Track Layout IXOR 2 Serang-Banten

  • Whatsapp

Flyyers1Autorev – Seri ajang balap offroad gelaran PT. Sarana Media Nusantara (SMN) dengan nama National Championship “Indonesia eXtreme Offroad Racing (IXOR) 2015 – Kejuaraan Nasional (KejurNas) Speed Offroad, akan dilangsungkan pada tanggal 9-10 Mei, bertempat di Sirkuit Offroad Tembong Jaya, Serang – Banten.
SIRKUIT-SERANG-2Eri Rinzani dari Indonesia UTV Club (IUTVC) selaku Ketua Organizing Committee (OC) menjelaskan perihal track Sirkuit Offroad Tembong Jaya sebagai berikut “Track ini berada di lahan yang biasa dipakai ajang Kejurnas Speed Offroad sebelumnya. Untuk ajang IXOR putaran ke-2 ini, kami memperpanjang total 2 putaran menjadi 4.1 km.
SIRKUIT-SERANG-1
Pada beberapa tikungan, kami memperlebar lintasasan sehingga kendaraan dapat memasuki tikungan dengan kecepatan yang lebih tinggi dengan aman. Tikungannya sendiri hampir sebagian besar flat (datar) dan ada beberapa tikungan yang kami buat dengan sudut kemiringan negatif sebagai handicap lintasan, dengan total tikungan sebanyak 11 tikungan. Peranan Navigator cukup penting untuk memberikan arahan pada pebalap karena karakter lintasan yang Hi-Speed dengan cukup banyak tikungan.
Handicap lainnya berupa 10 jumping yang di design untuk dilewati dengan kecepatan tinggi dengan sudut awalan yang landai dan tempat mendarat yang bebas dari handicap sehingga tidak merusak kendaraan dengan 1 buah triple jump yang membutuhkan kesabaran dan ritme yang tepat untuk melewati dengan cepat dan aman. Crossing antara jalur luar dan jalur dalam dibuat sehingga kendaraan yang akan memasuki terowongan berada pada posisi lintasan lurus.
“Lintasan ini disiram bahan khusus untuk mengurangi debu dan permukaan lintasannya dipadatkan, namun permukaannya tetap diusahakan se-alami mungkin dengan permukaan yang sedikit bergelombang”, tambah Eri Rinzani.
Sementara itu, Andhi Satria selaku Direktur Media & Sponsorship menjelaskan bahwa ajang National Championship “Indonesia eXtreme Offroad Racing (IXOR) 2015 – Kejuaraan Nasional (KejurNas) Speed Offroad ini merupakan ajang pertama yang dilakukan di pulau Jawa setelah putaran ke-1 yang dilangsungkan di Batulicin, Kalimantan Selatan (April 2015). Tentunya lokasi yang berada di Kota Serang (Banten) ini akan pasti ramai diikuti oleh berbagai peserta local serta dari Jakarta dan Jabar yang merupakan gudangnya para peserta Speed Offroad.
Gunawan Tjachyadi dari Genta Auto & Sport yang ditunjuk oleh SMN sebagai Racing Committtee (RC), menjelaskan “Jumlah peserta hingga sore ini telah mencapai 190 kendaraan. Pihak Genta Auto & Sport akan memulai jadwal pertandingan pada hari Sabtu dengan jadwal normal karena  peserta hanya akan menjalani 2-SS. Namun khusus untuk hari Minggu dimana peserta akan menjalani 2-SS (SS-3 dan SS-4) serta 20 peserta tercepat akan menjalani 2 SS tambahan (SS-5 dan SS-6), maka RC akan melakukan start lebih pagi daripada biasanya untuk menyiasati jumlah peserta yang banyak serta jumlah SS mencapai 4-SS. Kami mohon agar para peserta maklum perihal ini karena jumlah  peserta yang cukup banyak dan jumlah SS yang mencapai 4-SS”.
Perihal latihan di Sirkuit Tembong Jaya – Serang, Tjahyadi Gunawan menjelaskan, “Hari Kamis akan dilangsungkan Un-Official Practice dari jam 12 hingga jam 17, dimana masing-masing peserta hanya  diberi kesempatan untuk mencoba lintasan dengan kendaraan balapnya sebanyak 1 Full Lap (1x lintasan kiri dan 1x lintasan kanan). Shakedown lintasan dimulai dari Jumat pagi hingga sore, dimana peserta hanya diberikan kesempatan 1x putaran pada lintasan bagian luar.
Andh Satria menambahkan bahwa pada ajang putartan ke-2 di Serang, pihak SMN bekerjasama dengan Pemda Serang dengan mengadakan berbagai aktifitas di lapangan berupa lomba menggambar untuk anak-anak, serta kehadiran 40 tenda bazaar yang akan diisi oleh IKM (Industri Kecil Menengah), makanan dan minuman, produk non makanan/minuman, produk cindera mata, serta tentunya beberapa tenda Penggagas dan Sponsor SMN. Pastinya ajang IXOR di Serang – Banten, akan ramai dihadiri masyarakat setempat yang gemar ajang balap offroad, penggemar otomotif, serta tentunya menjadi ajang hiburan bagi keluarga dengan mengunjungi area bazaar.
SIRKUIT-SERANG-3Untuk memperkenalkan dan meramaikan ajang balap IXOR putaran-2, SMN mengundang kehadiran 15 penggemar fotography dari komunitas “Sport Photography Indonesia Community”. Hasil karya fotographer ini nantinya akan di upload di beberapa social media.

Pos terkait