Menjajal Kesaktian All New New Soul GT 125

  • Whatsapp

20150718_084610Autorev- Bersama momen liburan hari raya Idul Fitri , salah satu awak autorevindonesia.com ditemani boncenger menjajal ketangguhan Yamaha Soul GT 125 lintas jalur mudik. Perjalanan mencicipi bersamaan ritual tahunan mudik  yang rencananya bakal dimulai H-2 lebaran terpaksa di undur menjadi H+1 lebaran karena kendala teknis pada skutik ganteng yang bakal di ‘siksa’ habis-habisan.
Masalah terjadi ketika rencana berangat bersama rombongan klub Byson Jakarta Exploride gagal total karena lampu indicator MIL (malfuction indicator lamp) menyala. Menyala 28 kali bikin galau perasan sang rider. Akirnya sang Blue Core kudu rela menatap rombongan B-Jax berangkat menuju kampung halaman. Pagi hari muter seputaran Jakarta Timur ternyata harus terima nasib, bengkel resmi Yamaha sudah pada tutup liburan.
Padahal sebelumnya skutik dengan tampilan macho ini sudah disevis pertama pada km 600 di bengkel resmi Yamaha yang berlokasi di Jl KRT Radjiman, Jakarta Timur. Tidak ada kendala sama sekali dan sudah siap di ajak keliling tiga provinsi. DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sebelum dijak jalan-jalan mudik, si macho terlebih dahulu ‘megggebrak’ jalanan hingga km 1.097.
Tuhan mempunyai rencana yang baik di balik sebuah kegagalan, begitu petuah bijak, mungkin inilah yang menjadi poin penting dalam perjalan kali ini. Dengan kondisi lampu MIL terus menyala menjadi bukti ketangguhan untuk berani dan menggebrak jalur Pantura hingga Jalur Selatan Jawa sepanjang kurang lebih 500 km pada etape pertama.
H+1 akhirnya si ‘gempal’ memulai perjalanannya pukul 06.30 wib menuju titik akhir etape pertama di Kebumen, Jawa Tengah. Meskipun dalam hati terbersit kekhawatiran tapi harus berani dilampaui.
Menyisir rute lintas Bekasi hingga Pantura jalanan terasa sepi dengan ‘musuh’ dikala melakoni turing. Efek domino beroperasinya Tol Cipali dan larangan kendaran berat melintas Pantura pada hari Lebaran membuat jalur Pantura hingga Brebes menjadi jalur yang nyaman untuk para bikers.
Istirahat plus isi BBM di Indramayu menjadi awal titik molornya waktu perjalanan. Di SPBU skutik ganteng ini tertangkap kawan dari komunitas Byson Adventure Tangerang dan X Riders Yamaha Indonesia Jakarta. Padahal rider autorevindonesia.com sudah menyamar tidak mengunakan atribut yang mencirikan anak motor.  Setelah kompromi untuk tidak tertangkap tangan komonitas lain, perjalanan dilanjutkan.
Jalanan Pantura dengan kondisi lalu-lintas lengang yang didominasi sepeda motor, membuat penasaran untuk memacu sekaligus mengetahui seberapa kencang berlari. Jarum di speedo meter hanya sanggup menyentuh angka 100 km/jam. Angka yang sama ketika di jajal waktu baru diservis. Top speed kali ini dicapai dengan kondisi lampu MIL menyala terus dan berboncengan plus beban peralatan tempur ngantor.
Usai menikmati kuliner khas Indramayu laju skutik diarahkan memasuki Cirebon, tengak-tengok mencari posko Yamaha untuk istirahat plus niatan untuk servis pacuan. Sembari menunggu kawan bikers leyeh-leyeh menikmati fasilitas di posko Yamaha, diskusi sejenak dengan montir  disarankan untuk menulis dulu keluhannya. Melihat antrian yang terus memanjang akhirnya diputuskan untuk tidak menservis  si merah.
