Melalui Program“Drive Your Life!” Toyota Menanamkan Nilai Smart Driving

  • Whatsapp

press_release_picture_14422A959B5C62F07CD4BF606A465DDF
Autorev- Selain meningkatkan kemampuan berbagai  fitur keselamatan seperti Automatic Break System (ABS), airbag, disain eksterior dan interior kendaraan, sebagai produsen otomotif terbesar dunia Toyota mengembangkan berbagai program untuk menekan risiko kecelakaan di jalan raya seperti program Smart Driving. Dalam payung program Toyota Smart Driving “Drive Your Life!”, Toyota secara aktif memberikan edukasi tentang cara mengemudi yang aman, dan efisien untuk menuju kehidupan bertransportasi yang lebih baik.
“Toyota Indonesia telah menggelar kegiatan Toyota Smart Driving “Drive Your Life!” untuk memberikan edukasi kepada pelanggan maupun masyarakat umum tentang cara mengemudi yang cerdas, aman, efisien termasuk mendukung ramah lingkungan. Kami meyakini, cara mengemudi ini merupakan bagian dari proses menuju kehidupan bertransportasi yang lebih baik” kata Marketing Director, PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo, di booth Toyota, Jumat (26/9).
Melalui pengembangan feature keselamatan dan desain, Toyota berupaya untuk mengurangi dampak kecelakaan, baik terhadap orang di sekitar maupun yang berada dalam kendaraan.
Dalam konsep Toyota, ada tiga faktor utama yang harus menjadi fokus dalam menekan angka kecelakaan dijalan raya yaitu kendaraan, manajeman lalu lintas atau infrastruktur dan manusianya sendiri (pengendara). “Tiga faktor ini harus mendapat perhatian,” kata Samulo.
Toyota terus meningkatkan kemampuan berbagai teknologi yang terkait dengan feature keselamatan sejak dari awal perjalanan, dalam perjalanan, sampai saat memarkir kendaraan ketika sudah di lokasi tujuan. Feature tersebut antara lain, seperti ABS, air bag, disain dan pemakaian material eksterior maupun interior.
Dari sisi infrastruktur, Toyota juga mengembangkan inisiatif dan berbagai ide untuk membantu perbaikan manajemen lalulintas, termasuk di Indonesia. Tahun lalu, bekerjasama dengan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta dan Pemprov DKI, Toyota telah melakukan riset pada sejumlah titik simpangan (cross road). Diantaranya Toyota melalui program CSR telah memberikan bantuan untuk memperbaiki kondisi perempatan Mampang untuk membantu kelancaran arus lalulintas.
“Sedangkan untuk manusianya atau pengendara, sejak 2007 Toyota Indonesia aktif melakukan edukasi seperti pelatihan Smart Driving bagi para komunitas umum maupun pelanggan di berbagai kota. Tahun ini, Toyota menyelenggarakan program Toyota Smart Driving “Drive Your Life!”  dengan improvement di bidang driving behavior yang melibatkan psikolog.
Dalam kegiatan Toyota Smart Driving “Drive Your Life!”, para peserta tidak hanya diberi bimbingan mengenai teknis mengemudi yang baik, namun juga bagaimana harus berperilaku secara psikologis saat mengendarai kendaraan. Karena itu, kegiatan ini juga melibatkan psikolog yang handal dalam bidang behavior.
Sesuai dengan target yang ingin dicapai yaitu membangun Smart Mobility Society, program Smart Driving juga menekankan kepada arti mobilitas yang sesungguhnya. Dalam pandangan Toyota, mobilitas bukanlah hanya bergerak dari satu titik ke titik yang lain atau dari satu lokasi ke lokasi lainnya, tapi lebih dari itu yakni mobilitas haruslah dilihat dari sisi proses untuk menjadi lebih baik. Oleh karena itu, didalam pikiran setiap pengendara harus selalu tersurat bahwa perjalanannya harus berlangsung aman mencapai tujuan yang dikehendaki.
Begitu pula saat mengantarkan anak ke sekolah, bagi orang tua diharapkan tertanaman dalam pikirannya bahwa dia sedang mengantarkan anaknya dalam menjalani proses untuk mencapai cita-cita mereka.  “Inilah antara lain yang diharapkan Toyota melalui tema “Drive Your Life” ini. Jadi saat mengendarai mobil, kita tidak hanya berpikir sedang menyetir mobil saja semata, tapi sedang dalam proses untuk mencapai kehidupan yang lebih baik sehingga perlu dijaga,” kata Samulo.