Tata Motors Raih Penghargaan CSR

  • Whatsapp

Foto TMI-DD2Autorev  – Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), full subsidiary of Tata Motors Ltd—Agen Pemegang Merek (APM) Tata Motors di Indonesia pada 17 Desember 2014 mengumumkan, program CSR-nya, Tata INSPIRAKSI mendapatkan penghargaan The Best Corporate Social Responsibility (CSR) dari lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa dalam katagori Informal Education Development.
Program CSR Tata Inspiraksi, diluncurkan pada Juni 2013 di saat Tata Motors belum melakukan pemasaran produknya di Indonesia. Bukti bahwa Tata Motors, adalah perusahaan yang berkomitmen dan peduli terhadap pemberdayaan masyarakat.
Prestasi ini bentuk keberhasilan dalam pengelolaan program  CSR INSPIRAKSI di bidang pendidikan informal, berdasarkan hasil penilaian dan pemantauan terhadap reputasi publikasi oleh Tim Independen yang diprakarsai oleh Dompet Dhuafa.
“Penghargaan ini, adalah motivasi untuk terus mengembangkan program CSR kami, Tata INSPIRAKSI sehingga semakin memberi solusi bagi upaya pemberdayaan masyarakat,” ujar Achmad Djauhari, Director HR dan Legal TMDI.
Achmad menambahkan, Tata Motors Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Dompet Dhuafa atas penghargaan yang diberikan. Hal ini merupakan Inspirasi bagi Tata Motors untuk terus menggerakkan hati dan tangan untuk masyarakat.
Ismail A Said, President Director of Dompet Dhuafa Corpora menjelaskan, penghargaan ini adalah bentuk apresiasi tinggi kepada perusahaan yang mengelola CSR dengan baik yang diselenggarakan setiap tahun. Diharapkan manfaat program CSR INSPIRAKSI yang digagas Tata Motors Indonesia dapat dirasakan langsung kepada masyarakat.
“Peran perusahaan dalam memanfaatkan dana CSR untuk program pemberdayaan Masyarakat Dhuafa selama ini tidak dapat dilihat sebelah mata. Program-program CSR telah banyak mendorong percepatan pengentasan kemiskinan. Dan Tata Motors telah berkontribusi sangat besar dalam pendidikan informal melalui Inspiraksi.” ungkap Ismail A Said.
Sekilas Tata INSPIRAKSI
Project CSR INSPIRAKSI – Hati Tergerak Tangan bergerak yang sudah diluncurkan pada bulan Juni 2013 lalu, merupakan program CSR yang pelaksanaannya dilakukan melalui interaksi sosial di social media (Facebook) Tata Motors Indonesia. Jejaring sosial ini digunakan untuk mengumpulkan dan menampung inspirasi dari para sahabat Tata Motors Indonesia.
“INSPIRAKSI adalah program yang unik, karena dalam menjaring program yang diberikan, tim Tata Inspiraksi berinteraksi terlebih dahulu dengan para Friends (kawan) Tata Motors di Facebook lalu
para Friends mengajukan serta memilih berdasarkan program yang dinilai bagus serta berdampak positif dan memberikan solusi bagi masyarakat luas. Selanjutnya, hasil penilaian Friends, diobservasi oleh tim Tata Inspiraksi.
Setelah setahun interaksi sosial Tata Inspiraksi berjalan, pada 24 Juni 2014 Tata Motors akhirnya menganugerahi program bantuan kepada tiga proyek CSR.
Tiga proyek ini disaring dari ratusan ide solusi, lalu menjadi 30 proyek solusi. Tim Tata Inspiraksi memutuskan 3 buah proyek inspiratif pada pelaksanaan tahap I program INSPIRAKSI 2013-2014.
Foto TMI-DD1
Ketiga tokoh inspiratif yang berada di berbagai daerah memiliki proyek sosial sebagai berikut:

  1. Muhammad Fauzi – Desa Penebar Kecerdasan

Muhammad Fauzi terinspirasi oleh mimpinya menjadikan masyarakat desa yang cerdas, tidak tertinggal dan tidak dibodohi. Dan sebagai korban lumpur Sidoarjo, Fauzi tidak bisa sekolah tinggi karena masalah ekonomi. Tetapi dengan semangatnya, sambil berjualan jamu Fauzi mengantar buku-buku bekas ke warung Poskamling dan secara bergilir Fauzi mengantar ke warung-warung lain agar masyarakat bisa membaca buku dan mendapatkan ilmu pengetahuan secara gratis.

