Kualitas Pelumas, Ujian Kinerja Sesungguhnya Diantara Emisi dan Efisiensi

  • Whatsapp

image_42492_123 Dunia otomotif terus berkembang sesuai dengan tuntutan jaman.  Berbagai tuntutan tentunya harus pula dipenuhi, salah satunya yang berkaitan dengan emisi.  Emisi gas buang menjadi sorotan banyak pihak karena sangat kental kaitannya dengan pemanasan global akibat efek rumah kaca.

Gas karbon dioksida (CO2) salah satu gas hasil pembakaran di mesin, dimana peningkatan konsentrasinya diudara dapat menyebabkan efek rumah kaca.  Ini sangat ditakuti karena terbukti mampu meningkatkan suhu bumi yang berujung pada terjadinya berbagai bencana.  Tidak hanya karbon dioksida, emisi gas buang menghasilkan juga oksida belerang penyebab hujan asam.  Tingkat emisi gas yang tinggi terjadi akibat padatnya lalulintas seirama dengan pertambahan mobil dan sepeda motor.

Bacaan Lainnya

Berdasar fakta tersebut para produsen otomotif berlomba untuk menurunkan emisi gas buang melalui peningkatan efisiensi penggunaan bahan bakar.  Peningkatan efisiensi diusahakan tidak mengganggu kinerja kendaraan.

Usaha dalam mendongkrak efisiensi, kendaraan modern kini telah dilengkapi teknologi injeksi, pengatur bukaan katup hingga penggunaan turbo.  Semua sistem tersebut dikendalikan oleh sebuah ECU (Engine Control Unit). Dalam sebuah mobil, sistem komputernya tidak hanya mengendalikan mesin tapi sudah dibuat terpadu dengan transmisi dan sistem keselamatan serta kenyamanan penggunanya.

Tren Otomotif di Indonesia
Teknologi untuk mendorong efisiensi melahirkan tren mesin mobil berkapasitas kecil tapi bertenaga besar.  Ada yang menyebutnya dengan tren mobil 1.500cc.  Keberhasilan dalam mengoptimalkan kinerja mesin 1.500cc  bisa dilihat dimana  mesin ini telah menjadi penggerak sedan, SUV, hingga mobil sport mewah.  Saat ini mesin kecil pun telah dilengkapi turbo intercooler, menjadikannya lebih agresif dan jauh lebih efisien.

Pada sepeda motor tren skutik sudah demikian masif ada perbedaan antara skutik dan sepeda motor manual atau motor sport.  Mesin skutik selalu berada pada kondisi putaran optimal, untuk bisa mendapatkan torsi dan tenaga maksimal. Dengan cara itu pengendara akan merasakan sensasi berkendara yang lebih baik dan sepeda motor pun berada pada kondisi paling efisien.

Pos terkait