Jangan Asal Ganti Minyak Rem

  • Whatsapp

image_43412_thumb2_1bc46305003ea64f2772ea53da1c94f6Rem pada kendaraan yang berfungsi untuk mengurangi laju, perlu perawatan berkala agar kinerjanya selalu optimal. Untuk sistem pengereman dengan daya dorong kerja kampas rem menggunakan fluida wajib memperhatikan brake fluid atau minyak rem, terutama kode DOT nya. DOT (Department of Transportation) yang bermarkas di Amerika merupakan lembaga sertifikasi kualitas minyak rem yang berlaku secara international.

Arief Hidayat, Pemerhati Otomotif dan CEO PT Wealthy Group menjelaskan bahwa, minyak untuk pengereman ini tidak boleh diisi ulang menggunakan merek atau DOT yang berbeda, karena mungkin akan terjadi reaksi negatif.

Menurutnya, ketika proses pengereman dilakukan, tekanan hidrolis yang diaktifkan oleh silinder master dibutuhkan agar dapat mendorong piston pada kaliper untuk menjepit piringan cakram, sehingga proses pengereman dapat memperlambat laju putaran roda.

“Tenaga hidrolik ini disalurkan ke semua sistem melalui selang rem. Meskipun begitu, cairan ini mudah sekali menyerap panas yang berasal dari kaliper maupun gesekan dengan permukaan saluran selang remnya,” ucap Arief dalam diskusi virtual dengan tema ‘Braking System’, Jumat (23/07).