Rute selanjutnya menuju Brebes diteruskan mengambil jalur melalui Pejagan yang merupakan akses keluar pintu tol menjadi permulaan titik krusial kemacetan. Panas, macet total di jalur sempit menjadi ujian berikutnya sang Soul GT. Mengikuti alur kemacetan yang tidak karuan. Jalur ‘dikuasai’ kendaran roda empat hingga menutup lajur dari arah berlawanan. Si merah kudu mengalah memilih pinggiran jalan hingga turun aspal.
Disaat menikmati kemacetan dibawah terik matahari, kembali tertangkap rombongan kawan dari Yamaha Byson Bekasi Club dan Byson Cirebon yang akan menuju Dieng. Ngobrol sekaligus mengisi bensin di SPBU daerah Aji Barang. Sedang asyik bercengkerama muncul lagi Byson Indepndent Riders Cikarang. Jadilah kopdar dadakan.
Kelar ngopi bersama rombongan bertolak menuju arah Wangon. Baru saja menikmati kemacetan lagi , rombongan di cegat squad Byson Jakarta Exploride. Kopdar lagi. “Kapan sampai tujuan, kopdar sama makan terus, “ gerutu boncenger autorevindonesia.com. Habis makan-makan perjalanan dilanjutkan.
Jalanan dengan lapisan aspal penuh tambalan dikombinasikan macet diwarnai tanjakan serta tikungan tajam menjadi ladang untuk menguji ketangguhan GT 125 yang masih mumpuni mejadi RC rombongan.
Menjelang malam di perempatan Sampang, X-Ride pacaun kawan YXRI mengalami ban bocor. Sambil menunggu ban ditambal menjadi kebetulan berhenti di depan store Balapmotor yang ternyata milik kawan satu profesi menjadi pemburu berita. Jadilah dapat bonus kopi dan kudapan.” Makan lagiii,” teriak Fifi dari Banteng.
Lepas Sampang jalanan datar dengan trek cukup lurus dimana medan jalanan keriting diwarnai lubang yang ditutup aspal dan banyak terkelupas menjadi momok bagi si merah. Meskipun lalu-lintas tidak begitu padat, lampu utama LED ternyata kurang bersahabat dengan cahaya putihnya beradu dengan lampu sorot mobil. Sementara jalanan yang kondisinya tidak mulus kurang di respon baik oleh suspensi.
Keinginan untuk menjadi rider seperti dikala turing mengendarai Byson atau Scorpio kudu diredam. Ini karena power dan torsi skutik yang naik seirama pelintiran gas. Berbeda dengan motor batangan yang bisa memainkan rpm mesin lebih cepat. Di saat seperti ini pengalaman dan ketrampilan rider di uji untuk bisa mengendalikan motor dengan baik.
Lalu lintas yang sangat padat merayap dari Buntu hingga Kebumen, rombongan hanya bisa menikmati licinnya kerikil bahu jalanan demi memburu waktu. Kondisi ini menjadikan kenyamanan mengendarai skutik jauh berkurang dan potensi kecelakaan sangat tinggi.
Memasuki kota Kebumen pukul 23.00 wib, rombongan mengarah ke diler  Yamaha Sumber Baru Motor untuk kopdar bersama kawan komunitas Byson dari Kebumen, YBBC Bekasi, Bybot Bogor dan Bric Cikarang, B-Jax Jakarta.
Sampai di Kebumen, Soul GT tidak mengalami masalah. Terus Maju dan menggebrak melintasi kombinasi jalur aspal dan bahu jalan Pantura hingga jalur Selatan Jawa, meskipun dengan kondisi lampu MIL menyala. Bahkan dari baru keluar dari dealer Yamaha sampai sekarang belum pernah mandi alias belum pernah di cuci. Bukti berani menjajal kesaktian All New soul GT 125 melampaui kekhawatiran.
20150720_080418

Pos terkait