Big Skutik Honda Dengan Rancangan Neo-Futuristik

  • Whatsapp

NM4_16Autorev-Untuk motor yang satu ini Honda memiliki fokus perancangan pada dua elemen yaitu bagian depan yang kekar dan bagian penumpang yang penuh gaya. Tentunya tanpa mengesampingkan sisi teknis terkini seperti penggunaan lampu LED untuk lampu utamanya, lampu belakang dan lampu sein .
Bila melihat bentuk futuristiknya, memang banyak komentar yang dilontarkan tapi ini sangat terkait dengan selera. Ada yang berkomentar seperti motornya Batman. Tapi untuk ban belakang berukuran besar serta jok rendah 650mm memang mendapat nilai tersendiri karena motor akan lebih mudah untuk dikendalikan.
Posisi berkendara ekstra nyaman dengan pijakan kaki lapang ditambah dengan fitur Flip-Down Passenger Seat, menambah kenyamanan postur berkendara sempurna dengan sandaran tempat duduk yang dapat diatur (3 tahap sudut kemiringan dan 4 tahap posisi longitudinal dengan interval 25mm)

Mesin berkapasitas 745cc merupakan penggerak motor berkonsep radikal  didukung perangkat masa depan menjadikannya sesuatu yang lain saat dikendarakan. Salah satunya adalah penggunaan transmisi dengan kopling  ganda (Dual Clutch Transmission) untuk mendapatkan akselerasai yang sangat halus.
Dual Clutch Transmission (DCT) bertugas menghasilkan perpindahan gigi yang sangat halus dan cepat.  Cara kerjanya dimana satu kopling untuk mengoperasikan gigi 1, 4 dan 5 serta satu lagi untuk gigi 2,4 dan 6.  Poros kedua gigi ini diletakan bersampingan agar bisa didapat bentuk kompak.   Setiap kopling dikendalikan oleh sirkit elektro-hidrolis.
Saat dilakukan perpindahan gigi secara otomatis gigi berikutnya pada posisi bersiap, begitu dilakukan perpindahaan secara bersamaan dimana satu kopling akan melepas gigi pertama dan langung mengkaitkan gigi berikutnya secara elektronis.
Hasilnya, perpindahan gigi terasa sangat halus atau bisa dikatakan tak terasa.   Perpindahan gigi ke gigi lainnya hampir tidak terjadi interupsi ke roda belakang, sentakan di mesin pun sangat kecil hingga bisa membuat mesin lebih awet.
Tidak hanya itu, transmisi pun tersedia dalam beberapa pilihan mode manual dan otomatis.   Untuk mode manual pengendara tinggal menekan tombol yang ada disetang sedang untuk bekerja otomatis pun ada beberapa pilihan seperti untuk pengendaraan di dalam kota atau dipacu saat touring dengan harapan motor tetap efisien.
Disini disediakan lagi pilihan mode seperti S (sporti) dimana ECU  akan memberikan putaran mesin yang lebih cepat sesaat sebelum perpindahan gigi, untuk mendapatkan performance yang lebih baik.  Selain itu, penurunan perpindahaan gigi bisa dilakukan dengan cepat, akan terasa adanya engine brake.
Mode lainnya adalah D, pada mode ini DCT dan ECU akan mengolah setiap variasi masukan dari pengendaranya.  Tapi tetap mampu untuk bisa melakukan akselerasi cepat saat diperlukan seperti saat berada ditanjakan.
Tampilan dashboard dengan 25 Color LED Panel Meter, mengekspresikan gaya futuristik dengan 25 variasi warna panel meter LED yang mengindikasikan mode berkendara.

Kembali kesoal mesin, mesin dengan kapasitas 745cc SOHC 8 katup parallel twin merupakan mesin yang bertenaga tapi tetap hemat bensin.   Dengan desain untuk penggunaan pada putaran rendah hingga menengah mesin dibuat dengan langkah sedikit lebih panjang ditambah dengan masa poros engkol yang lumayan berat mampu menghasilkan torsi besar pada putaran rendah.
Untuk mesin ini tenaga yang dihasilkan sebesar 40,3kW pada 6.250rpm dan torsi 68Nm pada 4.750rpm.   Penyempurna kerja mesin dipergunakan rumah katup tunggal berdiameter 36mm serta system injeksi PGM-FI. Sebagai bukti motor terhitung irit dengan konsumsi bensin 28,4km/l.
Bagian rangkanya, terbuat dari baja disusun dalam struktur model berlian. Rangka ini memberikan kekakuan yang baik hingga motor lincah untuk dikendalikan diberbagai kondisi jalan. Serta sangat cocok untuk menyangga berat motor sebesar 245kg.
Pada rangka tersebut dipasangkan suspense model garpu berdiameter 43mm dengan  jarak gerak 125mm untuk bagian depannya. Di belakang, terdapat suspensi monoshok dengan jarak gerak 100mm dari Pro-Link untuk bisa mendapatkan redaman yang halus pada saat motor dipacu pada kecepatan rendah.  Untuk menaikan kemampuan suspensi dipergunakan lengan ayun berbahan aluminium.
Rem yang dipergunakan berupa cakram berdiameter 320mm dengan dua torak kaliper untuk roda depannya. Di belakang dipergunakan cakram 240mm dengan satu torak kaliper. Agar pengereman bisa lebih baik, motor telah dilengkapi ABS dua saluran, sangat nyaman untuk pengereman dipermukaan licin.
Honda memmasarkan dua pilihan warna putih dan hitan, namun baru satu pilihan warna hitam (mat ballistic black metallic) yang diboyong PT Astra Honda Motor untuk pasar Indonesia dengan banderol Rp 435 juta OTR Jakarta.

SPESIFIKASI TEKNIS
Mesin
Tipe:  4-tak, berpendingin air, 8 katup, SOHC, parallel 2 silinder
Kapasitas: 745cc
Diameter x Langkah:  77 x 80mm
Rasio kompresi: 10,7 : 1
Tenaga maksimum: 40,3kW pada 6.250rpm
Torsi maksimum: 68Nm pada 4.750rpm
Sistem bahan bakar: Injeksi PGM-FI
Konsumsi bensin:  28,4km/l
Sistem penggerak
Tipe: Kopling basah ganda pengoperasian hidrolis
Transmisi: 6 Kecepatan
Penerus gerak: Rantai
Rangka
Tipe: Pipa baja denbgan struktur berlian
Panjang x lebar x tinggi: 2.380 x 933 x 1.170mm
Jarak poros:  1.645mm
Tinggi jok: 650mm
Celah tanah: 130mm
Berat kosong: 245kg
Suspensi depan: Garpu 43mm, jarak gerak 125mm
Suspensi belakang: Monoshock, Lengan ayun  PRO-Link, jarak gerak 100mm
Ban depan: 120/70 ZR18
Ban belakang:  200/50 ZR17
Rem depan: Cakram 320mm, dua torak kaliper
Rem belakang:  Cakram 240mm
ABS: Sistem 2 saluran
Foto : Honda

Pos terkait