Jawa Tengah Pasok Tenaga Kerja Terbesar AHM

  • Whatsapp

AHM_ (2)Autorev- Terkat pengembangan dalam pengembangan dan peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  serta besarnya komitmen perusahaan dalam menyerap tenaga kerja dari wilayah provinsi Jawa Tengah, Muhibbuddin selaku Kepala Program Pendidikan Satu Hati PT Astra Honda Motor (AHM) menuturkan bahwa salah satu peran penting industri otomotif selain mengembangkan ‎alat mobilitas bagi masyarakat adalah turut menciptakan lapangan kerja.
AHM sendiri saat ini memiliki jumlah tenaga kerja sebanyak 22.500 yang tersebar di fasilitas pabriknya di kawasan Sunter, Pegangsaan, Karawang, dan Cikarang. Jumlah tersebut akan bertambah menjadi sekitar 300.000 orang jika memperhatikan mereka yang bekerja di rantai bisnis AHM, baik di hulu maupun hilir.
“Dengan asumsi 1 karyawan memiliki 3 anggota keluarga, jumlah orang yang terkait dengan bisnis roda dua Honda bisa mencapai lebih dari 1,2 juta orang,” terang Muhibbuddin.
Dia mengungkapkan Jawa Tengah sendiri merupakan salah satu pemasok utama calon tenaga kerja di fasilitas produksi AHM. Total karyawan yang diterima bekerja di AHM dari wilayah Jawa Tengah sejak tahun 2004 hingga saat ini sekitar 20.000 karyawan.
“Tahun lalu, yang lolos medical check up dari Jawa Tengah tercatat 2.346 orang dari total 6.000 karyawan  yang diterima bekerja di AHM. Tahun ini, lebih dari 4.000 orang dari provinsi ini akan bekerja di pabrik kami. Mayoritas mereka adalah lulusan Jurusan Teknik Sepeda Motor SMK binaan kami,” ungkap Muhibbudin.