Toyota Rayakan 30 Tahun "Land Cruiser 70" Series

  • Whatsapp

 
Toyota Rayakan 30 Tahun Land Cruiser 70 Series 1
Autorev –  Setelah 30 tahun sejak peluncurannya, “Land Cruiser 70” terpanjang dalam daftar modelnya serta memilik penggemar setia di seluruh dunia. Penjualan di Jepang telah dihentikan sejak 2004, tetapi untuk menanggapi permintaan domestik yang sangat besar, berkaitan dengan ulang tahun ke-30 Land Cruiser 70, Toyota kembali merilis edisi khusus ulang tahun, ada dua versi yang ditawarkan di Jepang.
Land Cruiser 70, pertama kali diluncurkan di Jepang pada tahun 1984, memiliki spesifikasi tugas berat seperti penggunaan off-road. Land Cruiser 70 akan kembali dijual di diler di seluruh Jepang, dan Toyota mengharapkan untuk menerima 200 pesanan per bulan untuk periode satu tahun masa penjualanya. Selain model van empat pintu yang sudah ada sebelumnya, untuk pertama kalinya di Jepang akan dipasarkan model pikap double-cabin.  Kendaraan akan diproduksi di Toyota Auto Body Co, Ltd  Yoshiwara Plant.
Konstruksi bodi diatas rangka pada Land Cruiser 70 sangat terkenal akan ketangguhan dan daya tahannya . Fitur ini dikombinasikan dengan mesin V-6 4.0-liter serta berpenggerak empat roda tidak permanen seperti yang dipergunakan pada Land Cruiser model klasik, termasuk kualitas pengendaraannya yang sangat baik.  Generasi barunya telah menggabungkan elemen interior dan eksterior modern dan fitur keselamatan untuk memenuhi kebutuhan saat ini.
Rangka/Bodi
Land Cruiser 70 mengacu pada warisan model-model sebelumnya. adirancang dengan standar yang jauh lebih baik daripada kendaraan penumpang reguler dan juga telah dikembangkan selama 30 tahun keberadaannya untuk menjadikannya yang terbaik dan terkuat sejak diluncurkan.  Rangka baja model jembatan telah diperkuat dengan batang melintang, menjadikannya lebih kaku, kokoh saat harus berada di medan berat.
Selain itu ditawarkan dalam keamanan dan kenyamanan superior.  Berkaitan dengan jalan jelek dan kondisi tak terduga, mobil dirancang dengan bagian depan pendek memudahkan saat memasuki turunan terjal, bagian belakangnya memungkinkan mobil untuk merayap ditanjakan tajam serta melintas medan berat seperti sungai dan rintangan lainnya.
Mobil van empat pintu, bentuk khas  Land Cruiser telah pula dilengkapi dengan perangkat kenyamanan berkendara yang sangat baik. Untuk pertama kalinya di Jepang diproduksi model pikap double-cab dengan bak kokoh serta bisa dimuati hingga 600kg.
Kualitas Pengendaraan
Mesin 1GR-FE V-6 4 0-liter adalah yang pertama dikeluarkan di Jepang. Penggunaan VVT-i memberikan efisiensi tinggi pada asupan udara, sementara blok silinder alumunium ringan dan Acoustic Control Induction System (ACIS) memungkinkan untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar sebesar 6,6 km/L (Hasil pengujian oleh  Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang dengan metoda  JC08).  Selain itu mesin menhasilkan kinerja tinggi, tenaga maksimum 170kW (231PS) dan torsi maksimum 360 Nm (36.7 kgf-m).
Transmisi 5 kecepatan manual menggunakan gigi sinkromis model kerucut pada gigi dua dan tiga, memudahkan dalam bermanuver serta lebih awet. Selain itu,  dilengkapi dengan sistem penggerak temporer (dengan pengunci hub otomatis dual-mode) yang memungkinkan pengemudi untuk memilih perangkat penggeraknya dari tuas pemindah gigi. Ini akan menjadi pilihan, berkendara  hemat bahan bakar dengan memanfaatkan penggerak dua roda seperti saat diperkotaan atau di jalan bebas hambatan,  atau penggerak empat roda yang bisa memberikan kenyamanan di jalan tidak rata atau di jalan licin.
Sebagi opsi ada kunci deferensial yang bekerja secara elektrik, bisa membantu atau mencegah mobil terjebak dijalan licin atau menghilangkan kemungkinan terjadinya selip.  Juga tersedia winch listrik tambahan di bemper depan untuk membantu mengeluarkan mobil  jika terjebak di lubang atau lumpur atau bisa juga untuk memindahkan beban berat.
Desain
Sementara eksterior mewarisi ciri dan kekokohan Land Cruiser, bagian depannya mengambil desain yang lebih modern.  Selain gril depan dan kap motor sudah diperbarui , lampu utama yang dikabung dengan lampu sein pun telah mempergunakan rancangan modern.
Interior juga mempertahankan ciri khas Land Cruiser tentunya telah pula diberikan sentuhan-sentuhan modern.  Panel instrumen sangat fungsional, menampilkan desain lurus horisontal untuk membantu pengemudi agar bisa tetap konsentrasi pada kendaraannya, terutama saat off-road.
Logo peringatan ulang tahun ke-30 disematkan dikedua sisi mobil.  Juga ada di dompet kulit penyimpanan kunci dan tempat buku jadwal pemeliharaan mobil.
Perangkat Keamanan
Tentunya telah pula dilengkapi dengan sistem pengaman aktif modern seperti kantong udara SRS untuk melindungu penumpangnya bila terjadi tabrakan.  Serta ada ABS yang memberikan jaminan kemudahan pengendalian saat kondisi darurat dengan menjaga roda dari kemungkinna terkunci saat dilakukan pengereman
Edisi Khusus Land Cruiser 70
Agar lebih berkesan, dalam memperingati ulang tahun ke-30 peluncuran Land Cruiser 70 di Jepang, Toyota akan merilis dua model edisi khusus baru, “Land Cruiser ZX Bruno Cross”  dan “Land Cruiser Prado TX Argento Cross”.
Land Cruiser ZX Bruno Cross didasarkan pada Land Cruiser ZX (dari seri “200” yang saat ini dijual di Jepang dan di tempat lain).  Fitur khusus termasuk cat super chrome metalik, pelek aluminium dan jok berlapis kulit Nappa Premium. Sentuhan tambahan, seperti kaca spion samping untuk melihat ke bawah dan belakang, memberikan kesan mewah. Perangkat teknis yang dipergunakan berupa mesin 1UR-FE V-8 4,6 liter dengan transmisi otomatis 6 kecepatan “6 Super ECT” serta penggerak 4 roda full-time.
Land Cruiser Prado TX Argento Cross didasarkan pada Land Cruiser Prado TX (dari seri “150” yang dijual di Jepang dan di tempat lain).  Fitur untuk mempercantik kendaraan mencakup pengecatan warna perak dan warna hitam pada sarung jok dan pinggiran atap serta abu-abu tua untuk warna peleknya ditambah dengan panel instrumen geometris.  Mesinnya mempergunakan 2TR-FE 4 silinder 2,7 liter digabung transmisi otomatis 4 kecepatan “ECT-E” serta berpenggerak 4 roda permanen (full-time)
Selain itu, kedua model edisi khusus ini akan pula dilengkapi dengan kunci pintar eksklusif, dompet kunci dan penyimpan buku pemeliharaan mobil dari bahan kulit.
 

Pos terkait