaha Byson posisinya berada dibalik cover bodi sisi kanan dibawah  paha pengendara. Hangatnya kiprok  kadang membuat pengendara merasa tergangu, apalagi saat berkendara di kemacetan.

Untuk mengurangi hawa panas, Anda bisa menambahkan lapisan pendingin tambahan menggunakan plat alumunium pada sisi dalamnya. Potong plat alumunium mengikuti bentuk kiprok. Jangan lupa untuk membuat lubang pada kedua sisinya sebagai tempat baut. Pasang kembali kiprok pada tempatnya berbarengan plat alumunium pada sisi dalamnya.

Pemilihan plat alumunium dengan ketebalan hingga setangah centimeter masih bisa memanfatkan baut penahan bawaan. Bagi Anda yang ingin berkreasi menggunakan plat hingga ketebalan tiga centimeter kudu mengganti baut lebih panjang. Ini dimungkinkan karena jarak antar bodi motor dengan kiprok cukup luas.

Penambahan plat pendingin ini cukup efektif membantu mempercepat pelepasan panas sehingga kiprok menjadi lebih awet. Lampu utama bertambah terang. Hawa panas yang biasa dirasakan pada paha pengendara juga berkurang.

Keuntungan lainnya, lampu utama tetap terang ketika berkendara jarak jauh jika dibandingkan tanpa penambahan plat pendingin, karena dengan meningkatnya suhu pada kiprok berpengaruh pada berkurangnya intensitas cahaya pada lampu utama.

Pos terkait