Cetak Siswa SMK Terampil, KTSM Honda Hadir di Papua

  • Whatsapp

AHM 003
Autorev— PT Astra Honda Motor (AHM) secara intensif terus menyiapkan generasi muda terampil di bidang teknik kendaraan bermotor terus  melalui program Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda.
Kali ini bersama Astra Motor Jayapura, main dealer Honda wilayah Papua dan Papua Barat, AHM memperluas implementasi Kurikulum KTSM Honda di dua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Tanah Papua, yaitu SMK Negeri 1 Sentani dan SMK Negeri 2 Kaimana.
Penambahan SMK yang mengajarkan KTSM Honda di Tanah Papua ini semakin menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung SMK untuk melahirkan siswa-siswa terampil agar siap bersaing mengisi kebutuhan tenaga kerja di industri kendaraan roda dua.
Sebagai salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan, AHM secara aktif telah memulai program KTSM Honda ini sejak 2009. Program ini dilaksanakan dengan menyusun silabus khusus yang bisa diimplementasikan di tingkat SMK, yang dilanjutkan dengan penyiapan sarana fisik, berupa alat praktik dan laboratoriumdi sekolah-sekolah yang terpilih.
Deputi Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan program KTSM Honda ini merupakan upaya nyata perusahaan dalam berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di bidang teknik otomotif roda dua, yang merupakan bisnis utama perusahaan. KTSM Honda saat ini sudah tersebar luas dari Aceh sampai Papua dengan jumlah hampir 300 SMK.
Hadir dalam acara tersebut antara lain Bupati Kabupaten Kaimana Matias Mairuma, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Kaimana Luther Rupombo , dan para kepala sekolah serta tokoh masyarakat di wilayah Kabupaten Kaimana.
Kepala SMK Negeri 1 Sentani Budi Riyanto mengatakan animo generasi muda di Papua untuk masuk ke jurusan teknik sepeda motor sangat besar. Namun untuk memaksimalkan ppengajaran, pihaknya membatasi hanya membuka 2 kelas dengan jumlah masing-masing 30 siswa.
“Kami berterima kasih kepada AHM dan Astra Motor Jayapura telah bersedia berbagi pengetahuan dan teknologi kepada guru dan siswa sekolah kami. Kami yakin ini akan bermanfaat bagi proses belajar mengajar di sekolah kami,” ujar Kepala SMK Negeri 2 Kaimana Samirudin.
Selain SMK Negeri 1 Sentani dan SMK Negeri 2 Kaimana, sebelumnya AHM telah bekerja sama dengan SMK Negeri Jayapura untuk implementasi program KTSM Honda. Bahkan, alumni pertama sekolah ini telah bekerja di jaringan bengkel resmi AHASS di Jayapura.
Untuk meningkatkan kualitas pengetahuan dan keterampilan yang sudah dikuasai oleh para siswa SMK binaan Honda, AHM secara berkala juga menggelar kontes keterampilan antar siswa SMK dan memberikan pelatihan khusus bagi para gurunya.
“Sejalan dengan semangat Satu Hati, kami ingin dapat berpartisipasi mengantarkan generasi muda Papua mewujudkan mimpi mereka di dunia otomotif dengan membekali mereka pengetahuan dan keterampilan tentang teknologi sepeda motor Honda. Kami yakin program KTSM Honda ini bermanfaat untuk masa depan mereka. Komitmen ini akan terus kami gulirkan ke berbagai penjuru negeri,” ujarnya seusai penandatanganan MoU implementasi KTSM Honda di SMK Negeri 2 Kaimana, Kamis (20/11).

Pos terkait