Nissan Meluncurkan Mobil Konsep Ariya di Tokyo Motor Show

  • Whatsapp

image_41093_Ariya-ConceptNissan hari ini meluncurkan Konsep Ariya, crossover EV dengan motor listrik kembar, akselerasi yang kuat, teknologi bantuan pengemudi yang telah meraih penghargaan dan tampilan yang menandakan pembaharuan keseluruhan dari desain Nissan.
Konsep Ariya Nissan yang baru, yang diperkenalkan hari ini di Tokyo Motor Show ke-46, menandai awal era baru bagi Nissan dalam mendefinisikan ulang filosofinya untuk fase evolusi kendaraan bermotor yang selanjutnya.
Konsep Ariya memiliki kabin premium yang luas dengan fitur teknologi tinggi dan body yang menampilkan sifat murni dan bersih dari mobil listrik. Desain ini mewujudkan visi Nissan Intelligent Mobility untuk transportasi pribadi – yang memberikan pengalaman perjalanan yang mulus dan adaptif yang bebas kecelakaan atau emisi berbahaya melalui elektrifikasi dan kecerdasan kendaraan.
Konsep Ariya mengangkat elemen desain yang pertama kali ditampilkan melalui konsep Nissan IMx di Tokyo Motor Show 2017. Elemen desain tersebut termasuk shield berciri khas V-motion elektrik yang berani dan bilah lampu belakang yang mencolok, overhang pendek, dan interior yang lebih terkesan seperti lounge daripada kabin kendaraan konvensional.
Meskipun merupakan kendaraan konsep, gaya berani dan elemen interior serta eksterior yang tidak konvensional dari crossover EV ini sangat mungkin diproduksi dalam waktu dekat.
“Konsep Ariya merupakan kolaborasi yang kuat antara desain dan keahlian teknik,” kata Yasuhiro Yamauchi, perwakilan eksekutif, Nissan Motor Co., Ltd. “Ini adalah tahap selanjutnya dari bahasa desain masa depan Nissan, sejalan dengan era baru bagi perusahaan, yaitu tahap selanjutnya dari evolusi kami.”
Konsep Ariya di Tokyo Motor Show berbagi panggung dengan Nissan IMk, mobil konsep komuter perkotaan EV yang telah diperkenalkan awal bulan ini. Kedua kendaraan tersebut berfungsi sebagai perlambang untuk visi baru Nissan atas identitas brand yang serba listrik.
image_41094_Press-COnference-Cam-4-1200x800
Nissan Intelligent Mobility
“Arsitektur kendaraan yang baru berarti peluang baru untuk mendefinisikan kembali bagaimana kendaraan berinteraksi dengan masyarakat, bagaimana EV dipasangkan dengan kemampuan mengemudi yang canggih dapat menawarkan perspektif baru,” kata Alfonso Albaisa, wakil presiden senior desain global Nissan. “Dengan kendaraan ini dan konsep IMk, kami ingin memastikan bahwa jiwa setiap mobil Nissan memiliki DNA khas Jepang yang disampaikan dengan cara yang sederhana namun bertenaga, sesuatu yang kita sebut ‘Timeless Japanese Futurism.’”
Dicirikan oleh konsep “ramping,” “sempurna” dan “seksi,” Ariya Concept Nissan menampilkan contoh-contoh bahasa desain baru ini di keseluruhan eksterior, termasuk fender depan lebar, lampu LED super tipis, serta pelindung depan (biasanya berupa grille pada kendaraan bertenaga bensin) yang dihiasi emblem Nissan yang telah disesuaikan. Shield menggabungkan pola geometris halus yang menampakkan diri ketika pencahayaan V-motion dinyalakan.
“Kami mengganti grille konvensional dengan apa yang kami sebut shield – bagian ekspresif dengan tekstur 3-D inovatif yang bukan hanya elemen yang mempercantik kendaraan, tetapi juga berfungsi untuk menekankan teknologi yang bersembunyi di dalam kendaraan,” kata Albaisa. “Dalam hal, sensor radar dan teknologi lainnya yang membantu Konsep Ariya membaca jalan dan memvisualisasikan hal-hal yang tidak dapat dilihat pengemudi.”
