Royal Enfield Classic 500, Gaya Kakek Berteknologi Sang Cucu  

  • Whatsapp

classic500_left-side_tan_600x463_motorcycleAutorev-Bila melihat selintas dapat dipastikan Anda akan  mengatakan bahwa Royal Enfield  Classic 500 tersebut adalah motor klasik keluaran tahun 50’an. Tidak 100% salah, tampilannya memang klasik, tapi Royal Enfield yang akan di pasarkan oleh Royal Enfield Indonesia memang baru. Tentunya berbagai teknologi barupun telah melengkapi varian dari keluarga Retro Street Royal Enfield.
Tidak heran jika banyak orang akan tertipu oleh tampilan kuno Royal Enfield Classic 500 karena tak sedikitpun menyiratkan motor modern dengan teknologi maju. Padahal dilirik bagian suspensi depannya saja sudah terhitung mutahir plus adanya rem cakram dengan kontrol hidrolis.
Begitu juga dengan peredam kejut belakang, hanya saja semua disamarkan oleh bentuk spakbor model lawas. Peredam kejut gas tetap berpenampilan lama dengan selongsong besi, paduan teknologi masa kini dan gaya lama.
Dibagian tengah motor sepintas tak terlihat sesuatu yang baru, apalagi adanya teknologi baru. Padahal mesinnya, dengan tampilan sama dengan pendahulunya sudah menyandang teknologi setara dengan motor sport. Mesin 500cc yang dipergunakan untuk Royal Enfield Classic 500 sudah lolos Euro III untuk emisi gas buangnya.
Ini bisa dilakukan karena mesin dengan busi ganda (twinspsark) telah menerapkan sistem injeksi (EFI) bahan bakar. Sumber pengolah tenaga inipun tidak lagi memerlukan perawatan rumit seperti produksi 50 tahun sebelumnya.
Untuk mempercantik tampilan, beberapa bagian mesin dipoles, kilap mesin menambah kesan klasik. Fitur baru pada mesin turut disematkan, tanpa meninggalkan roh klasiknya seperti pada sistem pengapian dan starter.
Pola rancang bangun knalpot terlihat klasik dan unik dalam dua dua pilihan model. Begitu juga dengan bentuk lampu depan yang mereka sebut ‘Tiger Eye Lamps’. Dengan bingkai berbentuk bulat berbalut lapisan vernekel terlihat tradisional berpadu bersama teknologi modern menggunakan bola lampu tipe halogen.
Sebagai motor modern, tak perlu khawatir saat dipacu.Tenaga mesinnya mampu berakselerasi dengan baik didukung sistem suspensi dan rem modern. Berkaitan dengan keamanan, rem depannya telah mempergunakan rem cakram lebar 280mm dikawal kaliper piston ganda, tapi di belakang masih memakai tromol agar kesan klasiknya tetap kental.
Walau demikian, kualitas pengereman tentu sudah jauh lebih baik. Sama seperti halnya rem, suspensi telah diset ulang yang bermuara untuk memberikan kualitas pengendalian yang lebih baik juga memberikan kenyamanan bagi penggunannya.
Berbagai detil klasik memang tetap dipertahankan seperti tangki berbantalan serta jok tunggalnya. Walaupun mungkin tidak lagi diperlukan banyak peralatan saat perjalanan jauh, tapi Royal Enfield generasi terbaru ini masih mempertahankan adanya tempat penyimpanan perabotan dengan desain segitga klasiknya.
Bagian yang terhitung baru yang ada di bodi adalah lampu sein.Meskipun demikian bentuk rumah lampu-lampunya tetap dengan motif klasik. Yang masih dipertahankan sebagai ciri dari Royal Enfield adalah proses pengecatan bodi, tetap mengusung cara lama yaitu dikerjakan manual dan garis-garisnya dibuat oleh tangan terampil, sama seperti kakeknya.

Hadir dalam pilihan warna Classic Tan (cokelat), Classic Black (hitam) dan Clasic Silver (perak) ditawarkan dengan harga Rp 75.000.000 off the road dan sudah bisa di pesan melalui PT. Distributor Motor Indonesia, Jl. Pejaten Barat No. 5 Jakarta Selatan 12510 selaku Authorized Disributor Royal Enfield di Indonesia.
Walaupun bertampang klasik, Royal Enfield Classic 500 bukanlah untuk sang kakek, lebih cocok untuk sang cucu yang masih berdarah muda.
Spesifikasi Teknis
Mesin
Mesin : Silinder Tunggal, 4 tak, OHV, 499cc, Twinspark, berpendingin udara
Diameter  x langkah : 84mm x 90mm
Rasio Kompresi : 8.5:1
Tenaga Maximum : 27.2 bhp @ 5250 rpm
Torsi Maximum : 41.3 Nm @ 4000 rpm
Sistem Pengapian : Elektrik (Digital Electronic Ignition)
Kopling : Basah, multi-plat
Transmisi : 5 Gigi percepatan
Sistem pelumasan :Wet sump
Spesifikasi Oli : 15 W 50 API, SL Grade JASO MA
Sistem Bahan Bakar : Injeksi (Keihin Electronic Fuel Injection)
Filter Udara : Elemen Kertas
Sistem Starter : Electric/Kick
Sasis dan Suspensi
Sasis :  Single downtube
Suspensi Depan : Garpu Teleskopik   35mm, Jarak redam : 130mm
Suspensi Belakang : Ganda dilengkapi tabung gas dengan lima tingkat penyetelan, Jarak redam : 80mm
Dimensi
Jarak Sumbu Roda : 1360 mm
Jarak Celah ke Tanah : 135 mm
Panjang : 2140 mm
Lebar : 790 mm
Tinggi : 1.090 mm
Berat : 190 Kg ( 90% bahan bakar & Oli)
Kapasitas Tangki Bahan Bakar :13.5 Ltr
Rem dan Ban
Ban Depan : 90/90 – 18
Ban Belakang : 110/80 – 18
Rem Depan : Cakram 280mm, Kaliper 2-Piston
Rem Belakang : Teromol 153mm

*Ukuran ban untuk pasar domestik India, belakang 120/80 – 18, depan 90/90 – 19.

Kelistrikan
Lampu Depan : 60 W / 55 W, HALOGEN
Lampu Belakang : 21 W / 5 W
Sistem Kelistrikan :12 volt – DC
Aki/ Batteray : 12 volt, 14 Ah

Foto : Royal Enfield

Pos terkait