Kia Motors Perkenalkan Program ‘DRIVE WISE’

  • Whatsapp

Kia DRIVE WISE
Kia DRIVE WISE

Autorev -Memulai debutnya di Consumer Electronic Show 2016 (CES) di Las Vegas pada tanggal 6-9 Januari 2016, teknologi DRIVE WISE dari Kia Motors mulai diperkenalkan. Diciptakan untuk mengembangkan keselamatan seluruh pemakai jalan, DRIVE WISE membuat Kia dapat memperkenalkan teknologi keamanan yang cerdas pada tipe model masa depannya, membantu untuk mengurangi potensi berbahaya dan kebosanan saat berkendara dan juga mengurangi rasa bosan dalam bekendara.
Kia Motors memperkenalkan program terbaru, ‘DRIVE WISE’, yang mencakup Advanced Driver Assistance System (ADAS) masa depan. DRIVE WISE menerapkan filosofi Kia dalam mewujudkan kendaraan cerdas dan aman didukung teknologi terbaru Kia dan teknologi ADAS masa depan. Baru-baru ini Kia mengumumkan rencana untuk memproduksi kendaraan partially autonomous di tahun 2020 dan bermaksud untuk membawa kendaraan fully-autonomous ke pasar pada tahun 2030
Kia di event CES 2016
Apa yang diperkenalkan Kia di CES 2016, menggambarkan perkembangan teknologi mengemudi otonom, dimulai dari model kendaraan yang sudah ada saat ini sampai dengan fitur mutakhir yang akan dikembangkan selama 15 tahun ke depan di bawah naungan ‘DRIVE WISE’. Pameran memberikan kesempatan para pengunjung untuk mendapatkan pengalaman berkaitan dengan teknologi generasi terbaru serta konsep-konsep baru dalam display yang interaktif.
Tae-Won Lim, Senior Vice Preseident, Central Advanced Research and Engineering Institute of Hyundai Motor Group berpendapat, “Kia sedang menjalani proses bertahap dan sangat menjanjikan dalam memperkenalkan teknologi partially autonomous dan fully autonomous pada produk-produknya. Walaupun sebenarnya kendaraan fully autonomous tidak akan tersedia dalam waktu dekat. Tim R&D kami sedang melakukan pengembangan jangkauan teknologi DRIVE WISE sehingga dapat meningkatkan keamanan di jalan dan mengembangkan driver assistance. Inovasi yang dihadirkan pada pameran tahun ini menunjukkan arah masa depan yang akan kami ambil.”
Kia Soul EV Autonomous Vehicle_Traffic Jam Assist
Teknologi DRIVE WISE Untuk Kenyamanan
Pada tahun 2020, Kia bermaksud untuk memperkenalkan kendaraan partially-autonomous pertama dengan mengusung teknologi “DRIVE WISE’ yang dibangun melalui sistem driver-assistancei.
Teknologi canggih ini mempersiapkan pengemudi pada level kesadaran terbaiknya, mengantisipasi dan bereaksi sesuai kondisi jalan dan potensi bahaya untuk meningkatkan keamanan semua pengguna jalan. Dengan membantu mengurangi adanya bahaya lanjut, stress dan kesulitan mengemudi di jalan, DRIVE WISE memungkinkan penggunanya lebih fokus pada rasa kenyamanan dalam mengemudi.
Teknologi DRIVE WISE dari Kia yang ditampilkan pada event Consumer Electric Show 2016 (CES) termasuk Highway Autonomous Driving, Urban Autonomous Driving. Preceding Vehicle Following, Emergency Stop System, Traffic Jam Assist dan Autonomous Parking& Out Function:
  • Highway Autonomous Driving (HAD) berfungsi sebagai kombinasi radar dan sistem deteksi kamera untuk menafsirkan marka jalan dan memungkinkan mobil untuk tetap di jalur atau beralih ke jalur lain untuk mendahului kendaraan atau bahkan mengikuti jalan yang berbeda, semua tanpa arahan pengemudi.
  • Urban Autonomous Driving (UAD) mengaplikasikan GPS dan sensor untuk mengidentifikasi posisi mobil di depan dan memungkinkan untuk menavigasi secara aman melalui lingkungan perkotaan yang padat dalam menanggapi situasi lalu lintas terkini.
  • Preceding Vehicle Following (PVF) merupakan penyempurnaan sistem jalur tetap yang mengawasi kendaraan di depannya karena kendaraan memiliki kemampuan untuk memprediksi kondisi: menjaga jarak aman jika marka jalan yang tak terbaca karena kondisi buruk atau tata letak jalan.
  • Emergency Stop System (ESS) beroperasi bersamaan dengan sistem Driver Status Monitoring (DSM) bekerja melalui analisa wajah pengemudi, memastikan perhatian mereka tidak terlalu lama menyimpang dari jalan. Jika terdeteksi mata pengemudi memandang bukan ke arah jalan terlalu lama, ESS dapat secara otomatis mengarahkan mobil ke sisi jalur yang tepat dan memberhentikannya.
  • Traffic Jam Assist (TJA) bertujuan untuk memantau kendaraan di depan saat kondisi lalu lintas padat, menjaga jarak aman dari kendaran di depan dan pindah ke jalur yang tepat untuk mendapatkan jalan.
  • Autonomous Valet Parking mengizinkan pengemudi untuk keluar dari mobil dan membiarkan kendaraan parkir sendiri, ini bisa dilakukan dengan menggunakan smart key atau smartwatch

