Yamaha Luncurkan Skuter e-Vino

  • Whatsapp

EVINO-03
Autorev- Yamaha Taiwan baru saja melepaskan ke pasaran skuter elektrik bertitel e-Vino. Pada debutnya skuter listrik bergaya retro ini ditawarkan dengan harga 58.500 dolar Taiwan.
Taiwan dipilih sebagai kemunculan perdana e-Vino dengan pertimbangan penyerapan sepeda motor tiap tahunnya berkisar 700.000 unit, dimana 10.000 diantaranya pada segmen 50cc. Sekitar 70% diantaranya adalah skuter listrik, jelas menbuat e-Vino mempunyai potensi penjualan yang besar.
Pengguna utama skuter listrik adalah pekerja kantor dan ibu rumah tangga, sementara E-Vino menyasar pengguna kedua yang umumnya menggunakan skuter listrik untuk jarak pendek seperti dilingkungan perumahan.
E-Vino didukung sumber tenaga baterai  lithium-ion 50V  yang baru dikembangkan . Menurut Yamaha model terbaru ini menawarkan daya tahan sangat baik, sekali pengisian bisa untuk menempuh jarak 30,1 km pada permukaan jalan rata pada kecepatan 30km/jam. Terdapat fitur  mode boost guna peningkatan daya seperti pada saat jalan menanjak, efeknya konsumsi listrik lebih boros.
Beragam fitur E-VINO juga menawarkan kepraktisan. Misalnya, baterai  dengan berat 6 kg mudah dilepas untuk memeriksa daya baterai yang tersisa. Bisa menggunakan kedua alat ukur,  model digital ataupun analog. Selain itu, dibawah sadel terdapat bagasi yang bisa pula dimanfaatkan sebagai tempat baterai cadangan.
Layar LCD  menampilkan informasi  termasuk sisa daya baterai. Posisinya pada bagian tengah stang dengan bentuknya yang mungil terlihat praktis dan menarik. Pada bagian depan, diatas lampu terdapat keranjang berpenutup model slider dengan kapasitas cukup besar.

Sedangakn di bawah stang terdapat kompartemen  yang bisa memuat botol ukuran 600cc. Disebelahnya  terdapat pengait multi fungsi.
Bagian suspensi depan menggunakan garpu teleskopik dan belakang mempertahankan model tunggal disisi kiri. Masih menerapkan pengereman model teromol pada kedua rodanya. Masih mumpuni untuk menahan laju e-Vino yang hanya mempunyai kecepatan tertinggi 44 km/jam.
Apakah e-Vino akan masuk Indonesia?

 

Pos terkait