Transformasi Yamaha Scorpio Menjadi Scrambler Tracker

  • Whatsapp

DSC_9980Modifikasi Yamaha Scorpio – Tampilan sepeda motor model klasik memang selalu menarik, apalagi penejelmaan dari hasil karya dari hasil kustomisasi. Bisa tampil cantik, menarik sekaligus beda. Itulah impian  dari Jullizar Ario pemilik Yamaha Scorpio yang sekarang sudah bertransformasi menjadi Scrambler Tracker. Meskipun sang pemilik perlu membutuhkan waktu dua bulan untuk bisa menikmati hasil garapan rumah modifikasi Road Runner Home Garage yang mangkal di Pulogebang, Jakarta Timur .
Sebelumme impian Ario menjadi kenyataan, Dimas selaku builder muda penjaga gawang Road Runner Home Garage terlebih dahulumengajak diskusi santai  Ario terkait pola rancang bangun ubahan pada Scorpio untuk dirombak ekstrim namun tetap fokus pada fungsional dan kenyamanan. “ Rancangan akhir disesuaikan dengan postur pemiliknya,” ujar Dimas yang biasa di sapa Masdim.
DSC_9972
Ubahan pertama dilakukan pada bagian mesin, bersama asitennya Masdim meningkatkan kubikasi dapur penyokong tenaga menjadi 275 cc dari semula 225cc. Perubahan yang berimbas, mesin terasa enteng memutar roda besar perpaduan ban merk Coker 400 -18 di bagian depan dan 450-18 pada sisi belakang yang membalut pelk model jari-jari buatan TK Racing.
Selesai dengan ubahan pada dapur pacu, Dimas menggarap ulang rangka sesuai konsep motor  Scrambler  berpadu model Tracker. Bagian buritan rangka dipapas dan dibentuk ulang mengikuti ciri khas motor Scrambler. Soal berapa ukuran amputasinya  builder yang hobby dengan dunia motor klasik menutup rapat informasinya,”Rahasia dapur mas bro,” jawabnya dengan gaya bicara khas anak muda.
Masih di bagin buritan, swing arm asli kepunyaan Pio kudu pensiun dini, pelaksana tugas selanjutnya diserahkan kepada lengan ayun hasil garapan punggawa Road Runner Home Garage dengan desain meniru arm motor jadul. Komposisi dengan pasangan ban lebar dengan saptbor kustom terlihat nyentrik.
DSC_9946
Sedangkan peredam kejut belakang menggunakan produk YSS, sementara shock depan memanfaatkan milik juniornya, Yamaha Byson yang aslinya sudah berukuran besar. Agar bisa terpasang dengan baik Dimas kudu berkreasi mengakali komponen segitiga asli bawaan Scorpio.
Tangki bensin yang menjadi ciri khas motor batangan dibuat meniru bentuk motor Triump, saying Dimas enggan meyebutkan variannya. Lengkap dengan aksesoris karet pada sisi samping tangki bensin dan tutup tangki alumunium model ulir.  Meperkuat kesan motor klasik, motor dilabur cat hitam dan penyematan pernik-pernik motor klasik hasil kustomisasi seperti pesanan pemiliknya.

“Tampilan motor klasik dengan perpaduan hasil kustom, sangatlah cantik, nyentrik dan menarik,” ujar Ario, sang empunya Black Matt Scrambler Tracker, julukan baru Scorpio-nya. Dakui jika tampang motor klasik selalu membuat hati tergelitik ketika menatapnya. Apakah Anda tergoda?

Pos terkait