Total Oil Indonesia Akan Melakukan Edukasi Keselamatan di 6 Perguruan Tinggi

  • Whatsapp

image_31784_Kementerian Perhubungan mencatat bahwa pada tahun 2016 di Indonesia setiap hari rata-rata ada 72-73 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas jalan. Data juga menunjukkan bahwa angka kecelakaan lalu lintas terus meningkat dari tahun ke tahun. Sepanjang 2014 tercatat 95.906 kasus, tahun selanjutnya 98.970 kasus, dan terakhir 2016 meningkat menjadi 105.374 kasus.
Ada beberapa faktor yang membuat angka kecelakaan terus meningkat setiap tahun, selain pertumbuhan jumlah kendaraan, salah satu faktor utama lainnya adalah perilaku pengguna jalan kurang memprioritaskan keselamatan berkendara.
Berangkat dari kepedulian terhadap kondisi tersebut, PT Total Oil Indonesia kembali menggelar kegiatan berkendara aman dengan tajuk “Safe Riding with Total Hi-Perf”, akan diselenggarakan pada enam titik yang ditargetkan, yaitu Universitas Padjadjaran dan Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung, Universitas Diponegoro dan Universitas Soegijapranata di Semarang, Universitas Sebelas Maret di Surakarta, dan Universitas Swadaya Gunung Jati di Cirebon.
Christopher Kasidi, VP – Retail & Marketing PT Total Oil Indonesia memaparkan tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran yang dilakukan oleh kaum muda patut menjadi perhatian, itu lah mengapa pengadaan edukasi preventif menjadi penting untuk meningkatkan kesadaran akan tata berkendara yang baik dan aman. Melalui “Safe Riding with Total Hi-Perf”, kami ingin mengajak para mahasiswa untuk mencermati tips dan trik berkendara untuk meningkatkan faktor keamanan mereka, memahami life-saving skills untuk diterapkan di jalanan.
“Perlu diingat bahwa ada banyak faktor untuk meningkatkan keselamatan dalam berkendara, di antaranya perilaku berkendara itu sendiri, perawatan rutin untuk memastikan kendaraan selalu dalam kondisi yang optimal untuk digunakan, dan ini artinya termasuk penggunaan pelumas yang tepat sesuai dengan kebutuhan kendaraan,” tegas Christopher.
image_31785_
Di setiap kegiatan “Safe Riding with Total Hi-Perf” ini, peserta dibekali ilmu seputar cara berkendara yang baik dan benar serta sosialisasi tata tertib lalu lintas. Selain dibekali dengan materi presentasi, para mahasiswa juga diajak ikut serta dalam kegiatan Tantangan SIM Total, sebuah permainan daring yang menantang peserta – bahkan yang sudah memiliki SIM sekalipun – akan pengetahuan berkendara dengan memanfaatkan materi ujian tertulis SIM sebagai soal.
“Kami berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat bukan saja bagi peserta yang hadir di acara “Safe Riding with Total Hi-Perf”, tetapi juga pengaruh yang lebih baik terhadap perilaku berkendara para pengguna kendaraan,” ujar Magdalena Naibaho, Brand Manager PT Total Oil Indonesia. “Manfaat kegiatan ini sebaiknya tidak berhenti di tempat ini, tetapi dapat disebarluaskan pula oleh para peserta kepada teman dan keluarga mereka. Kita perlu menularkan kewaspadaan dan semangat berkendara dengan aman ke seluruh pengguna jalan di Indonesia,” lanjut Magdalena.
“Ke depannya, PT Total Oil Indonesia berharap untuk tetap menjaga komitmen akan kampanye keselamatan berkendara ini. Kami memanfaatkan berbagai media dan aktifitas mengenai tips dan trik berkendara, termasuk mengenai keselamatan. Salah satu media utama kami adalah media sosial Total di Indonesia, di mana konten ini menjadi salah satu konten utama kami, dan kami harap pendekatan ini lebih dapat diterima para pengendara, seperti pesan Walikota Bandung tadi. Kami percaya sekecil apapun langkah yang diambil untuk tujuan yang lebih baik akan memberi manfaat bagi masyarakat,” tutup Magdalena.