Fitur yang memperkuat profil kendaraan adalah roda-roda aluminium 21-inci five-blade dengan ban khusus. Garis atap yang rendah dan ramping memungkinkan kendaraan untuk mengurangi hambatan udara. Gaya belakang Konsep Ariya juga berbeda dari SUV tradisional, dengan C-Pillar yang menyapu tajam dan menyatu mulus ke dek belakang yang kekar. Bilah lampu one-piece dengan lensa yang digelapkan memanjang di body kendaraan. Lampu suar di fender belakang dan sayap belakang yang dipasang tinggi menampilkan kesan bertenaga.
“Eksteriornya menyeimbangkan antara keindahan dinamis dan ‘ketajaman teknologi,’ dengan proporsi yang menunjukkan apa yang mungkin dilakukan dengan platform kendaraan listrik 100% Nissan,” kata Albaisa. “Overhang yang pendek, kabin besar, roda-roda besar, dan skema cat dua warna yang disesuaikan memberikan penampilan elegan yang seimbang antara sport dan kemewahan.
Skema cat Suisei Blue dari Konsep Ariya menciptakan penampilan ganda, tergantung pada jarak mobil dilihat. Dari kejauhan, warna biru tua menghasilkan sentuhan matte. Setelah diperiksa lebih dekat, serpihan-serpihan kaca besar yang tertanam menghasilkan miliaran pantulan cahaya, mengingatkan pada komet yang melintasi langit malam.
Warna khas baru untuk Nissan EV masa depan yang memberi aksen garis atap dan roda pada Konsep Ariya adalah: tembaga, warna matahari saat menerobos malam untuk memulai hari baru. Warna ini melambangkan awal era otomotif baru dan juga memberi pengakuan kepada pengrajin tradisional Jepang yang menempa tembaga menjadi karya seni fungsional.
Eksterior Konsep Ariya sebagian besar mengekspresikan ide-ide “ramping” dan “seksi,” sedangkan bagian interior mencerminkan kesan kesempurnaan – diwakili oleh integrasi teknologi dengan kehidupan sehari-hari dan ketepatan keterampilan Jepang.
“Dengan lantai datar – yang dimungkinkan oleh tata letak kemasan baterai dan tidak adanya mesin pembakaran internal – Konsep Ariya menyambut penumpang dengan kesan terbuka dan lapang saat mereka melangkah ke dalam kabin,” kata Albaisa. “Panel yang menyatu secara alami satu sama lain dan mengalir dengan sempurna dari depan, samping dan belakang, memberikan kesan panorama dari posisi duduk mana pun.”
Dashboard minimalis tidak dipenuhi oleh tombol dan sistem kendali seperti yang ditemukan pada kendaraan konvensional. Ketika Konsep Ariya diberi energi, kontrol sentuh haptic yang terintegrasi dengan sempurna di sepanjang panel instrumen menjadi hidup dengan mengeluarkan cahaya. Ketika mobil tidak digunakan, mereka menghilang ke dalam permukaan. Satu-satunya kontrol fisik adalah tombol start, satu tombol untuk mengoperasikan monitor layar 12,3 inci, serta kendali iklim, yang dengan artistic tertanam ke bagian bawah panel instrument yang terbuat dari kayu asli. Panel instrumen bertransisi dengan sempurna ke pintu dan elemen interior, sehingga tidak terlihat saat belum digunakan.
Kursi Konsep Ariya yang suportif dan nyaman menampilkan bingkai sangat tipis, memberikan ruang interior lebih bebas dan visibilitas yang lebih tinggi. Kursi depan dan belakang diposisikan untuk memastikan bahwa setiap orang dapat menikmati pemandangan di sekitarnya sebaik-baiknya, dan menawarkan sensasi seperti melayang di atas karpet ajaib. Untuk membuat perjalanan panjang menjadi lebih nyaman, sandaran kursi dan bagian bawah kursi berlapis kulit dengan pola berlubang-lubang, dengan bahan ekstra di tempat-tempat yang langsung bersentuhan dengan punggung bawah dan pinggul penumpang. Kain tembaga yang berkilau di bawah bagian berpola lubang-lubang menambah keindahan dan kedalaman.
