Mengukur Kesaktian All New Soul GT 125 di Selatan Kebumen (1)

  • Whatsapp

7Autorev- Seharian dengan ratusan kilometer di kota Kebumen yang memiliki perpaduan geografis  sempurna untuk membuktikan ketangguhan All New Soul GT 125. Berbekal satu tangki BBM Pertamax, si merah macho diajak keliling selatan Kota Lawet.
Landskap jalanan bervariasi mulai dari aspal mulus dengan trek lurus bagaikan tol Cipali hingga aspal keriting dan jalanan off road. Disinilah skutik ganteng ini diajak maju dan menggebrak medan lurus hingga tanjakan curam mencapai hampir 45 derajat pada medan off road.
Mungkin Anda termasuk orang  yang menganggap rider autorevindonesia.com ini sudah ‘gila’. Memang, ini efek dari gagalnya pengujian Soul GT 125 menggunakan plan A  yang bakal dimulai sebelum H-2 Lebaran karena terdapat indikasi kerusakan dari lampu indikator MIL sebanyak 28 point. Dan lampu tetap menyala ketika dikendarai.
Planning B adalah menantang sampai sejauh mana ‘si merah’ mampu bertahan dalam kondisi lampu idikator MIL terus menyala dipacu dari Jakarta-Kebumen-Jakarta. Hasilnya?
Menyusuri Pantai Selatan Kebumen
Rute perjalanan adalah melintasi beragam destinasi wisata pantai menuju titik akhir di Pantai Menganti. Start jam 10.00 wib dari tempat istirahat, rute awal menuju arah Pantai Bocor yang terletak 20 km melalui rute alternatif setelah keluar dari kemacetan dari efek mudik di jalan raya utama Kebumen–Yogyakarta.
Memasuki jalur alternatif melintasi aspal mulus dihiasi rimbunnya pepohonan Akasia disisi jalanan. Datangnya musim kemarau, menjadikan hijaunya lahan persawahan tidak nampak. Jalan desa ini mulus hingga tembus jalan raya jalur Selatan-selatan atau biasa disebut jalan Daendels. Mendekati 1 km menjelang wisata Pantai Bocor, skutik Yamaha 125cc paling baru ini diarahkan menuju pantai Petanahan melalintasi jalur Selatan-selatan yang sempit dan bergelombang.
Mulai dari sini kesabaran rider sangat diuji. Ruas jalan sempit dengan median jalan keriting tanpa bahu jalan dibeberapa bagian. Untuk kendaraan ukuran MPV saja jika papasan salah satunya harus mengalah dengan cara ke pinggir hingga roda sisi kirinya turun di bahu jalan. Jika tidak, dipastikan spion mobil beradu. Paling riskan adalah ketika bus AKAP melintas. Lalu lintas dipastikan kusut, terutama pada saat Lebaran seperti ini dikarenakan menjadi pilihan favorit pemudik.
20150720_152906
Menjelang 4 km perempatan menuju lokasi wisata Pantai Petanahan terjadi kemacetan panjang hingga menjelang kawasan Desa Wisata Pantai Suwuk dimana ribuan wisatawan lokal memadati pantai Suwuk. Lepas dari kemacetan, debu pasir pantai dan teriknya mentari perjalanan diteruskan menuju arah pantai Karang Bolong.
Mulai  dari sinilah Soul GT 125 bakal menjalani ritual ‘penyiksaan’ menuju Pantai Menganti. Kontur jalan dengan tanjakan dan turunan curam bakal menguras power si ganteng. Sebelum sampai di Pantai Menganti yang menjadi titik akhir ‘penyiksaan’ si Red Victory terlebih dahulu menyambangi TPI Pasir yang sudah mulai pulih akibat gerusan Tsunami beberapa tahun lalu.
Di TPI Pasir tujuannya adalah mengintip obyek Wana Wisata Pantai Pasir Indah yang terletak di balik gunung kapur. Untuk menuju lokasi harus melalui jalanan off road di sisi tebing dengan kemiringan hingga 45 derajat. Rute ini yang sangat berbahaya untuk dilalui karena belum ada pengaman disisi sampingnya. Salah sedikit, jurang dengan laut lepas siap menanti.
1
Medan offroad menjadi lokasi pilihan pertama menguji ‘kesaktian’ Soul GT 125. Pada mulanya terbersit keraguan dengan kondisi lampu MIL menyala, apalagi waktu di starter tidak bisa langsung stationer. Tapi inilah saatnya menjadi ajang pembuktian kualitas dari mesin Blue Core Yamaha.
Boncengerpun awalnya menolak ikut, akhirnya bisa bersama memacu denyut adrenalin menikmati sensasi off road di pinggir jurang. Diluar dugaan dengan kecepatan sekitar 20 km/jam skutik kekar Yamaha ini perkasa melibas tanjakan medan terjal off road, berboncengan pula.
Tidak terasa adanya kekurangan tenaga, meskipun sempat berhenti sebelum tanjakan berikutnya. Kekhawatiran tidak bekerjanya sistem injeksi tidak terbukti, apalagi dengan kondisi lampu MIL menyala terus. Ini sekaligus sebagai pembuktian kualitas sistem injeksi Yamaha masih mumpuni jika berkendara pada perbedaan ketinggian dari permukaan laut. Meskipun dalam kondisi tidak normal.
Di tengah perjalanan di tempat beristirahat tersaji eksotisnya pemandangan pesisir pantai TPI Pasir dengan hiasan perahu nelayan di balik rerimbunan hutan Akasia. Perjalanan belum usai menuju Wana Wisata Pantai Pasir. Soul GT 125 harus menjalani lagi ritual melahap jalur off road hingga ujung puncak gunung kapur demi menikmati eloknya obyek wisata yang baru dibuka ini.
5
Perjalanan kembali turun menuju TPI Pasir menyusuri jalur off road tidak kalah seru, hamparan bebatuan pada median jalan membuatnya menambah licin ketika dilintasi, sistem pengereman juga bekerja tidak optimal, apalagi ditambah tidak adanya engine brake tentu perlu kewaspadaan dan kehati-hatian ekstra, salah perhitungan sedikit, dipastikan masuk jurang.
Dari kode yang diberikan ‘marshal’ dadakan, si GT kudu menunggu giliran menuruni bukit setelah pengendara motor dari bawah mencapai atas. Suspensi si merah terasa kurang bisa diandalkan, ‘bantingan’ terasa keras kala melibas medan keriting sangat terasa.
Selamat sampai di bawah, kuliner khas beraroma laut menanti. Usai istirahat bersiap menguras power  Soul GT 125 menuju Pantai Menganti yang disebut-sebut sebagi ‘Bali-nya Kebumen’ melintasi medan yang tidak kalah seru menantangnya.
Masihkah ‘si Red Victory’ bisa mengakomodasi ‘kegilaan’ rider autorevindonesia.com?

Pos terkait