Tips : Melumasi Tali Kopling

  • Whatsapp

20150225_222021Autorev-Tali kopling atau ada yang menyebutnya kabel kopling mempunyai tugas cukup berat, apalagi jika berkendara pada kemacetan lalu lintas seperti di Jakarta. Tanpa adanya perawatan rutin umur pakai tali kopling bisa menjadi lebih pendek. Jika terjadi tali kopling putus ketika berkendara bisa menimbulkan risiko kecelakaan.
Berikut tips ringan ala komunitas Byson Jakarta Exploride (B-Jax) yang pada doyan megoprek motor pacuan cara untuk merawat tali kopling. “Tidak diperlukan peralatan khusus, cukup sediakan oli dan plastik ukuran sedang,” tutur Joe.
Brother yang gemar utak-atik lampu ini mengungkapkan dengan sederhana langkahnya yang diterapkan pada Yamaha Byson. Pertama lepas kabel kopling dari tuasnya, selanjutnya masukkan ujung kabel kopling tadi kedalam plastik dimana bagian ujungnya dibuatkan lubang untuk memasukkan ujung tali kopling kopling. Masukkan oli kedalam plastik secukupnya dengan terlebih dahulu dicampur sedikit bensin agar lebih encer suapaya oli mudah masuk kedalam rumah tali kopling.
Tarik dan dorong ujung tali kopling berkali-kali agar oli masuk kedalam rumah tali kopling, perhatikan apakah oli sudah sampai diujung tali kopling satunya. “Jika terlihat oli sudah menetes, pertanda pelumasan sudah merata,”ungkap brother yang lagi oprek kebo besinya untuk mudik.
Ia menyarankan, sebaiknya posisi  rumah tali kopling posisinya di bolak-balik atau diputar saat melumasi agar pelumasan lebih rata. Pasang kembali tali kopling pada tuasnya dan setel jarak main tuas kopling sesuai rekomendasi pabrik atau sesuai keinginan. Rasakan perbedaan pergerakan tali kopling sebelum diberikan pelumas dan sesudahnya. Jangan lupa lumasi engsel tuas koplingnya.
Perawatan berkala tali kopling menjadi lebih sering dilakukan apabila karet pelindungnya tidak dipasang. Kotoran lebih mudah masuk. Apalagi air hujan yang mudah menyebabkan terjadinya karat. Segera ganti karet pelindung jika sudah rusak. Lakukan perawatan tali kopling apabila sudah terasa berat atau seret. Cara perawatan pada tali kopling bisa pula diterapkan pada tali gas.

Pos terkait