Bosch Engine Managemet Membuat Motor Lebih Efisien

  • Whatsapp

bosch_infografik_EMS_Reinzeichnung_EN_20141008Autorev – Bosch mulai terjun ke dunia perangkat penggerak sepeda motor. Dengan menghadirkan teknologi sistem pengendali elektronik untuk sistem injeksi bahan bakar, Bosch membuat semua motor yang ada di dunia akan bisa bekerja lebih efisien. “Kami mulai merambah dunia mesin penggerak motor, kami mulai memasuki pasar yang sangat potensial karena produksinya sangat besar hingga jutaan unit,” kata Dr. Rolf Bulander, menejemen Robert Bosch GmbH.  Saat ini ada sekitar 60 juta motor yang diproduksi setiap tahunnya. Pada 2020 nanti pasarnya akan lebih besar lagi yang diperkirakan akan mencapai angka 110 juta unit.
Bosch sendiri masuk ke pasar motor dengan pendekatan global.  Dimana perusahaan ini telah mengembangkan berbagai solusi untuk motor-motor murah di Asia serta motor-motor berperforma tinggi di Eropa dan Amerika Utara. Sebetulnya para pengguna motor sudah mengenal beberapa perangkat keamanan produk Bosch seperti ABS atau kontrol stabilitas juga ESP.
Sistem Untuk Mesin Motor Asia
Pasar motor di Asia terus berkembang menjadi sebuah pasar potensial. Pada awal 2020, lima motor yang diproduksi  empat diantaranya dipasarkan di Asia. Pasar yang paling kuatnya adalah motor dengan kapasitas mesin dibawah 250cc, banyak dipergunakan sebagai transportasi massal.
Saat ini mesin-mesin motor tersebut kebanyakan masih mempergunakan karburator.  Bosch menghadirkan perangkat yang lebih maju dan akurat dibanding dengan sistem karburator berupa sistem injeksi yang dikendalikan secara elektronik. Dengan sistem injeksi elektronik penggunaan bahan bakar bisa lebih efisien sekitar 16%. Cara ini jelas akan mampu mengurangi emisi dan konsumsi bahan bakar.
“Tanpa memperhatikan kapasitas mesin, pastinya sistem untuk penggerak dari Bosch akan lebih efisien dan lebih bisa dinikmati,” kata Dr. Stefan Kampmann, Executive Management Bosch Gasoline System. Lebih lagi di Asia, mesin yang efisien sangat diperlukan dimasa datang berkaitan dengan pengurangan dampak dari emisi.  Untuk itulah Bosch mengembangkan  sistem menejemen mesin yang terjangkau dan awet untuk pasar Asia dan India.  “Bosch menperkenalkan solusi untuk motor di Asia berupa sistem yang lebih sederhana,” jelas Sandeep N President of Bosch Gasolinde System India.
Sistem Digital Cerdas di Motor
Unit pengendali adalah inti dari sistem yang dikembangkan Bosch untuk sistem pengaturan mesin. Ujudnya berupa komputer kecil yang akan menganalisa semua data dari mesin, data dari pengapian hingga penggunaan bahan bakarnya.  “Perangkat pengaturan yang dikembangkan Bosch berupa sistem digital cerdas dan akan mulai dipergunakan di motor,” jelas Hauke Roesch, pimpinan dari proyek ini.
Sebelumnya sudah ada produk Bosch seperti sistem keamanan modern berupa sistem Bosch MSC (Motorcycle Stabiilty Control) untuk keselamatan saat pengereman dan akeslerasi juga saat berbelok tajam.  Berikutnya, adalah berupa tautan antara sistem di mesin dan sistem pengereman yang keduanya bisa bereaksi cepat hanya dalam hitungan milidetik. Hal ini sekarang sangat mungkin dipergunakan karena semua sudah dikendalikan secara digital melalui perangkat lunak pada sistem pengaturan mesinnya.
Perangkat Konektivitas di Motor
Berkat adanya perangkat koneksi tambahan Bluetooth maka pengendara dimasa datang memungkinkan menghubungkan sistem motor dengan perangkat lainnya seperti smartphone. Adanya app memungkinkan membuat suatu fungi baru pada sistemnya.  Bosch sudah meluncurkan tiga aplikasi untuk meningkatkan kemampuan komputer di motor, peningkatan perangkat lunak untuk diagnostik jarak jauh, dan pengandalian app untuk immobilizer.
Dengan peningkatan kemampuan komputer, komputernya bisa menyajikan data tentang konsumsi bahan bakar dan kecepatan rata-rata dalam waktu bersamaan. Dengan itu maka pengendara dapat menganalisa semua yang terhadi selama diperjalanan. Bila app diagnostik telah diinstal, maka smartphone pengendara dapat pula menampilkan semua datanya. Bila terjadi error, untuk memperbaikinya pun sangatlah mudah.

Konektivitas menjadi sesuatu yang penting untuk pasar India, contohnya smartphone yang berbasisikan immobilizer dapat dipergunakan untuk mengaktifkan sistem injeks dan juga mesinnya hanya lewat smartphone pemiliknya. Lebih lagi, motor bisa dibuat lebih pribadi dengan menambahkan kode pelindung untuk menghindar pencurian.
Masih berkaitan dengan konektivitas, komputer di motor bisa dibuat sangat pribadi yaitu dengan menguhubungkan sistem ini dengan opsi internet. Sistem Nyon yang dikembangkan Bosch untuk e-bike telah menjadi ide dari sistem baru ini. Menjadikannya lebih mudah untuk merencanakan sebuah rute perjalanan juga dapat langsung mengendalikan berbagai variasi mode pengendaraan.
Dan Bosch sendiri sangat yakin bahwa sistem yang bisa aling berhubungan seperti pada komputer motor produknya akan mempunyai daya tarik bagi pengembangan motor-motor baru dimasa datang.
Sumber : Bosch

Pos terkait