Generasi Y Mendominasi Pencarian Mobil Online

  • Whatsapp

carmudi.jpgAutorev- Bill Gurley dari Benchmark Capital menyatakan bahwa generasi Y – generasi kaum muda yang saat ini berusia 18-34 tahun, tidak berkeinginan untuk memiliki mobil. Hal ini menimbulkan pertanyaan: apakah generasi Y di Indonesia juga seperti itu?
Berdasarkan hasil studi yang dilakukan Carmudi, situs jual beli kendaraan terbaik di Indonesia, ternyata hal sebaliknya mengemuka. Dari data yang didapat dari lebih enam juta kunjungan ke situs Carmudi hingga Mei 2015, dan menemukan fakta bahwa kalangan yang aktif mencari mobil adalah justru generasi muda, yaitu generasi Y.
Data yang didapatkan dari kantor-kantor Carmudi di wilayah Jawa (Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya) terungkap bahwa pada bulan Mei 2015, pencarian mobil online sebanyak 34% nya dilakukan oleh generasi Y, diikuti oleh kalangan selanjutnya yang berusia 35-44 tahun (20%). Hal ini tidak mengejutkan, karena ketika berbelanja, kenyamanan merupakan hal penting bagi generasi Y, dan mereka menganggap belanja online saat ini sudah memberikan kenyamanan tersebut.
Semakin terjangkaunya harga ponsel pintar membuat semakin banyak generasi Y yang terakses ke internet, meskipun secara penghasilan mereka masih lebih kecil dibandingkan generasi di atasnya yang lebih mapan. Generasi Y merasa membandingkan harga serta membandingkan spesifikasi mobil sebelum melakukan pembelian mobil, saat ini sudah jauh lebih mudah dan semakin nyaman dilakukan secara online dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
Dengan perkiraan terdapat sekitar 1,8 miliar kaum muda generasi Y di seluruh dunia, generasi inilah yang sejak lahir sudah langsung berinteraksi dengan dunia digital. Bagi mereka, internet bukanlah hal yang asing, melainkan sebuah kebutuhan dan bahkan sudah menjadi norma yang tidak terpisahkan dari hidup keseharian. Secara global berdasarkan hasil penelitian, 8 dari 10 orang kaum muda generasi Y telah merencanakan akan membeli mobil dalam 12 bulan ke depan.
Seperti dipaparkan Wouter van der Kolk, Managing Director Carmudi Indonesia, perubahan karakter demografi di negara-negara berkembang sangat penting bagi industri otomotif. Semakin banyak penduduk negara-negara berkembang yang akrab dengan teknologi dan merasa nyaman menggunakan internet dalam keseharian mereka.
“Kaum muda generasi Y banyak menghabiskan uang mereka untuk membeli barang-barang konsumsi (consumer goods), dan sangat antusias terhadap apapun yang berkaitan dengan perkembangan teknologi. Hal ini tentu saja sangat menggembirakan bagi kami yang bergerak di bidang perdagangan elektronik,” pungkas Wouter van der Kolk.
Sumber : Carmudi