Pentingnya Keselematan di Jalan Adira Berikan Penghargaan IRSA

  • Whatsapp

adira 3 edit
Autorev-Penghargaan Indonesia Safety Award (IRSA)  tahun 2014 kembali digelar oleh PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) sebagai penghargaan terhadap kota dan kabupaten terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan dengan mengusung semangat untuk memberikan dukungan kepada pemerintah kota/kabupaten yang telah bekerja keras menerapkan pilar-pilar road safety di lingkungan pemerintahannya.
Acara yang berlangsung di  UOB Plaza, Jakarta, (26/11) dihadiri oleh Indra Baruna,  selaku Direktur Utama Adira Insurance.  Dalam sambutannya beliau memaparkan , Kami berharap penghargaam IRSA dapat menjadi pemacu semangat pemerintah daerah untuk memperlihatkan keseriusanya dalam menerapkan tata kelola keselamatan di jalan raya.
“Kami percaya sinergi kepedulian dua arah antara pemerintah dan masyarakat akan turut berkontribusi dalam menurunkan tingkat kecelakaan di jalan raya,” ungkap  Indra.
Sejak tahun 2013, ‘IRSA’ hadir sebagai langkah lanjutan yang diperlihatkan Adira Insurance untuk memperluas jangkauan penyebaran gerakan keselamatan di jalan raya yang telah digencarkan melalui kampanye yang bertajuk ’I Wanna Get Home Safely (IWGHS)’.
Pada penyelenggaraan ’IRSA 2014’ yang menggunakan disain studi kombinasi Partisipatif dan Rekomendasi, Adira Insurance mengundang sebanyak 253 kota/kabupaten yang telah memenuhi kriteria. Pada akhir periode pendaftaran terdapat 38 kota/kabupaten yang telah mendaftar.
Dari 38 kota/kabupaten tersebut kemudian diseleksi kembali hingga terpilih 3 kota/kabupaten sebagai peserta ’IRSA 2014’ dari hasil rekomendasi sebagai  pemenang untuk kategori Juara Umum Kota Metropolitan(memiliki > 1,000,000 penduduk) , Juara Umum Kota Besar (memiliki 500,001 – 1,000,000 penduduk) dan Juara Umum Kota sedang (memiliki < 500,000 penduduk).
Adira Insurance-IRSA 2014-Awarding & PC-Pemenang
Penilaian mengacu pada 5 pilar road safety yang telah dicanangkan WHO dan diadopsi oleh banyak negara di dunia yaitu:
Pilar 1: Manajemen Keselamatan Jalan (Safer Management)
Pilar 2: Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road)
Pilar 3: Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle)
Pilar 4: Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer User)
Pilar 5: Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan (Post-Crash Response)
Penganugerahan IRSA 2014 juga di dukung oleh Korlantas Polri, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementrian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Kesehatan, WHO, Global Road Safety Partnership, Road Safety Association, dan Masyarakat Transportasi Indonesia.