Ini Tanda Aki Harus Diganti

  • Whatsapp

Baterai atau aki memiliki usia pakai. Jika tidak dirawat dengan baik, usianya akan semakin pendek. Umur aki bisa bertahan paling lama, kira-kira, 5 tahun. Untuk mobil yang digunakan setiap hari, umumnya, setelah kendaraan memasuki usia tahun kedua , kapasitas penyimpanan baterai akan mulai menurun.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Terlebih dahulu, lakukan pengecekan terhadap baterai. Untuk baterai tipe hybrid, perhatikan jendela pengintip. Apabila indikatornya bewarna hitam, Anda harus segera mengisi daya

Untuk tipe yang biasa disebut aki basah atau baterai tipe cairan asam, periksa ketinggian cairan. Jika ketiggian cairan kurang dari level yang ditentukan, segera tambahkan cairan.

Apabila kondisi  baterai sudah tidak lagi mampu menyimpan energi listrik setelah dilakukan penambahan cairan pengisian daya (charge), membersihkan kerak pada kutub aki, mengencangkan sambungan listriknya, bertanda aki sudah waktunya diganti.

Untuk membersihkan kerak pada terminal aki, cukup dibersihkan dengancara disiram dengan air panas atau soda kue atau disemprot dengan penetran. Kemudian bersihkan terminal, coba starter mesin untuk menguji kondisi aki. Apabila baterai masih kekurangan daya, cobalah lakukan pengisian daya baterai.

Cara menentukan aki harus diganti atau tidak bisa dilakukan dengan mengukur tegangan baterai dan alternator menggunakan voltmeter. Tegangan listrik aki pada saat kondisi mesin mati adalah 12,6 volt atau lebih. Sedangkan alternator sebagai pengisi daya memiliki tegangan 13,8 hingga 14,4 volt. Apabila tegangan batterai kurang dari standar nilai tersebut, sudah waktunya ganti aki.