Menguras Kesaktian All New Soul GT 125 di Kebumen (2)

  • Whatsapp

20150720_142702Autorev- Setelah ‘menyiksa’ ditanjakan dan medan off road menuju pantai TPI Pasir dan Pasir Indah kembali Soul GT 125 kudu menuruti kegilaan rider autorevindonesia.com diajak merayap di aspal selatan Kebumen, Jawa Tengah dengan geografis menantang menuju Pantai Menganti. Melibas jalur sempit dengan ragam tanjakan dan turunan dikombinasi tikungan tajam model chicane.
Disini skutik ganteng ini dipaksa menunjukkan power dan torsi yang tersimpan dibalik dapur pacu 125cc berbalut teknologi Blue Core sepanjang puluhan kilometer menaklukan medan yang sangat menantang menuju ‘Bali-nya’ Kebumen.
Sebagai pengujian yang sesunggunya tidak ada pengecekan sama sekali pada ‘si merah’ sejak dipacu dari Jakarta. Lampu MIL yang mengindikasikan adanya ketidak beresan pada tunggangan di abaikan. Satu-satunya yang selalu di pantau adalah indikator bahan bakar. Pengujianpun dilakukan hanya berdua dengan boncenger, namun demikian di tempat istirahat selama di Kebumen sudah dipersiapkan tim rescue lengkap dengan mobil yang siap bergerak kapan saja.
Meskipun lapisan aspal terbilang bagus, pada jalur ini tidak ada kesempatan untuk memacu si ‘red victory’ dikarenakan ruas jalan yang sempit berkelok, menanjak dan turunan berbatasan langsung dengan tebing dan jurang disisi sampingnya. Kondisi ini jelas menguras tenaga dan torsi Yamaha All New Soul GT 125. Kesabaran ekstra menjadi kunci berkendara, sedikit lengah bersiaplah masuk jurang disisi badan jalan.
125
Keluarga baru skutik Yamaha dengan tampilan lampu depan layaknya tokoh super hero Iron Man ini ternyata sukses mengikuti kehendak rider. Layaknya super hero, meskipun dalam kondisi kurang optimal skutik keluarga baru Yamaha ini mumpuni menyisir lintasan selatan hingga puncak bukit Karang Duwur untuk rehat sejenak mengintip keindahan pantai Menganti.
Setelah menikmati jalur menurun menuju pantai Menganti, saatnya memanjakan indera dengan indahnya tebaran perahu nelayan dengan segala aktivitasnya di atas hamparan pasir putih. Menikmati kuliner khas tepi pantai sambil menikmati panorama Tebing Keteb Bidadari.
Barisan dinding batu cadas indah yang mengingatkan kala menguji ketangguhan dua unit Yamaha Byson dari Jakarta menuju Pantai Pandawa, Bali bulan Oktober tiga tahun lalu.
Pada bulan Agustus 2013, di jalur Menganti ini autorevindonesia.com juga menjadi menguji kemampuan pacauan dan dua ridernya menggunakan Yamaha Byson yang dipacu langsung dari Jakarta.
Tahun 2012, ditempat yang sama dilakukan dua kali pengujian menggunakan dua unit Yamaha Jupiter Z yang baru keluar dari Sumber Baru Motor oleh rider autorevindonesia.com dengan berboncengan.
Usai memanjakan mata dan ‘tangki bbm’ rider dan boncenger, saatnya kembali ‘menyiksa’ skutik jagoan All New Soul GT 125. Tidak ada jalanan menurun, mulai dari start langsung disuguhkan tanjakan yang berkelok hingga puncak bukit Karang Duwur.
Kembali ‘Iron Man’ menunjukkan ketanguhan jantung mekanis Blue Core. Tidak ada jeda kekurangan asupan tenaga untuk memutar roda belakang. Meskipun sempat berhenti di tanjakan karena ada sepeda motor yang bermasalah akibat kesalahan ridernya.
Pada kondisi seperti inilah peran fitur smart lock system pada tuas rem kiri menujukkan peran pentingnya. Dengan pola pengoperasiannya yang simple jelas sangat menguntungkan bagi sang rider menjaga pacuan tetap pada posisinya.

Puluhan kilometer jalanan  dengan lintasan sangat menantang sukses dilalui tanpa masalah.Tiba di jalur lintas Selatan-Selatan, walaupun median jalan yang rata  ruas jalur alternativ Jogjakarta –Kebumen terbilang kecil. Kesabaran rider diuji kudu mengikuti arus lalu lintas.
Setelah menemukan jalur pintas menuju tempat autorevindonesia.com menginap, skutik dipacu habis-habisan melintas aspal sangat mulus di tengah persawahan agar secepatnya keluar dari kawasan ini sebelum senja karena  beresiko jika terjadi sesuatu.
Kelar memanjakan diri,  saatnya menikmati suasana malam bersua dengan rekan komunitas motor di Alun-alun sembari menyantap kuliner khas kota Lawet di temani skutik 125 keluarag GT yang seharian sukses memamerkan kemampuannya di balik balutan pola rancang bangunnya yang agresif.
Dari pengujian kali ini di wilayah selatan Kebumen dalam kondisi lampu indikator MIL terus menyala bisa menjadi bukti sekaligus jawaban akan ‘kesaktian’ Yamaha All New Solu GT 125.
Sayang, rencana menguji kesaktian Soul GT 125 lintas utara Kebumen yang lebih ekstrim tembus dataran tinggi Dieng di tunda karena harus segera kembali ke Jakarta.
20150720_141821

Pos terkait