Tips Mencuci Filter Udara Ferrox

  • Whatsapp

7Autorev- Filter udara Ferrox mempunyai banyak keunggulan, salah satunya adalah cara perawatannya yang mudah. Tujuannya tentu untuk menjaga kinerja filter tetap optimal. Seperti diketahui, filter udara pada kendaraan ibarat paru-paru pada tubuh manusia yang bertugas menyaring udara.
Perawatan berkala sebaiknya dilakukan setiap kendaraan menempuh jarak 2.000km hingga 5.000km. Cek kondisi filter, jika sudah terlihat mulai kotor,  berikut tips membersihkan filter udara Ferrox yang bisa Anda kerjakan sendiri.

  1. Basahi filter dengan air. Bisa juga semprot menggunakan air bertekanan sedang suapaya kotoran mudah lepas.
  2. Gunakan sikat halus (sikat gigi) jika masih terdapat kotoran yang menempel.
  3. Tambahkan deterjen atau sabun cair untuk mempermudah menghalau kotoran yang membandel sambil disikat.
  4. Bilas dengan air bersih.
  5. Semprot dengan angin bertekanan rendah untuk mempercepat proses pengeringan.
  6. Apabila tidak ada kompresor, cara yang paling praktis adalah filter di lap dengan kain halus atau plas chamois, kemudian diangin-anginkan atau langsung di jemur sekitar 10-15 menit.
  7. Setelah kering, filter siap digunakan kembali.


“Hindari penggunaan cairan khusus pembersih filter, solar, allohol, atau bensin dan sejenisnya karena bisa mempercepat usia pakai. Penggunaan bahan kimia seperti tersebut diatas bisa berpengaruh negatif  terhadap material bingkai yang terbuat dari karet alam, bingkai filter menjadi lebih mudah getas,” terang Andy, Marketing Manager filter Ferrox.
Material filter yang terbuat dari bahan stainless steel berkualitas tidak akan berkarat selama prosedur perawatan dilakukan dengan baik dan benar meskipun dicuci berkali-kali dengan air ditambah deterjen.
Cara perawatan seperti ini diterapkan untuk semua tipe filter udara Ferrox. Tips tambahan dari Andy, jika dijemur  taruh ditempat yang aman, awasi atau tungguin agar tidak hilang alias diambil orang yang tidak bertanggung jawab. “ Barang berkualitas bro,” seloroh Andy sambil menuntaskan kopi digelas. Betul juga.

Pos terkait