Di seluruh kabin, bahan interior dipilih dengan cermat untuk memberikan kesan solid, teknologi, dan utilitas. Kulit sintetis hitam halus menutupi panel instrumen dan panel pintu bagian dalam. Kulit sintetis dengan butiran bertekstur dari kelas yang berbeda melapisi pilar-A dan langit-langit. Ini memberikan kontras visual yang halus namun efektif. Aksen aluminium berwarna tembaga satin, dimasukkan ke dalam panel instrumen, kursi dan roda kemudi, menyatukan elemen-elemen ini dengan warna eksterior.
image_41095_Press-conference-WIDE-3-1200x800
Ikon Nissan Intelligent Mobility
Nissan merancang Konsep Ariya untuk sepenuhnya mewujudkan tiga pilar Nissan Intelligent Mobility – Intelligent Driving, Intelligent Power, dan Intelligent Integration. Konsep ini menawarkan pengalaman berkendara yang seutuhnya baru, dengan menggabungkan teknologi kendaraan listrik canggih dengan konektivitas antar manusia-mesin yang sempurna.
Konsep Ariya menampilkan versi terbaru sistem bantuan pengemudi Nissan yang telah meraih penghargaan, ProPILOT 2.0, untuk perjalanan yang lebih percaya diri dan nyaman. Sistem ini menggabungkan pengemudian ternavigasi di jalan raya dengan kemampuan mengemudi lajur tunggal hands-off. Dengan menggunakan sistem navigasi kendaraan untuk membantu manuver mobil pada rute yang telah ditentukan di jalan yang ditentukan, sistem dapat membantu pengemudi ketika mobil berjalan, pengalihan jalur dan jalur yang keluar di jalan raya multi-jalur.
ProPILOT 2.0 juga memungkinkan pengendara lepas tangan (hands-off) saat berkendara di jalur tertentu.1,2 Ketika mendekati pengalihan jalan atau bersiap untuk melewati kendaraan lain, sistem menilai waktu yang tepat untuk berbelok atau melintas berdasarkan informasi dari sistem navigasi dan penginderaan 360 derajat. Pengemudi menerima panduan audio dan visual yang intuitif dan diminta untuk meletakkan kedua tangan di setir dan mengkonfirmasi dimulainya operasi ini melalui panel kendali. Saat mengemudi dengan ProPILOT 2.0 diaktifkan, pencahayaan interior berubah warna untuk memberikan sinyal bahwa mengemudi hands-off diaktifkan, sembari menciptakan suasana santai.
Dibangun dengan sistem penggerak listrik 100% yang berkinerja tinggi, Konsep Ariya Nissan menghadirkan torsi instan ke roda dari konfigurasi penggerak motor depan / belakang ganda. Tata letak ini menghasilkan tenaga yang seimbang dan dapat diprediksi untuk keempat roda, sebanding atau lebih baik daripada mobil sport premium pada umumnya.
Konsep Ariya menjanjikan kinerja menikung dan traksi yang sangat baik pada permukaan yang licin seperti salju dan jalan berkerikil, tanpa perlu mengubah gaya mengemudi, input kemudi atau bahkan posisi pedal. Ini tercapai berkat sistem kontrol all-wheel, twin-motor berdaya tinggi. Dengan berdasarkan pengetahuan yang diperoleh melalui pengembangan kontrol kendaraan selama bertahun-tahun – termasuk sistem pemisahan torsi ATTESA E-TS Nissan GT-R dan sistem 4X4 cerdas Nissan Patrol – para insinyur menciptakan sistem baru ini untuk mengelola pengiriman daya dan rem secara otomatis, memastikan jalan yang mulus dengan kelicinan ban minimal. Pengemudi dapat mempertahankan postur dan kenyamanan mengemudi mereka, membiarkan sistem yang melakukan semua pekerjaan.
Integrasi Yang Sempurna
Teknologi intuitif memungkinkan Konsep Ariya untuk menjadi bagian kehidupan sehari-hari pengemudi, on-board dan off-board, memberikan kebebasan dan kenikmatan mobilitas kapan saja dan di mana saja.
