Ninja 250 Akan Dilengkapi Slipper Clutch

  • Whatsapp

13EX300A_CG_A&S_Clutch
Autorev-Kawasaki Ninja 250 terbaru semakin menggoda dengan penambahan teknologi Slipper Clutch. Teknologi yang biasa diterapkan pada motor balap  ataupun padaa motor Kawasaki berkapasitas mesin besar mempunyai beragam fungsi yang beroperasi pada saat yang berbeda.
Sistem yang diterapkan pada Ninja 250 sebagai penyempurna kehadirannya secara lengkap namanya Assist and slipper clutch yang bekerja pada saat yang berbeda saat pengoperasian, dimana Assist clutch berfungsi saat motor berakselerasi, sedangkan Slipper clutch secara otomatis terjadi saat motor berdeselerasi dan melakukan penurunan gigi/ Downshift.
Biasanya saat penurunan gigi dengan cepat pada sistem kopling akan terjadi fenomena back Torque ( torsi berlebih) yang bisa membuat ban belakang selip dan selanjutnya membuat roda kehilangan traksi pada permukaan jalan. Slipper Cluth yang dipasang di Ninja 250 bertujuan untuk mengurangi kerugian akibat gejala back-torque dan kesulitan pengendalian akibat ban belakang mengunci yang dapat mengakibatkan selip. Jadi ketika grip gas dipelintir mendadak, ban belakang tetap mendapatkan daya cengkerap yang baik.
Dengan demikian penerapan teknologi Slipper Clucth pada Ninja 250 juga berguna sebagai piranti tambahan untuk keamanan berkendara disamping menambah kinerja mesin menjadi lebih baik.

Pos terkait