IIMS 2015 The Essence of Motor Show

  • Whatsapp

image004Autorev  – Hajatan akbar dunia otomotif untuk pelaku bisnis, konsumen, pehobi dan masyarakat umum. Seperti itulah wajah baru Indonesia International Motor Show 2015 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada tanggal 20 – 30 Agustus 2015. Benar-benar mengejawantahkan The Essence of Motor Show sebagai tagline baru IIMS 2015 dan secara tegas membedakannya dengan pameran sebelum dan sejenisnya.
Mulai edisi 2015, manajemen PT Dyandra Promosindo selaku penyelenggara IIMS 2015 melakukan perombakan besar dalam perhelatan akbar pameran otomotif ini. Lebih dari sekedar pameran dan ajang transaksi, tetapi menjadi sebuah ruang besar yang mengintegrasikan semua elemen dan budaya otomotif. Kepentingan bisnis, industri, hiburan, edukasi, dan aspek sosialnya dirangkum menjadi satu dan dikemas sedemikian rupa. Glamor dari sisi display produk baru namun pada sisi lain juga merakyat karena melibatkan hampir seluruh aspek keseharian otomotif Indonesia. Mulai dari komunitas berlevel Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang sesungguhnya memiliki peran penting memajukan industri otomotif nasional, sampai dengan industri pendukung yang berteknologi tinggi.
“Hari ini kami pastikan The Essence of Motor Show bisa dilaksanakan 100% pada penyelenggaraan tahun ini. Kami bersyukur konsep baru itu bisa tereksekusi mulus dan disambut positif oleh berbagai pihak. APM maupun non-APM yang akan mendisplay berbagai produk otomotif mutakhir dan stakeholders yang secara langsung membantu memeriahkan acara IIMS ini. Sekitar 50 brand mobil dan motor sudah pasti tampil dengan berbagai varian unggulan,” ucap Hendra Noor Saleh yang akrab disapa KoHen, Direktur PT. Dyandra Promosindo dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (4/8).
Beberapa merek mobil yang sudah dipastikan bergabung di IIMS 2015 adalah Alfa Romeo, AUDI, BMW (Arys Auto Gallery & Alvin Motor), Chevrolet (Nusantara), Chrysler, Datsun, Dodge, Ferrari (Alvin Motor), Fiat, Ford, Honda, Harrier (Arys Auto Gallery & Alvin Motor), Hyundai, Isuzu (Autocipta), Jaguar, Jeep, KIA, Lamborghini (Alvin Motor), Land Rover, Lexus (Arys Auto Gallery), Mazda (Nusantara), Mercedes Benz, MINI (Maxindo), MOPAR, Nissan, Porsche (Arys Auto Gallery & Alvin Motor), SRT, Suzuki (Sun Motor), Toyota (Astrido), VW. Sementara untuk kendaraan roda dua sendiri dipastikan turut memeriahkan adalah Benelli, BMW Motorrad Indonesia (Maxindo), Ducati, Harley Davidson, Honda (Wahana), Husqvarna, Italjet, KTM, Kawasaki (Wahana), Peugeot Scooters, Piaggio (Meta Dwiguna), Suzuki (Wahana), SOIB (Hobby Motor), SYM (Wahana), Yamaha dan Zero Motorcycle.
KoHen menambahkan, lebih dari 50 supporting event telah disiapkan untuk menambah kemeriahan IIMS 2015. Salah satu yang pasti sudah ditunggu-tunggu adalah konser musik Ariana Grande The Honeymoon Tour tanggal 26 Agustus 2015. Ada pula Movie Cars yang hadirkan mobil-mobil terkenal lewat film-film Hollywood, parade mobil-mobil klasik, Drift War III, atraksi freestyle berkelas dunia dan banyak lagi.
“Total Football kalau dalam istilah olahraga sepak bola. Kami benar-benar maksimal memberikan informasi terkini perkembangan otomotif dan disaat yang sama juga memberikan edukasi dan hiburan yang tidak akan terlupakan,” lanjut KoHen.
