IIMS 2016 Jadi Solusi Menggebrak Pasar Otomotif Indonesia

  • Whatsapp

unnamedAutorevindoensia.com – Pameran bergengsi  Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 menjadi  pembuka geliat dunia otomotif di Indonesia tahun 2016. Pameran  akbar yang akan berlangsung di  JIExpo, Kemayoran, Jakarta, 7 – 17 April 2016 diikuti hampir semua APM (Agen Pemegang Merek) kendaraan bermotor roda empat dan dua  terdiri dari 18 merek mobil dan 8 merek motor, sementara merek lain tengah menyelesaikan segala sesuatunya hingga akhir Maret.

Secara umum bisnis otomotif di Nusantara masih belum menunjukkan perkembangan yang menggembirakan dibandingkan pangsa pasar pada periode yang sama tahun 2015.Dari  data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) dari seluruh anggotanya.

Bacaan Lainnya

Total angka penjualan mobil pada Januari, misalnya, hanya mencapai 84.885 unit. Turun 9,9% dibandingkan periode sama pada 2015. Hal sama dialami pemain roda dua. Realisasi penjualan sepeda motor terjual sepanjang Januari 2016 hanya 416.263 unit. Menukik 17,2% dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencatatkan angka 502.783 unit.

Secara umum, publik belum menjadikan kendaraan baru sebagai kebutuhan pasca tahun baru 2016 sembari menunggu produk-produk baru yang menggelinding di pertengahan tahun yang kebetulan bertepatan dengan bulan suci Ramadhan pada Juni nanti.

Sebelas hari tampil di pameran otomotif  terbesar dan terbaik di Indonesia ini menjadi kesempatan emas produsen untuk berinteraksi dan bertransaksi langsung dengan konsumen. Semuanya akan total berpromosi dengan paket-paket spesial guna memanjakan calon pembelinya.

“Sejauh kesan yang kami tangkap, rata-rata produsen memang mematok IIMS 2016 sebagai sarana penting untuk mendongkrak penjualan di Semester I tahun ini. Semuanya akan bermain total untuk mencetak goal masing-masing. Tugas kami tinggal menyiapkan venue yang representative, konsep pameran yang mumpuni dan program-program unggulan sebagai pendukung acara,” kata Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh dalam sesi jumpa pers di Jakarta, Selasa (15/3).

Hendra mengakui ada rencana sejumlah APM untuk me-launching produk teranyarnya pada perhelatan ini sebagaimana tradisi pada IIMS sebelumnya yang menjadi ajang promosi produksi dan teknologi terbaru dunia otomotif. Hanya saja ia tak ingin mendahului membocorkan unit-unit unggulan masing-masing APM guna menjaga unsur surprise yang diinginkan produsen.

Karena itu Hendra yang akrab dipanggil Kohen dalam komunitas otomotif nasional ini sama sekali tak mau menanggapi isu santer seputar peluncuran perdana produk tertentu. “Tunggu sajalah kejutan dari masing-masing APM. Entah itu launching produk atau varian baru, yang pasti publik sudah menanti-nanti,”  tambah Hendra.

Pos terkait