Program GIIAS Edurace Ajak Pelajar Kunjungi Pabrik Mobil

  • Whatsapp

8ba85261-d4c4-4e6b-82e9-d1b392fdd565Autorev-Melalui program Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 Educare, Gaikindo kembali menekankan pentingnya memberikan pendidikan dan wawasan tentang industri otomotif bagi generasi penerus Indonesia dengan menyelenggarakan program Students Visit to Assembly Plant.
Kunjungan Pabrik ini merupakan salah satu bagian dari program Educare yang didedikasikan untuk pelajar SMU/SMK di wilayah Jabodetabek. Kunjungan pertama telah dilakukan pada hari Selasa, 28 Juli 2015, pabrik PT Suzuki Indomobil Motor yang berlokasi di Cikarang dikunjungi oleh kurang lebih 50 orang siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Tangerang.
“Kami sangat berterima kasih atas kerjasama yang terjalin dengan GIIAS pada kunjungan pabrik kali ini.  Kunjungan ini merupakan sebuah media bagi para siswa untuk mengetahui lebih jauh tentang dunia otomotif.  Kami berharap hal serupa dapat terus terjalin di kemudian hari,”  ungkap Yudonendito, Assistant to Department Head of body Assembly Production di Cikarang.
Acara kunjungan dimulai dengan factory tour, dimana setiap peserta dilengkapi dengan Alat Pengaman Diri (APD) dan receiver sebagai media untuk menyampaikan penjelasan selama berada di dalam pabrik.  Peserta dibagi dalam dua kelompok dan menjelajahi beberapa area pabrik mulai dari bagian Powertrain, dimana paserta dapat melihat bagaimana proses pembuatan engine dan transmisi mobil hingga proses perakitannya.  Selanjutnya, peserta diajak melihat area Body Assembly Production, mulai dari bagian Pressing & Welding, hingga perakitan bodi mobil dan Final Inspection.
Salah satu siswa dari SMKN 2 Tangerang, Danu Ramadani mengungkapkan kekagumannya setelah mengikuti rangkaian acara ini. “Pabriknya sangat luas dan alat-alatnya sangat canggih”, tutur Danu. Hal ini disampaikan pada saat tanya jawab yang meperlihatkan antusiasme para siswa terhadap dunia otomotif dan pabrik Suzuki.
Pada 29 Juli 2015, program GIIAS Educare Students Visit to Assembly Plant bersama SMKN 5 Jakarta berkesempatan mengunjungi pabrik baru PT. Isuzu Astra Motor Indonesia, yang berlokasi di Karawang. Pelajar SMKN 5 Jakarta disambut langsung oleh Bapak Ujang Aziz, Department Head Assembly Plant dari Isuzu Astra Motor Indonesia.
Andy Wismarsyah, Presiden Direktur PT Seven Events selaku penyelenggara Pameran GIIAS 2015, mengatakan, ”Kami harap melalui program ini siswa dapat memperluas pengetahuan dan pemahaman mengenai disiplin ilmu disertai penerapannya pada dunia industri otomotif secara riil sehingga mampu mempersiapkan diri pada dunia kerja nanti,” ujarnya.
Andy juga menjelaskan memaparkan selain Students Visit to Assembly Plant tahun ini program sosial Gaikindo lewat GIIAS Educare guna memotivasi generasi penerus industri otomotif Indonesia juga akan mencakup Travelling & Teaching, Book Donation, Studentss Day, dan Tools for School.