Ninja H2R Motor Bersupercharger

  • Whatsapp

Autorev – Dunia Superbike mulai berubah, Kawasaki baru-baru saja mengumumkan akan kehadiran Ninja H2R sebagai versi balap dan sebagai motor terbarunya. Ninja H2R dilengkapi mesin empat silinder segaris yang telah mempergunakan supercharger, walau secara terbuka Kawasaki belum mengupas detilnya, mesin ini bisa menghasilkan tenaga 296tk, tenaga yang sangatlah luar biasa.

Di lain hal, disekitar mesinnya dipergunakan rangka trellis, suatu yang beda keluar dari tradisi Kawasaki dalam membuat motor-motornya.  Seperti umumnya motors port, Ninja H2R mempergunakan lengan ayun tunggal untuk suspensi belakang, terlihat sangat cantik dan berkesan sangat high-tech.  Melihat apa yang dimilikinya, rangkanya terlihat ringkih, walau mungkin sebetulnya ada beberapa hal yang mampu mendukung kekokohannya, juga tenaga besarnya rasanya akan sangat sulit untuk diterima oleh para penggemar motor.

Bacaan Lainnya

Dua hal utama yang menjadikannya sangat berbeda adala supercharger dan rangka trellis. Supercharger yang dipergunakan dikembangkan langsung oleh Kawasaki dibantu oleh perusahaaan Gas Turbine & Machinery Company.  Dimana fungsi dari supercharger itu sendiri tidak ada beda dengan yang sudah ada  yaitu untuk mengoptimalkan kerja dari mesin. 

Penambahan supercharger pada Ninja H2R selain untuk meningkatkan tenaga juga untuk memperbaiki karakteristik akselerasinya.
Menurut beberapa kalangan, tenaga besar dan rangka trellis terlihat ringkih, pihak Kawasaki melihat lain.  Ini aka memberikan kesimbangan dengan tenaga mesinnya.  Rangka yang  cukup lentur ini akan memberikan kestabilan, cengkraman yang lebih baik serta akan didapat umpan balik ke pengendara saat motor dipacu pada kecepatan tinggi.

Dikarenakan tenaganya yang besar serta kemampuannya berlari kencang, bodi Ninja H2R dirancang khusus untuk bisa mengurangi tahanan angin. Artinya bentuk aerodinamis mutlak diperlukan agar motor bisa stabil saat dipacu.  Untuk itu perancangannya mengikutsertakan perusahaan penerbangan dalam merancang baju dari motor bertenaga besar ini.

Desain fairing, dibuat agar bisa memaksimalkan kinerja pendinginan dari mesin 998cc supercharger.  Dengan itu mesin bisa selalu berada pada suhu kerja ideal.  Selain itu terdapat saluran udara yang ditempatkan pada posisi ideal untuk mengalirkan udara ke supercharger. 

Dimana seluruh bodinya dibuat dari bahan karbon, dua saluran saliran udara superchargernya yang berada di belakang mesin pun dibuat dari bahan yang sama.  Keseluruhan bodinya terlihat sangat menarik didukung oleh adanya sayap kecil untul memberikan tambahan tekanan kebawah saat berada di jalan lurus pada kecepatan tinggi maupun saat berbelok.

H2R memperlihatkan penggunaan sensor ABS di roda depannya serta rem Brembo dengan kaliper radial.  Untuk menambah keamanan, Kawasaki telah pulah mengembangkan sendiri sistem ABS untuk versi balapnya. Dari potongan mesin yang diperlihatkan dapat dilihat bahwa mesin mempergunakan injektor dual-stage dan DOHC.

Data Teknis
Mesin: 998cc, 4 silinder segaris dengan supercharger
Tenaga dan torsi: 296tk dan 115lb-ft (estimasi)
Rangka: Trellis , baja high tensile
Suspensi belakang: Lengan ayun tunggal

Pos terkait