Teknologi DRIVE WISE memang dirancang untuk membuat berkendara lebih aman dan mudah berkat kemampuannya mengidentifikasi bahaya sedini mungkin dan memungkinan pengemudi atau mobil untuk mengambil tindakan tepat. Meskipun pengemudi dapat menghindari hal tesebut dengan kontrol langsung serta memungkinkan pengaturan lebih dekat dari mobil sesuai keinginan.
 
Interaksi Kendaraan Generasi Terbaru
Teknologi DRIVE WISE juga memfasilitasi komunikasi dan interaksi antara pengemudi dan kendaraan melalui Human Machine Interface (HMI), seperti gesture control, fingerprint sensors dan smart-device connectivity.
HMI dari Kia kerjanya didasarkan pada konsep ‘blind control  dengan fingerprint touchpad dan gesture recognition yang digunakan untuk mengoperasikan kontrol mobil. Secara otomatis mengenali preferensi pengemudi pada saat start up –berdasarkan sidik jari atau smartwatch pengemudi- mobil dapat segera merubah suasana kabin untuk pengemudi sesuai dengan musik kesukaan, suhu AC serta jenis informasi yang ditampilkan akan ditampilkan pada layar I-Cockpit.
Bahasa tubuh pengemudi dikenali oleh I-Cockpit jika mereka ingin mengubah pengaturan apapun dalam kabin, semua bisa dilakukan tanpa harus mengalihkan pandangan mata dari jalan.
Kia Soul EV Autonomous Vehicle_Group
Kia DRIVE WISE di Uji di Jalanan Nevada
Kia berencana menginvestasikan dana sebesar US$ 2 miliar pada tahun 2018 untuk mempercepat pengembangan teknologi baru DRIVE WISE. Nevada, salah satu negara bagian Amerika Serikat baru saja memberikan lisensi khusus untuk menguji teknologi baru di jalanan umum. Semua kendaraan listrik Kia Soul EV (mobil listrik pertama yang dijual secara global) sebagai mobil pertama dalam pengembangan teknologi DRIVE WISE, mobil akan dibawa jalan-jalan di sekitar Death Valley.
Kia I-Cockpit (2)
Fully-Autonomous Dipasarkan 15 Tahun Lagi
Kunci dari teknologi DRIVE WISE Kia adalah pengembangan sistem komunikasi vehicle-to-everything (V2X). Dalam mengembangkan teknologi partially-autonomous, ADAS akan terus dikembangkan sehingga dapat membawa ‘self driving car’ yang sesungguhnya pada 2030nanti.  V2X pun harus sepenuhnya terintergarasi dengan lingkungan jalan secara lengkap hingga mobil dapat bereaksi selayaknya dengan pengemudi manusia.
V2X mengaplikasikan serangkaian sensor, radar, LiDAR (Light Detection and Ranging) dan kamera eksternal untuk memahami lingkungan sekitarnya, agar mobil bisa tetap gesit layaknya pengemudi manusia. SIstem ini menggabungkan teknologi kendaraan dengan kendaraan (vehicle to vehicle atau V2V) dan kendaraan dengan infrastruktur (vehicle to infrastructure atau V2I), memungkinkan mobil untuk mengenali, menilai, dan mengontrol setiap sekenario mengemudi, rintangan atau potensi bahaya.

Pos terkait