Mencicipi Performa New Honda Sonic 150R

  • Whatsapp

DSC_2946Autorev- New Honda Sonic 150R yang menjadi babak PT Astra Honda Motor (AHM) memenuhi keinginan konsumennya sepeda motor bebek berkarakter sport dengan beragam kelebihan yang disematkan. Menjadi kesempatan istimewa bagi rekan media untuk merasakan performa jagon baru Honda usai diperkenalkan.
Bertempat di area parkir barat JIEXPO, Kemayoran,(05/08) yang disulap menjadi lintasan uji coba bagi rekan media mencicipi performa New  Honda Sonic 150R. Sayang lintasan yang pendek  hanya bisa merasakan sedikit performa dibalik bengisnya detak jantung mekanis  berkapasitas 150cc.
Konsep desain tampilan agresif dengan bodi ramping dan atletis memiliki dimensi kompak memberikan ergonomi berkendara bebek jantan keluarga baru Honda yang baru lahir ini terasa pas untuk postur rata-rata remaja setinggi 160an cm yang menjadi target market. Dan kebetulan tester autorevindonesia.com memiliki postur 162cm sehingga bisa mewakili calon konsumen yang di bidik New Sonic 150R.
Dengan pola pengoperasian gigi percepatan seperti umumnya motor sport. Lontaran torsi dan semburan tenaga pada posisi gigi percepatan satu ,dua dan tiga terasa sangat responsif. Meskipun ‘nafas’ terasa pendek bersamaan tercapainya batasan limit putaran mesin yang dikawal ECU. Terasa khas mesin yang memiliki 6 tingkat gigi percepatan seperti Suzuki Satria FU 150. Namun New Honda Sonic 150 R  terasa mempunyai rentang nafas lebih unggul.
Bodi singset New Honda Sonic 150R turut menyumbang kemudahan bagi pengendara mengendalikan stang melintasi rintangan, seperti yang dirasakan  ketika menaklukan simulasi melaju di tikungan sempit dan ber zig zag pada lokasi uji coba.
Penerapan desain panel meter digital dalam tiga kluster yang simpel terintegrasi dengan sajian informasi lengkap seperti kecepatan, putaran mesin dan posisi gigi percepatan yang mudah dipantau oleh pengendara.
Pendeknya jalur lintasan arena test ride hanya bisa mengajak berlari bebek sport ini sampai posisi gigi percepatan ketiga dengan meraih angka 70 km/jam. Selebihnya mengikuti alur untuk menemaninya berlenggok di tikungan dan berliku di antara jejeran kerucut pembatas.
Banyaknya unit yang disediakan AHM sebagai kendaraan uji coba menjadi penawar sedikit rasa penasaran mersakan galaknya performa New Honda Sonic 150R dengan memanfaatkan sisi luar lintasan yang memiliki trek cukup panjang.
Hasilnya, dari beberapa kali di hela akhirnya bisa merasakan kecepatan 100 km/ jam. Cukup menjadi penawar rasa penasaran. Justru disinilah terasa adanya keanehan pada performa mesin. Setelah membuka jok ternyata bahan bakar yang digunakan Premium. “Justru untuk membuktikan bahwa New Honda Sonic 150R masih bisa mengkonsumsi Premium,” ungkap salah satu tim Safety Riding Honda.
Sedikit kekurangan pada bagian rem depan. Terasa kurang kemampuannya menahan laju kendaraan, salah satu peneyebabnya mungkin karena menerapkan kaliper satu piston. Sedangkan rem belakang jelas mumpuni.
Selebihnya ‘bebek besi sport’ ini memiliki banyak kelebihan, termasuk tampangnya. Tentu bisa menjadi prioritas untuk Anda pinang dan bersiaplah menjadi pusat perhatian.

Pos terkait