Untung Rugi Roda Besar

Eko Fery - AUTOREV20 Februari, 2020 10:00 WIB

image_42731_IMG_9334Teknologi mobil terus berkembang, termasuk kemampuannya untuk bisa melaju lebih cepat. Salah satu pendukung dari kemampuan laju mobil adalah ban, karena tugasnya sebagai penahan beban dan kontak langsung di permukaan jalan. Sesuai perkembangan, khususnya ban sedan, dibuat dengan diameter lebih besar.  Hal ini bukan tanpa alas an, memang ada plusminusnya dengan penggunaan roda berukuran besar.

Keuntungan dengan roda berdiameter lebih besar  memungkinkan penggunaan sistem rem dengan diameter lebih besar. Ini diperlukan karena mobil yang ada saat ini memungkinkan untuk dipacu lebih cepat lagi.

Selanjutnya, roda besar akan mengurangi kecepatan putar.  Roda yang berputar lebih lambat mampu mengurangi kemungkinan terjadinya getaran, kenyamanan menjadi lebih baik. Putaran lebih lambat, akan memperlambat keausan komponen roda seperti bantalan roda. Tentunya, mampu memperpanjang waktu perawatan berkala.  Penurunanan kecepatan putar pun akan memperpanjang usia pakai ban karena suhu ban saat dipergunakan akan ikut turun.

image_42730_IMG_8953-countryman

Dari Segi Estetika, Roda Besar Mejadikan Mobil Terlihat Lebih Cantik Dan Gagah

Kekurangan dari roda besar yaitu gabungan pelek dan ban, bobot gabungan pelek-ban akan lebih besar menjadikan berat unsprung  bertambah. Hal ini banyak dihindarkan oleh para produsen mobil karena menganggu kelincahan saat mobil dipacu.  Tapi berkat teknologi pada ban dan peleknya maka bobot keduanya bisa ditekan.  Pelek komposit dan ban dengan konstruksi terbaru memang lebih ringan.

Tak kalah penting, ban dan pelek berdiameter besar akan berharga lebih mahal. Tapi bila melihat keuntungan yang bisa didapat maka mobil penumpang serta sedan kelas menengah pun telah pula mengadopsi roda besar. Padahal bila dilihat kebelakang, roda besar hanyalah milik mobil sport dan sedan mewah saja.

Suzuki New Baleno

Bagaimana Menurut Anda

www.autorevindonesia.com 2014-2017