Belasan Brand Sepeda Motor
Pada IIMS 2015 kali ini, wajah pameran juga berubah dengan hadirnya pemain industri sepeda motor. Baik dari sepeda motor yang sudah menjadi pemandangan dan konsumsi masyarakat sehari-hari hingga sepeda motor berkapasitas besar (moge). Keseluruhan peserta dari industri sepeda motor ini akan bersatu dan berperan penting menyukseskan IIMS 2015 karena diyakini akan menggelorakan pangsa pasar tersendiri yang selama ini kurang terjamah oleh IIMS.
“Saya melihat ceruk pasar sepeda motor merupakan kelompok raksasa tersendiri yang selama ini kurang mendapat porsi pada IIMS. Di IIMS 2015 ini, hampir seluruh merek sepeda motor yang dijual di Indonesia akan hadir. Dari kapasitas mesin yang kecil hingga berkapasitas setara mesin mobil akan menyuguhkan produk-produk unggulannya,” terang KoHen.
Atraksi Graham Jarvis dan Rok Bagoros
Untuk menjaga bobot penyelenggaraan, Dyandra menggandeng berbagai pihak untuk pelaksanaan sejumlah acara. Salah satu partner utama adalah Grand Prix International (GPI), penyelenggara tahunan Bangkok International Motor Show (BIMS). Dr. Prachin Eamlumnow, sebagai Presiden dan CEO GPI Thailand, akan hadir di IIMS 2015 bersama TAPMA dan TAPA (asosiasi komponen Thailand), beserta koleksi mobil langka Dr. Prachin dan Miss Bangkok International Motor Show.
Dapurpacu.com akan menggawangi event Drift War III, Supermoto dan semua aspek yang berbau motorsport. Sedangkan Otomotif Group akan mengelola Parade Test Drive & Ride, Otobursa Premium, Gajah Monster, Bazaar Bagasi dan sebagainya.
Pengprov IMI DKI akan mendatangkan Graham Jarvis sang juara dunia enduro dan extreme offroad asal Inggris. Bintang lainnya, stunt rider Internasional asal Slovenia, Rok Bagoros. Dua rider internasional ini akan melakukan atraksi pada dua akhir pekan. Graham Jarvis akan memukau pengunjung di akhir pekan pertama tanggal 21-23 Agustus 2015, sementara Rok Bagoros akan menutup akhir pekan kedua IIMS tanggal 28 – 30 Agustus 2015.
“Kami sudah deal dengan Husqvarna dan KTM untuk mendatangkan Graham Jarvis dan Rok Bagoros ke IIMS 2015. Tak hanya melakukan aksi freestyle, Jarvis dan Bagoros juga akan memberikan pelatihan. Ini kesempatan langka yang bisa dimanfaatkan untuk menimba ilmu oleh freestyler dan offroader Indonesia,” kata A. Judiarto, Ketua Pengprov IMI DKI.
Event lain yang tak kalah menarik adalah aksi mobil-mobil offroad yang ditangani langsung oleh IOF (Indonesian Offroad Federation). Sepanjang perhelatan IIMS 2015, IOF akan memamerkan beragam mobil offroad maupun mobil rescue yang sudah menjelajah berbagai medan berat. “Dengan kerjasama ini kami juga berharap bisa menghidupkan kembali salah satu cabang offroad, yakni Rock Crawling,” ucap Askar Kartiwa selaku Ketua IOF. Rock Crawling sendiri telah absen di Indonesia selama lebih dari 5 tahun.
Event tahunan yang kali ini bersinergi ke dalam pesta IIMS 2015 adalah The 8th Otoblitz Indonesia Classic Car Show: All About the Classic Culture persembahan Otoblitz Media Synergy yang bekerjasama dengan Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI). Otoblitz akan menghadirkan line up mobil-mobil klasik terlengkap dan terbesar di Asia Tenggara.