Pekan Ketiga Viar Jelajah Indonesia Timur Mengunjungi Timor Leste

  • Whatsapp

Tim VJIT bersama Kupang Trail Community di kota Kupang, NTT
Tim VJIT bersama Kupang Trail Community di kota Kupang, NTT (Foto:Fremgky)

Jelajah Indonesia Timur – Pekan ketiga jelang akhir perjalanan kegiatan ekspedisi Viar Jelajah Indonesia Timur (VJIT) yang telah berjalan sejak 1 Mei 2016 tim VJIT tengah memasuki Negara Republik Demokrat Timor Leste (RDTL).
Dengan misi untuk mengekplorasi keindahan alam dan ragam budaya Indonesia bagian timur empat anggota tim mengendari Viar CrossX200 GT pada pekan ketiga perjalannya Tim VJIT sudah mengunjungi tempat wisata yang sudah dikenal maupun yang belum terjamah seperti: Pantai Mali di Alor Utara, Monumen Kefamenanu yang terletak di Timor Tengah, Taman Wisata Alam Camplong, dan Gunung Inerie di Flores.
Selain mengunjungi obyek wisata sebagai bagian dari dari agenda untuk membuktikan kualitas sepeda motor Viar CrossX 200GT, Tim VJIT berkunjung dengan ke berbagai komunitas biker seperti Klub Adventure Alor, Klub Adventure Niki-niki, Klub Adventure Atambua, Kupang Trail Community, dan Trail Adventure Kupang.
Di titik pandang Oesoko, Timor Timur Utara, NTT
Di titik pandang Oesoko, Timor Timur Utara, NTT

Pada pekan ini yang menjadi titik fokus perjalanan tim VJIT adalah mencapai Republik Demokrat Timor Leste (RDTL). Perjalanan dimulai dari Alor menuju Kupang dengan menggunakan kapal penyeberangan 14 jam. Setelah mendarat kemudian menelusuri Soe menuju Kefa dan tiba di Wini.
Sebelum memasuki Republik Demokrat Timor Leste, tim terlebih dahulu harus melakukan registrasi di Kantor Imigrasi untuk meminta ijin. “Dikarenakan, sedikit kendala pada kelengkapan administrasitim hanya diperbolehkan berkendara memasuki wilayah RDLT hanya sejauh 5km,” kata Jenny Jean Team Leader Viar Jelajah Indonesia Timur.
Setelah selesai merasakan suasana RDLT, tim kemudian kembali. Dan tiba-tiba timbul masalah dimana GPS tidak dapat berfungsi baik, sehingga tim tersesat dan harus menempuh sejauh 460km selama 17jam perjalanan.
Jenny Jean menuturkan, perjalanan yang dilakukan minggu ini merupakan perjalanan yang paling melelahkan karena jarak yang ditempuh mencapai hampir 1.100km. “Walaupun letih, namun kami tetap bersemangat karena ini merupakan pengalaman pertama kami dan merupakan tantangan bagi kami untuk dapat menyelesaikan perjalanan ini,” tuturnya.

Kegiatan Viar Jelajah Indonesia Timur guna mengekplorasi keindahan alam dan budaya di wilayah Indonesia timur sekaligus untuk membuktikan ketangguhan trail Viar CrossX200GT dilaksanakan mulai dari tanggal 1 Mei 2016 dan akan berakhir pada tangal 30 Mei 2016. Agenda harian perjalanan dari tim Viar Jelajah Indonesia Timur, dapat diakses melalui www.viarjelajahindonesia.viarmotor.com.

Pos terkait