Scania Mengujicoba Truk Elektrik Dalam Skala Penuh

  • Whatsapp

scania_highres_635690129425733636Autorev – Pada Februari 2016, Scania akan mulai melakukan ujicoba truk bertenaga listrik seutuhnya di Swedia.  Ini menjadi kenyataan dimana truk bertenaga listrik mulai beroperasi disana.  Proyek ini didukung sepenuhnya oleh Swedish Transport Administration dan Gävle Electric Road. Proyek ini ditujukan untuk mendemontrasikan serta mengevaluasi teknologinya, termasuk penggtunaan transmisi listrik yang ada dibagian atas truk yang telah dilengkapi pantograph sebagi kolektor tenaga.
Truk Scania akan dioperasikan pada keadaan sebenarnya di jalur truk paling ramai sejauh sekitar 2 kilometer antara pelabuhan Gävle dengan Storvik.  Truk yang dipergunakan berupa truk berpenggerak hybrid elektrik hasil pengembangan Scania.
Untuk mendapatkan tenaga, tenaga listrik disalurkan dari jalur di atas truk ke truk melalui perangkat kolektor pantogragh yang berada di belakang kabin.  Cara kerjanya mirip kereta listrik yang sudah sangat umum terlihat dimana-mana.   Teknologi ini adalah hasil pengembangan dari Siemens yang sudah sejak 2013 terus diujicoba bersama Scania di fasilitas pengembangan Scania di pinggiran Berlin.
Pengembangan truk bertenaga listrik bukan satu hal yang mustahil karena truknya sendiri dibuat sangat fleksibel.  Truk selain tbisa bergerak dengan tenaga yang diambi dari kabel listrik diatasnya juga telah memiliki sistem hybrid.  Dimana kedua sistem ini mampu mengurangi emisi bahan bakar hingga 80-90%.   Biaya pengoperasiannya jelas lebih murah karena motor listrik bisa bekerja lebih efisien yang berarti akan mengkonsumsi energi lebih rendah lagi, lebih lagi energi listrik lebih murah dibanding biaya pengoperasian mesin diesel.
“Potensi penghematan akan sangat besar dengan adanya penggunaan energi listrik di jalan raya dan teknologi ini akan menjadi landasan menuju transportasi yang terbebas dari energi fossil.  Pengembangan jaringan jalan seperti itu, nantinya akan menjadikan transportasi sangat bersahabat dengan lingkungan,” kata Nils-Gunnar Vågstedt, peneliti Scania dibidang truk listrik.
Scania berpartisipasi dalam kegiatan penelitian yang berkaitan dengan proyek jalan berjaringan/bertenaga listrik.  Salah satunya dengan melakukan ujicoba bus kota dengan teknologi baru, bertenaga listrik.  Bus Scania ini dilengkapi fitur pembangkit tenaga hybrid elektrik yang akan beroperasi pada Juni 2016 di kawasan Södertälje.  Untuk pengisiannya, akan ada stasiun pengisian listrik  di salah satu halte bus di mana bus akan dapat mengisi ulang tenaga listriknya dalam 6-7 menit, cukup dipergunakan hingga tujuan terakhir. (Foto: Scania Group)