Kembalinya Street Bobber Yamaha XS 650

  • Whatsapp

DSC_8858Autorevindonesia.com-Senangnya Nedo setelah sekian lama impian memiliki sepeda motor klasik model Street Bobber menjadi kenyataan. Betapa tidak, dari semula hanya memiliki sebongkah mesin Yamaha XS 650 buatan tahun 1971 sekarang sudah menjelma sosok sepeda motor seperti imajinasinya berkat berdiskusi santai dengan Andy Akbar dari rumah modifikasi Katros Garage.

Andy Akbar yang biasa disapa Ateng mempunyai kepuasan tersendiri setelah wujud kreasi Street Bobber bisa berpindah ke garasi rumah Nedo di Ragunan, Jakarta. Setelah empat bulan berkutat di bengkelnya dengan ketekunan dan kesabaran ekstra, sekarang Ateng bisa tersenyum gembira menatap karyanya menjadi magnet di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016.

Bacaan Lainnya

DSC_8852

Karena hanya dibekali mesin,  Katros Garage merancang dari awal sasis yang bakal menjadi tumpuan. Berkat pengalamannya Ateng berhasil merealisasikan imajinasinya. “Selain dengan buku referensi, saya juga minta bantuan mbah Google,” ucap modifikator muda dengan gaya bicara kekinian.

Kelar urusan sasis, penyuka topi ini mendesain tangki bensin sebagai identitas motor batangan. Agar lebih terkesan retro, lapisan akhir menggunakan vernekel. Terlihat cling sekaligus kokoh. Laburan chrome juga menghiasi buritan yang dirancang model duck tail alias buntut bebek.

Mesin silinder ganda tetap dipertahankan sesui karakternya. Hanya dipoles agar terlihat lebih resik dan rapi. Knalpot aslinya yang sudah pergi entah kemana, dipasang knalpot megaphone model jadul buatan Katros Garage yang dibuat terpisah . Masing-masing dipasang disisi kiri dan kanan.

DSC_8850

Mengimbangi mesin besar, bagian kaki depan diaplikasikan garpu milik Yamaha Byson. Tipikal shock Byson aslinya sudah besar  dipasang lengkap dengan piranti rem cakramnya guna mendukung pemasangan ban ukuran gendut Coker 185-19. Sementara pelindung cipatran air minimalis hasil kustom dilapis warna mengkilap vernekel.

Pindah kebagian atasnya, segitiga buatan Ateng disandingkan stang model jepit lengkap dengan atribut model kuno. Sementara piranti penujuk informasi kinerja mesin dan spion terlihat absen pada tempatnya. Menyandang model Street Bobber , roda belakang super besar ukuran 185-16 dipadu pelk TK model jari-jari dibiarkan sesuai warna aslinya.

DSC_8856

Berhasil menghidupkan kembali gelondongan mesin XS 650, pada pameran IIMS sang builder memberikan tempat khusus. “Baru pertama saya membangun motor umurnya jauh lebih tua dari saya, makanya ditempatkan di panggung supaya tidak kualat,” tutur builder muda yang ramah.

Kesuksesannya menghidupkan kembali Xs 650 dari tidur panjangnya semoga bisa menjadi inspirasi bagi para modifikator muda Tanah Air.

Pos terkait