Toyota Hilux Raih Podium Kedua

  • Whatsapp

IMG_9162Autorev-Pasangan Hariono SBM / Tunggul Birawa dari Citra Group Racing Team (CGRT) yang didukung oleh Toyota Team Indonesia (TTI), akhirnya menemukan gaya menaklukan kendaraan diesel Toyota Hilux dengan mesin diesel besutannya di ajang Indonesia eXtreme Offroad Racing.
Sebelumnya Hariono berdiskusi dengan Teddy dari REV Engineering dan Dana Karya dari DSS Suspension perihal performa kendaraan Toyota Hilux yang akan diturunkan pada Group G.5.2 (Group Diesel Kelas Full Modifikasi).
Teddy dari REV Engineering yang melakukan modifikasi performa mesin Toyota Hilux ini diminta oleh Hari untuk menambah tenaga pada putaran RPM rendah, karena menurut Hariono, kendaraan ini susah melaku saat keluar dari tikungan.
Teddy menyempatkan diri untuk melakukan beberapa kali tes DYNO kendaraan Toyota Hilux, dan melakukan penyetelan setting pada ECU SHOP Moster ECU yang melakukan kontrol terhadap pasokan bahan bakar, tekanan bahan bakar serta timing bahan bakar.
Saat dicoba pada SS-1 IXOR-2 hari Sabtu, pasangan Hariono SBM / Tunggul Birawa hanya mampu mencatatkan waktu 4:00:711, berada dibelakang pasangan Andi Baihaki / Yuri yang mengendari Mitsubishi Triton (BJM Offroad Team) dengan waktu 3:58:937, sehingga catattan waktunya tertinggal 2 detik.
Saat waktu kosong antara SS-1 dan SS-2, Hariono menyempatkan diri untuk memakai dan mengenali karakter kendaraan diluar lintasan balap hingga menemukan cara menyetir yang cocok. Alhasil, di SS-2, Hariono / Tunggul mampu mencatatkan waktu 2:48:812. Waktu tempuh di SS-2 ini 4 detik lebih cepat dibandingkan catatan waktu Andi Baihaki.
Hariono / Tunggul sempat unggul di putaran pertama SS-3 ini, namun di putaran ke-2 setelah jumping, kendaraannya mendadak kehilangan tenaga, sehingga harus berjalan dengan pelan menuju garis finsih. Setelah diperiksa oleh DSS Motorsport, ternyata selang turbonya retak. Hal ini membuat Hariono / Tunggul tertinggal 8 detik dibelakang pasangan.
Di SS-4, Hariono / Tunggul tampil all-out berusaha mengalahkan Andi Baihaki / Yuri, mereka dapat finish didepan Andi Baihaki / Yuri dengan catatan selisih waktu 2 detik.
Akhirnya Hariono / Tunggul tetap naik podium pada posisi ke-2 di G.5.2 (Group Diesel Kelas Full Modifikasi). Ketika dimintakan pendapatnya, Hariono menyatakan akan lebih sering berlatih dengan kendaaan Toyota Hilux ini untuk lebih mengenal karakter mesin dan suspensi, sehingga dapat tampil lebih baik lagi di IXOR-2 Jabar.

Pos terkait