Apa Fungsi dan Tujuan  Yellow Box Juction?

  • Whatsapp
User comments
Yellow Box Juction

Autorevindonesia.com – Sekarang dipersimpangan jalan sudah banyak terdapat marka jalan berbentuk bujur sangkar atau empat persegi panjang berwarna kuning. Marka jalan ini disebut Yellow Box Junction (YBJ). Apa tujuan dari dipasangnya  marka YBJ ini?

“Yellow Box Juction berfungsi sebagai kawasan kosong tanpa kendaraan atau benda penghalang lainnya. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kemacetan disalah satu jalur yang berakibat terjadinya kepadatan arus kendaraan di jalur lain yang sebenarnya tidak macet,” terang Kompol Endah Susilowati, Kasi Sarana Sarana Angkutan Dikyasa Polda Metro Jaya.

Bacaan Lainnya

User comments
Kompol Endah Susilowati, Kasi Sarana Sarana Angkutan Dikyasa Polda Metro Jaya.

Lebih lanjut beliau menjelaskan, misalnya terjadi kepadatan arus lalu lintas didalamnya maka pengguna kendaran bermotor lainnya yang masih berada diluar marka Yellow Box Juction harus berhenti menunggu hingga kemacetan terurai. Pengendara baru bisa masuk Yellow Box Juction jika kendaran yang berada didalamnya sudah keluar, meskipun lampu lalu lintas sudah hijau. Pengendara harus berhenti jika masih ada kendaraan didalam area kotak kuning tersebut.

YBJ sangat berguna di persimpangan jalan dengan lalu lintas padat, dimana adanya YBJ ini diharapkan kemacetan dipersimpangan tidak terkunci.

“Bagi pengendara yang dengan sengaja tetap memaksakan kendaraanya menerobos marka YBJ, padahal masih ada kendaraan lainnya di dalam meskipun traffic light sudah menyala hijau bisa dikenakan sangsi bukti pelanggaran atau tilang,” papar Endah.

Ketentuan ini termuat dalam penjelasan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009  tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pasal 287 (1) juncto Pasal 106 (4) huruf a dan b yang berisi tentang rambu-rambu lalu lintas dan harus berhenti dibelakang garis stop.

“Pelanggarnya dapat dikenakan hukuman pidana kurungan dua bulan penjara atau denda Rp 500.000,-.” tutur Endah.

Pos terkait