Telkomsel IIMS 2019: Mengedepankan Produk Lokal Menuju Internasional

  • Whatsapp

image_38567_unnamed-1-1Menteri Perindustrian Republik Indonesia – Airlangga Hartarto secara resmi membuka pameran otomotif terbesar di Indonesia, Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (25/4). Dalam kesempatan ini, Menteri Perindustrian didampingi oleh Dirjen ILMATE – Harjanto, Komisaris Utama PT Dyandra Media International, Tbk – Lilik Oetama, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo – Hendra Noor Saleh, dan juga VP Brand Communications Telkomsel – Nirwan Lesmana. Hadir pula Duta Besar Negara sahabat, serta pihak Agen Pemegang Merk (APM) roda empat dan roda dua dan juga perwakilan peserta pameran.
Menteri Perindustrian Republik Indonesia – Airlangga Hartarto menjelaskan, “Kinerja industry otomotif tahun 2018 menunjukkan capaian yang menggembirakan. Di antaranya adalah produksi kendaraan roda 4 atau lebih mencapai 1,34 juta unit atau setara 13,76 USD, dengan ekspor sebesar 346 unit atau setara 4,78 miliar USD di tahun yang sama.”
“Dalam roadmap pengembangan industri kendaraan bermotor, pemerintah menargetkan 20% dari total produksi kendaraan baru di Indonesia sudah berteknologi electrified sehingga dapat mendukung komitmen pemerintah Indonesia untuk dapat menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29% pada 2030 tanpa bantuan internasional, sekaligus menjaga kemandirian nasional,” tambahnya.
Komisaris Utama PT Dyandra Media International, Tbk yang juga merupakan CEO Kompas Gramedia, Lilik Oetama dalam sambutannya mengatakan bahwa, PT Dyandra Promosindo selaku Professional Event Organizer (PEO) selalu menawarkan beragam inovasi dan perubahan untuk menciptakan dimensi baru dalam pameran otomotif dengan skala internasional.
“Tahun lalu kami berhasil menjadikan IIMS 2018 sebagai event otomotif terbesar di Indonesia yang menerapkan teknologi digital di berbagai aspek seperti tiket digital dan lainnya. Semangat ini secara konsisten kembali kami terapkan pada Telkomsel IIMS 2019 dan sejalan dengan pencanangan industri 4.0 yang ditetapkan oleh pemerintah. Berbagai inovasi juga kami lakukan yang dilandasi kepercayaan di mana tidak hanya menampilkan kendaraan terbaru, tetapi harus dapat merangkul seluruh elemen otomotif demi perkembangan otomotif di Tanah Air,” ujar Lilik.
Kehadiran Telkomsel dan Shopee menjadi terobosan baru. “Selama ini kita mengenal Telkomsel sebagai operator seluler dengan jaringan terluas di Indonesia. Namun sekarang Telkomsel juga merupakan sebuah digital telco company yang menghadirkan berbagai solusi layanan digital yang bermanfaat bagi berbagai industri, termasuk industry otomotif. Sementara Shopee adalah salah satu perusahaan e-commerce yang bisnisnya sedang berkembang, tidak hanya di Indonesia tetapi di Asia Tenggara. Perpaduan Telkomsel dan Shopee menjadikan penyelenggaraan tahun ini lebih variatif dan sangat kental dengan teknologi digital,” tutur Lilik lebih lanjut.
Telkomsel IIMS 2019 diikuti oleh 26 merek kendaraan roda empat dan 17 merek kendaraan roda dua serta lebih dari 350 perusahaan baik lokal maupun internasional. Kendaraan lokal yang hadir di tahun ini adalah produsen kendaraan multifungsi yaitu FIN Komodo serta Gesits sebagai motor listrik pertama karya anak bangsa yang siap dipasarkan. Tidak kalah menariknya adalah kehadiran truk berukuran raksasa yaitu Caterpillar 777E serta peran serta pelaku industri maritime dalam Indonesia Boating Gathering.
Sementara merek kendaraan roda empat yang turut serta pada Telkomsel IIMS 2019, diantaranya Audi, Bentley, BMW, Brand X, Chevrolet, Datsun, DFSK, Dodge, Ferrari, FIN Komodo, Ford, Honda, Hyundai, Jeep, Lamborghini, Mazda, McLaren, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi, Nissan, Porsche, Suzuki, Toyota, Volkswagen, dan Wuling. Selanjutnya exhibitors kendaraan roda dua, seperti Aprilia, Benelli, BMW Motorrad, Gesits, Harley-Davidson, Honda, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Kymco, Lambretta, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Enfield, Suzuki, Triumph, hingga Vespa ikut meramaikan ajang Telkomsel IIMS 2019.
“Kami berharap penyelenggaraan Telkomsel IIMS 2019 ini dapat memberikan nilai positif dan memilik idampak yang luas baik kepada masyarakat maupun industri yang terlibat di dalamnya,” ungkap Lilik.