Prestasi 5 Dekade mobilmotor

  • Whatsapp

image_37068_WhatsApp-Image-2018-12-20-at-13.18.14-1Sebagai sumbangsih kepada pembaca setia dan kepada konsumen mobil di Indonesia,  mobilmotor merasa perlu melakukan pengujian yang akurat dan independen.  Pengujian secara menyeluruh dan dilakukan secara berkala dituangkan dalam kegiatan bernama mobilmotor Indonesian Car of The Year.  Indonesian Car of The Year  (ICOTY) yang dirintis 17 tahun lalu terus dikembangkan hingga ICOTY 2018.  Untuk tahun ini, ICOTY 2018 digelar di kawasan Jakarta dan Bogor pada 29 September – 7 November 2018.
ICOTY 2018 diikuti 29 mobil dari 16 APM dan dibagi dalam 10 kategori.   Semua peserta dikumpulkan di Cibubur Jakarta Timur dan siap untuk diuji di jalan tol hingga jalan perkotaan yang macet.  Sengaja dipilih dengan uji awal di jalan tol, walau kebanyakan finalis berupa SUV tapi telah disesuaikan dengan kondisi jaan perkotaan.  Medan menanjak serta jalan jelak pun bisa didapatkan di daerah kawasan Cibubur hingga Jalur Puncak.  Jarak tempuh pengujian oleh 5 juri mencapai total jarak 200km, cukup untuk bisa merasakan dan mencoba fitur-fitur yang dimiliki oleh setiap finalis.
Terbaru dalam ICOTY 2018, mobil diuji atau dinilai saat dikendarakan malam hari, tata cahaya mobil-mobil finalis sudah sangat baik dan menarik.  LED sudah dijadikan penerangan standard di beberapa finalis dan tentunya apakah signature lamp yang dimiliki oleh beberpa mobil memberikan  daya tarik dan kesan kuat.  Ini menjadi santapan juri yang menilai keserasian desain para finalis.
Mengikuti perkembangan teknologi otomotif khususnya para finalis ICOTY, atas dasar itu juri pun perlu membekali dirinya dengan pengetahuan baru tentang mobil-mobil terkini.  Juri menjadi kunci dalam penilaian ICOTY, seluruh juri mobilmotor ICOTY telah malang melintang dalam berbagai penjurian.  ICOTY 2018 dinilai oleh lima orang juri dari berbagai displin ilmu serta tim mobilmotor untuk pengukuran kemampuan mobil secara obyektif.
Finalis ICOTY 2018, telah terjadi pergeseran dari MPV ke SUV, SUV mendominasi jumlah finalis disusul kategori MPV.  Sesuai dengan minat konsumen, model SUV perkotaan memang sedang digandrungi.  Walhasil, hampi semua  APM memiliki produk SUV dan tersedia dalam rentang harga yang cukup lebar. Dominasi SUV dapat dilihat dimana terdapat 12 finalis SUV terbagi dalam 5 kategori.
Tujuan pengkategorian adalah untuk memudahkan calon konsumen dalam memilih mobil sesuai dengan kebutuhannya.  Pengkategorian utamanya didasarkan atas kapasitas mesin, kelengkapan atau fitur serta harga jualnya.
Secara garis besar, semua finalis telah dibekali teknologi maju.  Perbedaan teknologi yang disandang  lebih terkait dengan harga jual mobilnya, walau ternyata ada mobil dengan harga kompetitif tapi sarat teknologi.  Dua pendatang baru di dunia otomotif Indonesia yaitu Wuling dan Glory berhasil menarik perhatian para juri serta pengujung obyek wisata di Cibubur.   Teknologi dan fitur, keduanya sudah sangat lengkap, termasuk fitur pengukur tekanan ban serta penggunaan turbo intercooler.  Apa yang dimiliki keduanya benar-benar jauh dari perkiraan awal.
image_37067_WhatsApp-Image-2018-12-20-at-13.18.13
Hal unik yang didapat saat penilaian ICOTY 2018, BMW menampilkan sirip grill untuk bisa tetap memberikan performa terbaiknya saat dipacu.  Peugeot dengan Peugeot 3008 menghadirkan tata ruang yang benar-benar baru dengan rancangan ergonomis State of The Art.  Didukung oleh kemampuan teknis yang sangat baik menjadikannnya sangat pas untuk dikendarakan sendiri menjelajah medan kota hingga jalan jelek di luar kota.
Seperti ICOTY tahun-tahun sebelumnya, peran besar Pertamina sebagai penyedia bahan bakar sangat mendukung semua finalis untuk mendapatkan performa terbaiknya. Mesin bensin dengan turbo bukan masalah lagi, Pertamina menyediakan Pertamax Turbo dan untuk diesel berteknologi terkini sudah ada Pertamina DEX.
“ICOTY yang telah digelar selama 17 tahun ditujukan untuk memudahkan konsumen untuk memilih.  Pengujian yng dilakukan serempak oleh juri yang sama serta alat-alat memadai akan memberikan informasi akurat dan terpecaya.  Seperti tahun lalu, ICOTY 2018 mendapat dukungan dari Pertamina sebagai penyedia bahan bakar berkualitas,” tutup Rudi Kurniadi, Pimpinan Redaksi Majalah mobilmotor.
Penghargaan Khusus:

  1. Best Cabin Insulation: Suzuki All New Ertiga
  2. Best Design: Toyota CHR
  3. Best Performance: Chevrolet Trailblazer
  4. Best Value for Money: Wuling All New Confero S

Pemenang Kategori mobilmotor ICOTY 2018

Bacaan Lainnya

  1. City Car : Datsun GO Cross (3.235,02)
  2. Small MPV : Mitshubishi Xpander Ultimate (3.404,73)
  3. Medium MPV : Wuling Cortez (3.348,11)
  4. Full Size MPV : KIA Sedona (3.475,46)
  5. Small SUV : DFSK Glory 580 (3.039,81)
  6. SUV Diesel : Chevrolet All New Trailblazer (3.469,93)
  7. SUV Compact : Toyota CHR (3.514,21)
  8. SUV Premium : Peugeot 3008 (3.540,29)
  9. Sedan : BMW All New i520 Luxury Line (3.392,21)
  10. Hatchback : Toyota All New Yaris CVT TRD (3.093,60)

–              Best of The Best mobilmotor ICOTY 2018: Peugeot 3008
 

Pos terkait