Trend  Kendaraan Sport Utility Vehicle di Bulan Maret 2016

  • Whatsapp

CatalogueAllNewPajero210x297
AllNewPajero

Mobil – SUV (Sport Utility Vehicle) melaju menjadi primadona baru. Pada bulan Maret, seperti dirilis oleh Isentia (perusahaan menyediakan informasi, analisis, dan konsultasi media) menyebutkan sejumlah media menampilkan isu pergeseran pasar MPV (Multi-Purpose Vehicle) ke SUV (Sport Utility Vehicle). Sedikit gambaran, tahun lalu market share segmen ini tumbuh 18,7%. Dengan kata lain, pesatnya pertumbuhan ini menjadi penyumbang yang tidak kalah penting bagi pabrikan mobil di Indonesia.
Kertertarikan masyarakat terhadap SUV selain lebih dinamis dan kapabilitas teknis, kendaraan ini juga dianggap dapat memenuhi kenyamanan MVP.  Beberapa pabrikan merespon tren ini dengan manuver tidak terduga. Mazda telah berencana menghentikan produksi MPV seperti Mazda5, Mazda8 dan Biante akhir tahun ini seiring naiknya pamor SUV. Sementara Honda mengombinasikan fitur MPV dan SUV ke dalam BR-V serta HR-V.
Pasar SUV di kuartal pertama makin menarik karena ada head to head antara All New Pajero Sport dan Fortuner yang merupakan salah satu garda depan SUV nasional. All New Pajero Sport lebih mendominasi pemberitaan dibandingkan Fortuner dan Everest.  Dari 397 total cakupan media yang membicarakan ketiga merk tersebut, SUV milik Mitsubishi mendapat sebanyak 82.6% sorotan media, sementara Fortuner hanya mendapat 16.6%, dan Everest sebanyak 0.7%.
Faktor yang menarik perhatian Pajero Sport bagi media diantaranya adalah Gubernur Basuki Tjahja Purnama atau Ahok yang lebih menyukai SUV All New Pajero Sport dibanding Fortuner bahkan BMW X6. Dan penyebab lain, kampanye pengenalan Pajero di beberapa kota di Indonesia. Belum lagi jika kita ingin berbicara segmen SUV kelas luxury. PT Grandauto Dinamika (GAD) yang memegang merk Bentley, Jaguar dan Land Rover sudah bersiap mencari peruntungan di segmen Luxury SUV di Tanah Air.
SUV chart Mar 2016
SUV chart Mar 2016

Sebelum GIIAS, GAD rencananya sudah merilis Bentayga, SUV dari Bentley yang digadang-gadang termahal di dunia. Jaguar pun akan merilis SUV pertamanya yakni Jaguar F-Pace. Dan Land Rover akan hadir dalam model baru tahun ini, yaitu Range Rover Evoque versi Facelift dan Convertible.  Toyota Harrier dan Lexus RX juga tidak ingin kelewatan  memamerkan seri terbarunya di tahun 2016, sementara dua brand tersebut sudah cukup favorit di masyarakat yang mengidolakan SUV premium.
Isu yang tidak kalah penting adalah faktor eksternal. Percepatan belanja infrakstruktur pemerintah disinyalir dapat membangun kepercayaan diri produsen otomotif, investor dan masyarakat. Ditambah, penurunan BI rate dalam bulan Maret tahun ini akan memiliki efek domino terhadap sektor industri otomotif.
Setelah BI menurunkan suku bunganya menjadi 6,75 persen diharapkan dapat membantu masyarakat dalam pembiayaan kendaraan bermotor. Melihat atmosfir ini, maka lengkap sudah bagaimana pabrikan saling berlomba memanfaatkan SUV yang tengah jadi buah bibir media dan masyarakat hari ini.