Mudik Mengendarai Motor, Pilih Atas Dasar Pengalaman dan Info

  • Whatsapp

20130812_162122Autorev-Ritual mudik saat Lebaran sudah merupakan kewajiban, kurang lengkap bila Lebaran tidak bisa langung bertemu dengan handai taulan di kampung halaman. Sayangnya, perjalan mudik terkadang menjadi perjalanan yang sangat berat serta penuh tantangan.
Bagi yang mudik dengan kendaraan umum, tiket harus dipesan jauh-jauh hari. Saat sudah mendekati harinya, selain lebih mahal belum tentu bisa mendapatkan tiket pulang.Itu sebabnya banyak pemudik mengambil cara praktis dan fleksibel dengan mudik bermotor.
Sebetulnya banyak resiko dari mudik bermotor sepert kelelahan fisik serta faktor cuaca akan mempercepat pengendara lelah. Bermotor memerlukan konsentrasi tinggi, pengendara harus terus menerus menjaga kestabilan. Badan lemah dan lelah akan menyebabkan konsentrasi menurun, tapi apapun yang harus dihadapi mudik pun jalan terus.
Beberapa tips agar tetap bugar dan aman selama mudik bisa dimanfaatkan oleh para pengguna motor.
Istirahat Setiap 2 Jam
Kelelahan fisik bisa dikurangi dengan istirahat. Berhenti sejenak ditempat aman sambil sedikit meregangkan otot akan membantu fisik kembali segar.Menghirup udara segar akan membantu meningkatkan oksigen di dalam darah dan membantu mempercepat pemulihan.
Bila Anda berkendara di siang hari, beristirahat di bawah pohon yang cukup ridang akan banyak membantu. Pohon di siang hari memproduksi oksigen yang sangat diperlukan untuk penyegaran tubuh. Alangkah lebih baik bila bisa tidur sejenak di bawah naungan pohon, saat bangun pasti akan terasa lebih segar. Tapi ingat, keamanan disekitarnya bisa dijamin?
Meregangkan otot, bisa dilakukan dengan berjalan berkeliling, memutar pinggang dan tangan agar tidak terasa kaku.
Saat istrirahat buka jaket, semua pelindung dan sepatu agar aliran darah bisa mencapai seluruh bagian tubuh dengan lancar.  Bila mungkin ganti baju bila sudah basah dengan keringat.
Selama istrirahat minum-minuman isotonik akan membantu mempercepat penggatian cairan tubuh yang hilang. Terkadang air putih saja tidak cukup. Bila ada, air kelapa adalah isotonik alamiah paling baik. Perlu diketahui, bila meminum minuman isotonik akan tetap haus sebelum cairan  tubuh yang hilang benar-benar tergantikan. Minum sampai benar-benar hausnya hilang.
Jika belum waktunya makan, jangan makan makanan berat. Kekenyangan akan menyebabkan kantuk. Saati istirahat bisa makan-makanan ringan dengan rasa manis untuk menggantikan energi yang hilang.
Oh ya, ada tempat istirahat paling aman dan nyaman yaitu di posko mudik. Saat ini banyak posko mudik yang digelar oleh berbagai perusahaan. Ini sangat membantu.
Buka Kaca Helm
Selama perjalanan, bila terasa sedikit ngantuk atau nafas mulai berat  turunkan kecepatan motor dan buka kaca helm. Helm full-face menghalangi /mengurangi sirkulasi udara kesekitar hidung. Helm  modern memang memiliki lubang udara di bagian depannya, tapi kekurangan udara akan tetap terjadi untuk perjalanan jauh dan lama. Dengan membuka kaca helm maka udara segar akan kembali tersedia, kantuk akan hilang  dan konsentrasi kembali prima.
Sebelum membuka kaca helm, harus diperhatikan lingkungan sekitarnya. Di daerah berdebu atau saat berada di belakang mobil sebaiknya jangan dilakukan.Saat berada di jalan sedikit lenggan dengan lingkungan hijau dan teduh adalah yang terbaik.
Udara yang masuk ke bagian depan helm akan ikut meniup bagian kepala, mengurangi keringat di kepala dan mendinginkan bagian kepala serta bantalan helm.
Jangan Lakukan!
Bila perjalanan mudik bermotor menempuh jarak lumayan jauh dengan waktu tempuh lebih dari satu hari sebaiknya segera dilupakan.Pilih moda angkutan lain, jangan paksakan mudik dengan motor. Walaupun bisa beristirahat di malam hari, tetap berbahaya.
Membawa barang berlebihan, seperti menambah bagasi di belakang. Penambahan beban di belakang akan membuat kestabilan menurun. Walaupun mempergunakan box, tetap kurang aman. Bawalah barang seperlunya, yang lain silahkan kirim pakai paket saja.
Nah ini paling ngeri, bermotor lebih dari dua orang. Ini banyak dilakukan pemudik tanpa memikirkan resiko. Sepertinya tahun ini polisi akan menindak tegas pemudik yang berboncengan lebih dari satu orang.
Jangan mudik dengan motor bila kondisi fisik kurang fit. Apalagi sedang dalam perawatan setelah sakit atau sedang mengkonsumsi obat. Banyak obat-obatan yang membuat badan terasa lemah dan mengantuk, misalnya saja obat flu dan batuk.
Siang Atau Malam
Dasarnya apakah Anda sudah benar-benar hafal dengan rute mudik yang dipergunakan.   Bila belum sebaiknya jalan di siang hari.
Saat mudik sering jalur diputar ke jalur alternatif, saat malam kemungkinan  tersesat  sangatlah besar, sulit untuk bertanya. Paling parah, jalur alternatif tanpa penerangan dan jelek bisa menjebak kendaraan hingga terjatuh.