Bantuan perjalanan tidak terbatas hanya pada kendaraan. Di antara fitur antarmuka manusia-mesin terdapat Door to Door Navigation, yang memungkinkan siapa pun untuk menetapkan tujuan pada smartphone mereka, mentransfernya ke Konsep Ariya dan membuat sistem navigasi kendaraan terus menawarkan arah. Jika tujuan akhir dicapai dengan berjalan kaki, sistem akan mentransfer rute yang tersisa kembali ke smartphone pengemudi.
Ketika pengemudi berjalan mendekati Konsep Ariya, ia kan disambut dengan welcome light dan pada saat bersamaa kendaraan membuka secara otomatis, memperkecil kemungkinan kunci yang hilang. Bahkan sebelum masuk ke dalam mobil, pengaturan seperti posisi kursi pengemudi dan kontrol iklim akan disesuaikan dengan preferensi pribadi pengemudi, yang dapat disimpan oleh pengemudi ke smartphone sebagai profil unik. Mobil dapat disinkronisasikan dengan jadwal pengemudi untuk mengantisipasi waktu keberangkatan dan mempersiapkan kendaraan untuk menerapkan kendali iklim, dan siap memulai perjalanan – memaksimalkan jangkauan mengemudi dengan menggunakan power grid untuk memanaskan atau mendinginkan mobil.
Setelah pengemudi berada di dalam, Virtual Personal Assistant dapat membantu mencari informasi dan menemukan tempat parkir, sehingga pengemudi dapat mengawasi jalan.
Saat bepergian, Smart Route Planner dari Konsep Ariya Nissan secara otomatis mengidentifikasi dan merencanakan pengisian di sepanjang jalan, memastikan bahwa pengemudi tiba di tujuan, baik dekat maupun jauh.
Manajemen penyimpanan daya yang sempurna memungkinkan berkendara jarak jauh, tanpa waktu pengisian yang lama yang mengganggu rencana perjalanan. Ketika tiba saatnya untuk mengisi daya, Konsep Ariya menggunakan CHAdeMO quick charging untuk mengisi energi baterai dengan cepat dan nyaman. Port pengisian terbuka saat pengemudi menghampiri, dan menggunakan warna yang berbeda untuk menunjukkan status pengisian kendaraan.
Jika rencana perjalanan termasuk menjemput teman dalam perjalanan, fitur video chat terintegrasi dapat membantu mengkonfirmasi detail sebelum berangkat. Fitur ini juga dapat terhubung dengan smartphone para penumpang dan pengemudi, serta tampilan informasi pusat Konsep Ariya untuk menunjukkan lokasi mereka secara tepat.
Setibanya di tempat tujuan, pengemudi dapat menggunakan smartphone atau perangkat khusus untuk memarkir mobil secara otomatis dari lokasi sekitar, berkat ProPILOT Remote Park. Fitur ini dapat membantu penumpang yang membutuhkan ruang tambahan atau bantuan untuk keluar dari mobil.
Teknologi Firmware Over The Air (FOTA) menyediakan pembaruan konstan, tanpa kerumitan untuk sistem navigasi, antarmuka pengguna grafis dan karakteristik mengemudi untuk memastikan mobil berjalan efektif dan memiliki versi dan fitur terbaru, menjaga pengalaman pengemudi tetap segar dan menyenangkan.
Ketika diparkir di kantor atau rumah, Konsep Ariya mendukung teknologi Nissan Energy. Teknologi ini memungkinkan untuk terhubung dengan sistem energi untuk mengisi baterai EV, rumah listrik dan bisnis, dan bahkan menjual energi kembali ke jaringan listrik. Nissan Energy membantu pengemudi memanfaatkan sepenuhnya kemampuan Ariya Concept dengan memperluas penggunaannya dari sekadar mengemudi hingga mencakup setiap aspek kehidupan.
Konsep Ariya – dunia baru EV Nissan
“Nissan memiliki visi yang jelas tentang mobilitas global. Konsep Ariya hanyalah permulaan, karena Nissan mempertimbangkan bagaimana desain, pengemasan dan kenikmatan pengemudi dapat diubah melalui arsitektur platform EV baru,” kata Yamauchi. “Konsep Ariya bukanlah mobil konsep yang dirancang dari ide-ide yang tidak nyata, tetapi sebuah mobil yang mewujudkan Nissan Intelligent Mobility dan menjanjikan pengalaman berkendara yang seutuhnya baru dalam waktu dekat.”

Pos terkait