  1. Solehuddin – Kampung Sahabat Desain Grafis

Solehuddin yang akrab disapa Huddi ini adalah pemuda desa pantang menyerah dan selalu senang berbuat demi teman dan warga kampung. Huddi memiliki tekad yang kuat bekerja jadi tukang sablon mug (gelas keramik) dan spanduk. Keuntungan usahanya tersebut Huddi gunakan untuk mendorong pemuda kampung mau belajar desain grafis agar tidak menganggur bisa bekerja atau membuka lapangan pekerjaan.

  1. Sri Astuti – Sekolah Rakyat Untuk Sumbawa Barat

Sri Astuti adalah seorang pemudi desa yang pernah sakit POLIO tetapi memiliki prestasi. Sarjana lulusan Universitas Mataram ini mengawali aksi sosialnya dengan menjadi penyuluh ke pelosok desa. Dia kerap membantu mengajar untuk warga desa yang tidak mampu siang dan malam tanpa bayaran. Dengan keterbatasan fisik yang dimilikinya, Sri tetap menempuh puluhan kilometer dengan andong kuda untuk mengangkut seragam bekas yang diterima dari donatur untuk dibagikan kepada siswa-nya di tempat dirinya mengajar.
Tentang Tata Motors
Tata Motors Limited adalah perusahaan mobil terbesar di India, dengan pendapatan konsolidasi (USD 38,9 miliar) pada 2013-14. Melalui anak perusahaan dan perusahaan asosiasi, Tata Motors beroperasi di Inggris, Korea Selatan, Thailand, Afrika Selatan dan Indonesia. Di antara mereka adalah Jaguar Land Rover, usaha yang terdiri dari dua merek ikonik Inggris. Ia juga memiliki perusahaan patungan industri dengan Fiat di India.
 
Dengan lebih dari 8 juta kendaraan Tata plying di India, Tata Motors adalah pemimpin pasar negara di kendaraan komersial dan bagian atas kendaraan penumpang. Hal ini juga produsen truk terbesar kelima di dunia dan produsen bus terbesar keempat. Tata mobil, bus dan truk sedang dipasarkan di beberapa negara di Eropa, Afrika, Timur Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara, Amerika Selatan, CIS dan Rusia.
Tata Motors memiliki program pelayanan ‘Peace of Mind’. Program ‘Peace of Mind’ TMDI adalah 24 jam On-road Assistance, 5 Tahun garansi atau 100.000 km dan Jaminan Suku Cadang 1×24 jam atau gratis (bila tidak sampai/tersedia). Untuk informasi Tata Motors lebih lengkap Pelanggan dapat menghubungi Layanan Call Center Tata Motors Indonesia 0-800-1-828200.
(www.tatamotors.com, juga mengikuti kami di Twitter: https://twitter.com/TataMotors)
Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa Republika adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf, serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga).
Pada 4 September 1994, Yayasan Dompet Dhuafa Republika pun didirikan. Empat orang pendirinya adalah Parni Hadi, Haidar Bagir, Sinansari Ecip, dan Erie Sudewo. Sejak itu, Erie Sudewo ditunjuk mengawal Yayasan Dompet Dhuafa dalam mengumpulkan dan menyalurkan dana Ziswaf dalam wujud aneka program kemanusiaan, antara lain untuk kebutuhan kedaruratan, bantuan ekonomi, kesehatan, dan pendidikan bagi kalangan dhuafa.
Pada 10 Oktober 2001, Dompet Dhuafa Republika dikukuhkan untuk pertama kalinya oleh pemerintah sebagai Lembaga Zakat Nasional (Lembaga Amil Zakat) oleh Departemen Agama RI.