Untuk menjelajah jalur alternatif bisa membawa peta, dimana arah dan jarak bisa diketahui secara akurat.Bisa pula membawa perangkat GPS atau telepon seluler yang tersembung internet untuk info posisi dan jalur jalan alternatif.
Pertimbangan lain, bila jarak tempuhnya mencapai lebih dari 10 jam sebaiknya perjalanan di mulai subuh. Istirahat di pagi hari dan diteruskan sampai tengah hari dan istirahat lagi.
Lainnya yang perlu diingat, arah perjalanan Anda. Bila meluncur ke arah timur sebaiknya dilakukan sebelum matahari terbit  sampai matahari terbit dilanjutkan bila matahari sudah tinggi sekitar pukul 9 pagi.Sinar matahari yang terus-menerus menerpa mata dengan kuat akan menyebabkan mata lelah.
Sama halnya bila harus ke barat di sore hari, berhentilah 2 jam sebelum matahari terbenam.    Sinar matahari yang kuat di sore hari bisa menyebabkan mata sakit.
Tetap yang teraman adalah perjalanan siang hari, bila ingin tetap mudik tapi juga ingin tetap puasa perjalanan bisa dimulai lewat tengah malam hingga siang.Tapi sekali lagi, jangan paksakan bila kondisi fisik kurang memungkinkan.
Pilih Kaca Helm
Terdengar sepele tapi cukup mengganggu bila perjalanan yang dilakukan siang hingga malam atau sebaliknya. Kaca helm mana yang paling pas buat perjalanan Anda?
Ukuran helm pasti sudah Anda pilih dari awal, tapi kacanya biasanya asal pilih. Lebih-lebih bila hanya memikirkan kesan keren saja, repot.
Ada beberapa pilihan kaca dipasaran yaitu bening, pelangi dan warna. Nah untuk warna ini ada yang hitam, sedikit hitam, hijau, biru, kuning dan lainnya. Untuk penggunaan siang memang semua bisa dipergunakan, terkadang kaca hitam malah lebih nyaman karena mampu menyerap cahaya, mata tidak silau.
Masalah timbul saat berkendara di malam hari, kaca hitam akan menurunkan daya penglihatan.Paling pas, pergunakan kaca hitam disiang hari dan putih di malam hari.   Ini bisa dilakukan bila Anda mempergunakan Helm double visior yang sekarang banyak diperdagangkan.
Kaca dengan warna biru, merah dan lainnya selain kuning sebaiknya segera tinggalkan, termasuk kaca pelangi. Tapi kaca kuning patut dilirik, kaca kuning memiliki keunikan yaitu nyaman saat terang maupun gelap. Siang hari tidak membuat silau dan malam hari tetap terang.Malah kaca kuning membuat pandangan di malam hari jauh lebih jelas dibanding tanpa kaca.Untuk keselamatan berkendara ini sangat baik.
Lebih Baik Berombongan
Pergi berombongan memiliki banyak keuntungan. Paling utama adalah bisa mendapatkan pertolongan dari teman serombongan bila ada masalah selama perjalanan.
Keuntungan paling besar adalah rasa aman karena Anda tidak sendirian. Secara emosional ini sangat baik berdampak selalu percaya diri selama perjalanan. Adanya teman ngobrol saat beristirahat pun berdampak positif. Juga adanya teman bisa saling bergantian dalam menjaga selama istrirahat. Tidur akan pulas, rasa aman menjadikan sesesorang tenang.  Ini bisa dilakukan bergantian.
Berbagi beban bisa dilakukan, untuk perjalanan jauh tentunya ada beberapa suku cadang yang harus dibawa. Untuk teman serombongan dengan motor yang sama bisa kompromi dalam membawa suku cadang. Artinya seseorang tidak harus membawa semuanya.
Tapi ingat, patuhi aturan lalulintas. Umumnya pemudik berombongan sering ugal-ugalan kerena merasa percaya diri. Bila rombongan tergolong besar bisa dipecah dalam beberapa kelompok yang di jalan berjalan beriringan.
Komunikasi antar anggota bisa lewat telepon, radio komunikasi atau komunikasi Bluetooth yang bisa dilakukan dua arah. Ingat, bila mempergunakan telepon seluler, pergunakan perangkat pembantu head-set dan gunakan seperlunya saja.
Komunikasi bisa dilakukan pula lewat kode-kode tangan, kaki atau lampu yang telah disepakati dan dimengerti oleh semua anggota rombongan.
Buat Koneksi Listrik
Telepon seluler sudah sangat umum dipergunakan, saat mudik dapat dipastikan diperlukan pengisian ulang baterainya. Bila kebetulan tidak ada tumpangan listrik untuk pengisian baterai bisa dipergunakan listrik dari baterai motor dengan charger mobil.
Agar ini bisa dilakukan, Anda harus membuatnya sendiri. Caranya mudah, beli colokan korek untuk di mobil, cari yang sudah dilengkapi pelindung. Hubungkan dengan kabel ke aki motor. Ingat kutub positif ke positif dan negatif ke negatif. Untuk pengaman anda bisa pergunakan soket kabel hingga colokan bisa dilepas saat tidak dipergunakan.
Sebagai pengaman, sebaiknya kutub positif aki diberi pengaman berupa dioda dan sikring pengaman dengan kekuatan satu Ampere. Tujuannya, agar tidak terjadi arus balik saat setrum di aki menurun atau saat menstarter motor dan HP lupa tidak dilepas. Caranya mudah hubungkan kutub negatif dioda ke kutub positif baterai dan kutub positifnya ke colokan. Walau sederhana, manfaat dioda sangatlah besar.
Koneksi ini bisa pula untuk penerangan darurat.

Pos terkait