Internet Pengaruhi Penjualan Kendaraan

  • Whatsapp

carmudi1Autorev- Memasuki akhir semester pertama 2015, perusahaan jual beli kendaraan online Carmudi merilis laporan tentang ‘Meledaknya Industri Otomotif di Pasar Negara Berkembang’. Laporan ini meneliti kondisi terkini dan masa depan dari industri otomotif di negara berkembang. Sebagai situs jual beli kendaraan terdepan yang beroperasi di 20 negara, laporan Carmudi ini menyediakan gambaran detail tentang kondisi penjualan otomotif secara global dan Indonesia.
Penemuan data Carmudi berasal dari hasil survei kualitatif yang dilakukan secara online untuk pembeli mobil dan diler mobil di kawasan Asia, Afrika, Timur Tengah dan Amerika Latin, ditambah dengan dukungan wawancara dari para pakar industri otomotif di seluruh dunia.
Berdasarkan Survey Pembeli Mobil Carmudi (Carmudi Car Buyer Survey), Carmudi menemukan hampir 60% pembeli mobil di Indonesia menggunakan Internet sebagai sumber informasi sebelum mereka melakukan pembelian mobil.
Pembeli mobil kini mulai menggunakan media baru, termasuk mengunjungi situs diler dan forum (33.8%), social media (27%), platform jual-beli mobil seperti Carmudi (18%) dan blog (17.6%). Yang mengejutkan, opsi offline seperti mengunjungi diler (48%) dan pameran mobil (45,2%) masih memainkan peran yang signifikan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
circles-indonesia-BAHASA
“Diler-diler mobil di Indonesia kini sudah mulai memasuki dunia digital dalam mengiklankan listing mereka. Penelitian kami menemukan bahwa mayoritas dari diler-diler di negara ini mulai menyadari keuntungan dari megiklankan listing mobil mereka secara online,” jelas Wouter van der Kolk, Managing Director Carmudi Indonesia di Jakarta (10/06).
Sosial media juga mulai dilihat seperti cara yang baik untuk mencapai calon pembeli, dengan lebih dari 45% diler mobil yang berpartisipasi dalam survey saat ini sudah mengiklankan listing mobil mereka melalui media sosial. Lebih dari 36% diler di Indonesia juga mendapatkan pembeli melalui iklan baris, dengan lebih dari 27.3% beriklan di Carmudi.
Meskipun sudah bergeser ke online, diler-diler di Indonesia masih merasa nyaman dengan jalur offline. 36.4% beriklan di iklan baris surat kabar dan 36.4% menggunakan sarana seperti surat kabar dan pameran otomotif (27.3%).
indonesia-map
 

Pos terkait